10+ Hikmah dan Keutamaan Puasa Ramadhan yang Dapat Kamu Peroleh

hikmah puasa
Ilustrasi oleh dribbble.com

Hikmah puasa ramadhan antara lain Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah Swt, Bulan Pengampunan Dosa, dan selengkapnya dalam artikel ini.

Ibadah puasa Ramadhan memiliki banyak keutamaan, dan diantara keutamaan tersebut sebagian besar manfaat/hikmahnya merupakan untuk diri kita sendiri.

Hikmah berpuasa yang kita dapatkan ini tentunya berkaitan erat dengan amalan puasa yang kita jalani dan tentunya amalan puasa ramadhan bukanlah hanya menahan makan dan minum saja.

Namun juga dapat menjalankan amalan ibadah Ramadhan lainnya, seperti bersedekah, i’tikaf, silaturahmi, meningkatkan kualitas diri serta keimanan dan banyak lagi. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

9 Hikmah Puasa Ramadhan untuk Meningkatkan Derajat Taqwa

1. Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah Swt

Hikmah puasa secara umum yaitu dapat meningkatkan derajat taqwa seseorang kepada Allah Swt dan Rasulullah Saw. Seperti yang tertera pada surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

Ayat ini menunjukkan bahwa salah satu dari hikmah puasa di bulan Ramadhan bagi umat islam yaitu, telah melaksanakan perintah Allah Swt dan menjauhi setiap larangan-Nya.

2. Bulan Pengampunan Dosa

Allah SWT menyediakan bulan Ramadhan sebagai fasilitas untuk penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Melalui berbagai aktivitas ibadah di bulan Ramadhan, Allah SWT akan menghapuskan seluruh dosa-dosa.

Begitu juga apabila kamu melakukan shalat malam (Tarawih, Witir, dan Tahajud) pada bulan Ramadhan ini dapat menghapus dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya,

“Barang siapa yang berpuasa melakukan qiyam Ramadan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Bisa Lebih Qanaah

Nasihat Imam Al-Ghazali tentang Rezeki

Qanaah yaitu rela atau menerima takdir yang diberikan oleh Allah Swt.

Baca juga:  Gambar Jantung + Penjelasan Fungsi, Cara Kerja, dan Penyakit Jantung

Seperti situasi bulan puasa Ramadhan tahun ini yang membuat banyak orang tidak bisa pulang kampung, salat berjamaah di masjid, dan beraktivitas seperti biasanya karena wabah virus corona yang terjadi di dunia.

Dengan berpuasa maka akan muncul rasa syukur dan merasa cukup atas segala sesuatu yang diberikan Allah Swt yang biasa terlahfadz dengan “Subhanallah“.

4. Belajar Mengontrol Hawa Nafsu

Pelajaran dari puasa Ramadhan berikutnya yaitu dapat membantu mengontrol hawa nafsu.

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, alangkah baiknya menghabiskan waktu untuk mengerjakan hal-hal positif yang dapat menciptakan kebaikan dan kebahagiaan dunia serta akhirat.

Puasa pun dapat menjadi benteng bagi diri untuk mencegah melakukan perbuatan maksiat. Selama berpuasa, setiap orang diminta untuk menjaga hawa nafsu dan melindungi diri dari godaan setan.

5. Mempererat Silaturahmi

Manfaat Silaturahmi Saat Lebaran, Tak Cuma Eratkan Persaudaraan - Ramadan  Liputan6.com

Dalam Islam ada persaudaraan sesama muslim, akan tampak jelas jika berada dibulan Ramadhan, Orang memberikan tajil perbukaan puasa gratis.

Sholat bersama di masjid, memberi ilmu islam dan banyak ilmu Islam di setiap ceramah dan diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid.

6. Lebih Perduli Pada Sesama

Dalam Islam ada persaudaraan sesama muslim, akan tampak jelas jika berada dibulan Ramadhan, orang memberikan tajil perbukaan puasa gratis.

Sholat bersama di masjid, memberi ilmu islam dan banyak ilmu Islam di setiap ceramah dan diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid.

7. Melatih Disiplin Waktu

Faedah dan Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan Berdasarkan Al-Qur'an dan Hadis

Untuk menghasilkan puasa yang tetap fit dan kuat di siang hari, maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup, hal ini membuat kita tidur lebih teratur demi lancarnya puasa.

Bangun untuk makan sahur dipagi hari juga melatih kebiasaan untuk bangun lebih pagi untuk mendapatkan rejeki (makanan).

Baca juga:  Efek Rumah Kaca Adalah - Pengertian dan Penjelasannya Lengkap

8. Keseimbangan dalam Hidup

Pada hakikatnya kita adalah hamba Allah yang diperintahkan untuk beribadah. Namun sayang hanya karena hal duniawi seperti pekerjaan, hawa nafsu dan lain-lain kita sering melupakan kewajiban kita.

Pada bulan puasa ini kita terlatih untuk kembali mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban tersebut dengan imbalan pahala yang dilipatgandakan.

9. Dapat Berhati-Hati Dalam Berbuat

Puasa di bulan Ramadan akan lebih afdal apabila tak hanya menahan rasa lapar dan haus saja.

Tetapi, bisa menahan dan menghindari keharaman mata, telinga, perkataan, dan perbuatan.

10. Berlatih Lebih Tabah

Dalam Puasa di bulan Ramadhan kita dibiasakan menahan yang tidak baik dilakukan. Misalnya marah-marah, berburuk sangka, dan dianjurkan sifat Sabar atas segala perbuatan orang lain kepada kita.

Misalkan ada orang yang menggunjingkan kita, atau mungkin meruncing pada Fitnah, tetapi kita tetap Sabar karena kita dalam keadaan Puasa.

11. Melatih Hidup Sederhana

Saat waktu berbuka puasa tiba, saat minum dan makan sedikit saja kita telah merasakan nikmatnya makanan yang sedikit tersebut, pikiran kita untuk makan banyak dan bermacam-macam sebetulnya hanya hawa nafsu saja.

12. Melatih Untuk Bersyukur

Dengan memakan hanya ada saat berbuka, kita menjadi lebih mensykuri nikmat yang kita miliki saat tidak berpuasa. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih mensyukuri nikmat Allah SWT.

Nah, itulah penjelasan tentang hikmah dan keutamaan dalam Puasa Ramadlan yang tentunya sbegai umat Islam wajib menunaikannya. Semoga bermanfaat!

Referensi: 99.co | ajaranislam.com

Tertarik dunia sains dan kepenulisan.

Be the first to comment

Leave a Reply