Cara Menentukan Kalimat Pengetahuan Umum dari Uraian

kalimat pengetahuan umum adalah kalimat yang berisi tentang informasi yang bersifat umum dari suatu bacaan. Jawaban kalimat pengetahuan umum dari uraian yang terdapat pada uraian tersebuat adalah kalimat 1 dan 2.

Pertanyaan

Perhatikaan bacaan berikut!

(1) Grafik itu menjelaskan pertumbuhan perbaikan motor dari tahun 2004 sampai 2008. (2) Tampak pada grafik itu, jumlah motor yang diperbaiki terus meningkat selama rentang tahun tersebut. (3) Misalnya, pada tahun 2004 motor yang diperbaiki sebanyak 1.400, pada tahun berikutnya (2005) bertambah menjadi 3.273 unit, dan bertambah lagi menjadi 3.361 pada tahun 2006. (4) Adapun pertumbuhan tertinggi terjadi dari tahun 2005 ke tahun 2006, yakni sebanyak 1.694 unit, sedangkan pertumbuhan paling rendah terjadi pada tahun 2005 ke tahun 2006, yakni sebanyak 88 unit.

Pengetahuan umum uraian di atas dinyatakan dalam kalimat…
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)

Jawaban

Pengetahuan umum uraian di atas dapat dinyakatan dalam kalimaat a. (1) dan (2).

Dalam uraian di atas, pengetahuan umum yang dinyatakan dapat dilihat dari kalimat yang memberikan gambaran umum atau tren yang berlangsung selama periode waktu tertentu tanpa rincian khusus. Kalimat (1) memberikan konteks grafik, yaitu periode waktu dan subjeknya, yaitu pertumbuhan perbaikan motor. Kalimat (2) juga memberikan gambaran umum tentang tren yang terlihat, yaitu peningkatan jumlah motor yang diperbaiki selama rentang waktu tersebut.

Kalimat (3) memberikan data spesifik mengenai jumlah motor yang diperbaiki per tahun, dan kalimat (4) memberikan informasi spesifik tentang pertumbuhan tertinggi dan terendah yang terjadi antara tahun-tahun tertentu.

Dengan demikian, kalimat yang menyatakan pengetahuan umum adalah (1) dan (2), yang berarti pilihan jawabannya adalah:
a) (1), (2)

Pembahasan

Kalimat Pengetahuan Umum

Kalimat pengetahuan umum adalah kalimat yang berisi informasi yang mencakup berbagai topik yang tidak terlalu mendalam tetapi cukup luas, yang umumnya diketahui oleh banyak orang tanpa memerlukan pendidikan khusus di bidang tersebut.

Contoh dari kalimat pengetahuan umum pada bacaan di atas adalah (1) Grafik itu menjelaskan pertumbuhan perbaikan motor dari tahun 2004 sampai 2008.

Kalimat Pengetahuan Khusus

Kalimat Pengetahuan Khusus atau spesifik adalah kalimat yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang suatu subjek dan membahas hal yang lebih spesifik dibandingkan dengan kalimat pengetahuan umum.

Sebagai contoh kalimat pengetahuan khusus pada bacaan di atas adalah (3) Misalnya, pada tahun 2004 motor yang diperbaiki sebanyak 1.400, pada tahun berikutnya (2005) bertambah menjadi 3.273 unit, dan bertambah lagi menjadi 3.361 pada tahun 2006.

Cara membedaakan kalimat pengetahuan umum dan khusus

Kalimat pengetahuan umum dari suatu teks bacaan dapat diketahui dari beberapa ciri khas yang membedakannya dari pengetahuan khusus atau spesifik. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi kalimat pengetahuan umum dalam sebuah teks:

  • Bersifat universal: Kalimat pengetahuan umum seringkali berlaku secara universal dan tidak terbatas pada situasi atau kondisi tertentu.
  • Fakta atau konsep yang lebih umum. Informasi tersebut sering kali sudah dikenal oleh banyak orang dan tidak memerlukan latar belakang pendidikan khusus untuk memahaminya.
  • Penggunaan Bahasa: Bahasa yang digunakan dalam pengetahuan umum biasanya lebih umum dan mudah dipahami oleh khalayak luas, tanpa menggunakan jargon atau terminologi teknis.
  • Konteks: Kalimat pengetahuan umum seringkali tidak membutuhkan konteks yang spesifik dan bisa berdiri sendiri sebagai fakta atau pernyataan umum yang tidak memerlukan penjelasan tambahan.

Kalimat pengetahuan umum dari uraian di atas

Jika dianalisis bentuk kalimat dari uraian di atas adalah sebagai berikut:

[1] Grafik itu menjelaskan pertumbuhan perbaikan motor dari tahun 2004 sampai 2008. (kalimat pengetahuan umum)

[2] Tampak pada grafik itu, jumlah motor yang diperbaiki terus meningkat selama rentang tahun tersebut. (kalimat pengetahuan umum)

[3] Misalnya, pada tahun 2004 motor yang diperbaiki sebanyak 1.400, pada tahun berikutnya (2005) bertambah menjadi 3.273 unit, dan bertambah lagi menjadi 3.361 pada tahun 2006. (kalimat pengetahuan khusus)

[4] Adapun pertumbuhan tertinggi terjadi dari tahun 2005 ke tahun 2006, yakni sebanyak 1.694 unit, sedangkan pertumbuhan paling rendah terjadi pada tahun 2005 ke tahun 2006, yakni sebanyak 88 unit. (kalimat pengetahuan khusus)

Dapat disimpulkan kalimat pengetahuan umum yang terdapat pada uraian adalah kalimat 1 dan 2.

Daftar Pustaka

Artikel Terkait