Hormon Insulin: Penjelasan, Proses Terbentuk dan Fungsinya

hormon insulin adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Hormon insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas untuk membantu mengendalikan gula darah.

Fungsi utama hormon ini berhubungan erat dengan penggunaan karbohidrat di tubuh, yakni jika kadar hormon insulin di tubuh terganggu, maka kadar gula dalam darah pun akan ikut terpengaruh.

Apa Itu Hormon Insulin?

Hormon insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pulau Langerhans di pankreas yang memiliki fungsi penting bagi metabolisme tubuh. Insulin adalah sebuah rantai protein yang disusun oleh puluhan asam amino pada setiap molekul insulin.

Secara etimologi, insulin berasal dari kata “insula” yang dalam bahasa Latin berarti pulau.

Pulau yang dimaksud di sini merupakan pulau Langerhans yang merupakan penghasil hormon insulin di dalam pankreas. Inilah alasan mengapa dinamakan insulin.

Cara Kerja Hormon Insulin

Setelah makan, makanan yang mengandung karbohidrat akan dicerna dan diubah menjadi glukosa. Hal ini menyebabkan peningkatan glukosa dalam darah yang merupakan tanda bagi pankreas untuk melepaskan hormon ini ke dalam aliran darah.

Selanjutnya, hormon insulin akan memberi sinyal kepada sel-sel di seluruh tubuh untuk mengambil glukosa di dalam aliran darah. Saat glukosa sudah mulai diserap masuk ke dalam sel-sel darah maka kadar glukosa tubuh menjadi menurun dan normal kembali.

Glukosa yang diserap oleh sel-sel tubuh digunakan sebagai energi, sedangkan sel-sel yang ada di organ hati hanya akan menyimpannya dalam bentuk glikogen yang bisa diubah kembali saat tubuh memerlukan glukosa.

Proses Terbentuknya Insulin

hormon insulin adalah

Tahapan sintesis pembentukan insulin adalah sebagai berikut:

1. Sintesis insulin dimulai dalam bentuk preproinsulin (precursor hormon insulin) pada retikulum endoplasma sel beta.
  2. Dengan bantuan enzim peptidase, preproinsulin mengalami pemecahan sehingga terbentuk proinsulin, yang kemudian dihimpun dalam gelembunggelembung dalam sel tersebut.
  3. Proinsulin kemudian diurai kembali oleh enzim peptidase menjadi insulin dan peptide-C yang keduanya sudah siap disekresikan secara bersamaan melalui membran sel.
  4. Fungsi insulin sangat dibutuhkan dalam proses utilisasi glukosa yang ada dalam darah. Kadar glukosa darah yang meningkat merupakan komponen utama yang memberi rangsangan terhadap sel beta dalam memproduksi insulin.