Fungsi Tulang Atas (LENGKAP) + Struktur dan Gambarnya

fungsi tulang atas manusia biologi

Fungsi tulang atas (humerus) adalah untuk gerak badan atas manusia. Tangan kita selalu berguna banyak, makanya tulang ini punya fungsi alat gerak penting.

Pada sistem gerak manusia, fungsi tulang lengan atas menjadi bagian tulang anggota gerak atas yang paling besar dan panjang.

Tulang lengan atas disebut humerus.

Bagian atas tulang ini bertemu dengan tulang belikat, dan bagian bawahnya bertemu dengan tulang pengumpil dan hasta.

Struktur Tulang Lengan Atas

Secara anatomis terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian atas humerus, badan humerus (corpus humerus), dan bagian bawah humerus.

Bentuk tulang ini bulat, panjang, dan berongga. Oleh itu masuk ke dalam kelompok tulang pipa.

Tulangnya berbentuk seperti tongkat, terdapat kepala sendi pada bagian yang berhubungan dengan bahu.

Struktur halus tulang ini dikelilingi oleh tulang belikat, serta ujung atasnya membesar. Bagian bawah tulang ini memiliki dua lekukan yang menjadi tempat melekatnya tulang radius dan hasta.

Tulang lengan atas dan tulang selangka dihubungkan oleh scapula. Terdapat bagian yang sedikit lebih panjang di sebalah bawah tulang lengan atas, disebut leher anatomik.

Di bawah leher anatomik di sebelah luar ujung atas terdapat sebuah benjolan, disebut tuberositas mayor. Sedangkan, benjolan yang lebih kecil di sebelah depan, disebut tuberositas minor.

Ada celah di antara kedua tuberositas ini, disebut intertuberisitas atau celah bisipital yang berfungsi sebagai tempat melekatnya tendon dari otot bisep. Tulang yang agak sempit yang berada di bawah tuberositas disebut leher cirurgikum.

Bagian atas batang tulang lengan atas bentuknya bundar, semakin ke bawah menjadi makin pipih. Terdapat sebuah tuberkel tepat di atas bagian pertengahan, disebut tuberisitas deltoideus yang berfungsi menerima insersi atau kaitan otot deltoid.

Terdapat celah di sebelah bawah tuberositas deltoideus, yaitu celah radialis/spiralis yang memberikan jalan pada saraf muskulo spiralis atau saraf radialis.

Baca juga:  Pengertian Bilangan Bulat dan Contohnya [LENGKAP]

Ujung bawah tulang lengan atas agak pipih dan lebar. Di bagian ini terdapat permukaan sendi penghubung dengan tulang lengan bawah.

Di sebelah dalam terdapat trokhlea berbentuk gelondong tempat persendian dengan hasta dan terdapat kapitulum di sebelah luar yang bersendi dengan tulang pengumpil.

Otot Tulang Lengan Atas

Otot yang melekat di tulang lengan atas banyak sekali. Otot-otot ini bertanggung jawab untuk mendukung gerak pada bahu dan siku.

Bagian atas tulang lengan atas melekat otot khusus rotator cuff, yang dapat melakukan abduksi serta rotasi pada bahu. Terdapat juga otot pronator teres, fleksor, dan ekstensor yang melekati humerus pada lengan bawah.

Ini adalah otot yang menempel pada tulang atas:

1. Epicondylus lateralis

  • Otot extensor carpi ulnaris
  • Otot extensor digitorum
  • Otot supinator
  • Otot extensor carpi radialis brevis
  • Otot extensor digiti minimi

2. Epicondylus medialis

  • Otot flexor digitorum superficialis
  • Otot flexor carpi radialis
  • Otot flexor carpi ulnaris
  • Otot palmaris longus
  • Otot pronator teres

3. Sulcus intertubercularis

  • Otot pectoralis major
  • Otot latissimus dorsi
  • Otot teres major

4. Tuberculum mayus dan tuberculum minus (Otot rotator cuff)

  • Otot supraspinatus
  • Otot teres minor
  • Otot infraspinatus
  • Otot subscapularis

Sendi Tulang Lengan Atas

Bagian kepala bonggol tulang lengan atas disebut caput humeri bersendi dengan scapula pada bagian cavitas glenoidales. Persendian ini mempunyai jangkauan gerak yang luas dan dikenal dengan nama sendi bahu.

Pada sendi bahu, terdapat dua bursa, yaitu bursa subscapularis dan bursa subacromialis. Bursa subscapularis menjadi pemisah fossa subscapularis dari tendon otot subscapularis.

Sedangkan, bursa subacromialis menjadi pembatas antara otot deltoideus dan otot supraspinatus. Persendian ini distabilkan oleh otot rator cuff.

Terdapat juga persendian dengan tulang hasta pada bagian siku. Keberadaan sendi ini memungkinkan terjadinya gerak ekstensi dan fleksi yang terjadi pada bagian troklea humerus.

Terdapat juga fossa olecrani dan fossa coronoidea, yaitu dua cekungan pada ujung bawah humerus.

Fungsi lengan atas manusia

Fungsi Tulang Lengan Atas

1. Sebagai Tulang Anggota Gerak Atas

Fungsi tulang lengan atas adalah sebagai tulang anggota gerak atas. Bersama-sama dengan jenis tulang lainnya, tulang ini ikut membentuk alat gerak atas pada tubuh manusia.

2. Menggerakkan bagian siku dan bahu

Gerakan pada siku dan bahu didukung oleh tulang ini.

3. Tempat Melekatnya Otot Utama

Otot-otot yang menempel di tulang ini berfungsi untuk mendukung gerakan bagian atas tubuh. Beberapa jenis otot utama tersebut, seperti; deltoid, ratator cuff, dan pektoralis primer.

Baca juga:  25+ Rekomendasi Film Sains Terbaik Sepanjang Masa [UPDATE Terbaru]

4. Penopang Kekuatan Lengan

Menopang kekuatan lengan tubuh manusia. Aktvitas fisik sehari-hari, seperti mengangkat beban membutuhkan kekuatan lengan. Tulang lengan atas berperan penting untuk melakukan ini.

5. Penghubung Sendi Putar

Menghubungkan sendi putar yang terdapat pada bagian lengan.

6. Penghubung Tulang Lengan Bawah dan Gelang Bahu

Sebagai bagian dari tulang anggota gerak atas, tulang lengan atas berfungsi sebagai penghubung antara gelang bahu dan tulang lengan bawah tubuh manusia.

7. Melakukan Gerak Ekstensi dan Fleksi Lengan

Gerakan ekstensi adalah gerak meluruskan, sedangkan gerak fleksi adalah gerak membengkokkan atau menekuk. Gerakan ini bisa terjadi karena adanya tulang lengan atas. Terdapat persendian dengan hasta pada bagian siku.

8. Melakukan Abduksi dan Rotasi pada Bahu

Melakukan abduksi dan rotasi pada bahu. Gerakan ini bisa lebih fleksibel berkat adanya otot rotator cuff pada tulang lengan atas.

Melatih Kekuatan Tulang Lengan Atas

Kekuatan tangan tergantung pada tulang atas, dalam tubuh orang yang tulang atas sangat berotot dan keras. Menandakan bahwa tulang tersebut kuat menahan beban yang berat.

Untuk membentuk dan melatih tulang atas supaya kuat dapat melakukan oleh raga seperti push up dan angkat beban. Tetapi arus dilakukan secara terus menerus dan konsisten. Supaya dapat mendapatkan lengan yang ideal.

Latihan angkat beban juga dapat menjadikan tulang atas menjadi sehat dan kuat, tetapi angkatlah beban sesuai dengan kemampuan.

Mula-mula lakukan dengan beban yang sedikit ringan lalu kemudian bertambah berat seterusnya. Jangan langsung mengangkat beban yang berat, beresiko akan terjadi cidera yang serius pada tulang atas.

Cedera Tulang Lengan Atas

Walaupun tulang ini cukup tebal dan kuat, tulang lengan atas dapat mengalami cedera akibat benturan keras atau terjatuh. Aktivitas gerak akan terganggu saat tulang ini mengalami cedera.

Kondisi cedera pada tulang lengan atas patut diwaspadai karena dapat mengakibatkan cedera pada jaringan disekitarnya.

Fungsi lengan atas

Langkah-langkah yang perlu diambil saat tulang ini mengalami cedera adalah:

  • Letakkan lengan bawah di dada dengan telapak tangan menghadap ke dalam.
  • Memasangkan bidai sampai ke siku.
  • Ikat pada bagian atas dan di daerah yang patah.
  • Gendong lengan bawah.
  • Jika sikut juga ikut patah dan tangan tidak dapat dilipat, maka pasang bidai sampai ke lengan bawah,
  • dan tidak usah digendong, biarkan tangan menggantung.
  • Segera rujuk ke rumah sakit terdekat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*