Kenapa ikan buntal menggembungkan badannya?

Nyonya Puff, guru mengemudi Spongebob adalah karakter yang dibuat oleh pakar biologi laut Stephen Hillenburg. Di dunia nyata, Nyonya Puff adalah ikan Buntal atau ikan kembung.Ikan Buntal termasuk dalam famili tetraodontidae dengan ordo tetraodontiformes. Ikan ini termasuk kedalam hewan yang paling beracun di dunia serta memiliki kemampuan untuk untuk menggembungkan badanya.

ikan buntal
Ikan Buntal kering yang mengembungkan badannya

Menghindari pemangsa untuk memakannnya

Ikan buntal menggembungkan badannya untuk mencegah pemangsa memakannya. Saat menggembung duri yang terletak di permukaan kulitnya menonjol keluar.

Hal ini menjadikan ikan Buntal menjadi makanan yang sangat tidak menarik.

Ikan Buntal sebelum menggembungkan badannya
ikan buntal
Ikan Buntal setelah menggembungkan badannya

Saat akan mengembang, ikan Buntal memompa air laut dengan cepat ke dalam perutnya. Tulang panjang (Diodon Holancantus) pada ikan Buntal juga telah mengalami perubahan fungsi perncernaannya, menjadi mengembang dan elestis sehingga memungkinkan bagian perut membesar.

Ikan Buntal memiliki perut dengan lapisan khusus, besar dan dapat terlipat kembali dengan sendirinya di dalam rongga yang membesar di peritoneum – selaput di dalam rongga perut.

Bagaimana bisa ikan Buntal tidak mematahkan tulangnya saat menggembung?

Tubuh ikan Buntal yang kekurangan tulang iga dan tidak memiliki panggul, memungkinkan mereka menjadi berbentuk bola tanpa patah tulang.

Kulit mereka juga diadaptasi untuk melakukan peregangan dan lapisan dermis mengandung banyak serat kolagen yang memungkinkan untuk berkembang hingga 40%.

Ketika ikan mengembang, ini menjadi keras dan ikan menjadi kaku, bola yang kencang.

Referensi

Baca juga:  Anemon Laut itu Sebenarnya Tumbuhan atau Binatang?

Klik untuk membaca artikel lainnya:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

About Diah Ayu 55 Articles
Tertarik dengan apapun yang berkaitan dengan sains dan pendidikan. Menyelesaikan studi di bidang fisika material Universitas Diponegoro

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*