Arti Kata ‘Folksong’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘folksong’ memiliki arti sebagai berikut:

  • folksong: /folk┬Ěsong/ n Mus nyanyian atau lagu rakyat yg menyebar melalui pendengar secara turun-temurun

Penjelasan Arti ‘Folksong’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Folksong, yang dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai lagu rakyat, adalah jenis lagu yang sangat spesial karena merupakan bagian dari budaya suatu kelompok orang atau sebuah daerah.

Lagu-lagu ini biasanya tidak memiliki pencipta yang diketahui, sebab telah ada dan diwariskan dari generasi ke generasi sejak lama sekali.

Karakteristik folksong itu sendiri sangat beragam, sesuai dengan masyarakat yang mengembangkannya.

Misalnya, ada folksong yang riang dan cepat, ada juga yang lambat dan penuh emosi. Tapi, yang pasti, folksong mencerminkan kehidupan sehari-hari, tradisi, sejarah, atau perasaan dari masyarakat tersebut.

Folksong bisa berkisah tentang cinta, kerja, perjuangan, cerita rakyat, alam, atau peristiwa penting yang pernah terjadi di masyarakat tersebut.

Salah satu hal yang membuat folksong menarik adalah cara penyebarannya.

Folksong biasanya disebarkan dari mulut ke mulut, atau saat ini juga bisa lewat rekaman. Tapi, yang unik adalah folksong sering kali berubah sedikit demi sedikit setiap kali dinyanyikan atau diceritakan lagi, karena setiap orang yang menyebarkannya mungkin akan menambahkan sedikit gaya atau interpretasinya sendiri.

Folksong juga sering digunakan dalam berbagai upacara tradisional dan perayaan, karena memiliki nilai yang kuat dan dapat menyatukan orang-orang dalam suatu komunitas.

Selain itu, folksong juga sangat penting sebagai sarana melestarikan bahasa dan dialek lokal, serta sebagai alat untuk mengajar generasi muda tentang sejarah dan nilai-nilai masyarakatnya.

Jadi, folksong bukan sekadar lagu yang enak didengar, tetapi juga sarana penting dalam menjaga dan membagikan warisan budaya suatu masyarakat kepada generasi berikutnya.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/folksong