Hewan Reptil: Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya (dapat dipelihara)

ilustrasi oleh dribbble.com

Hewan reptil memiliki keunikan tersendiri untuk dijadikan peliharaan. Salah satunya adalah bunglon, ular piton bola, Bearded Dragon dan masih banyak hewan unik lainnya dalam artikel ini.

Sifatnya yang sangat kalem cocok untuk kamu yang suka sekali memerhatikan gerak-gerik hewan jenis ini dengan seksama.

Tidak seperti kucing atau anjing yang membutuhkan banyak sekali perhatian, peliharaan reptil hanya membutuhkan sentuhan kasih sayang sesekali saja.

Meskipun banyak orang terintimidasi dengan tampilannya yang relatif galak, sebenarnya peliharaan reptil sangatlah jinak. Penasaran reptil mana saja yang bisa dipelihara?

1. Bearded Dragon

hewan reptil

Bearded dragon adalah hewan yang sangat mudah untuk dirawat dan menyukai interaksi jika kalian berhasil membuat ikatan batin.

Hewan omnivor ini menyukai serangga dan sayuran.

Selain itu bearded dragon memiliki siklus tidur yang sama dengan manusia sehingga sangat cocok untuk menemani kamu yang bekerja di rumah.

2. Water Dragon

Hewan reptil yang satu ini berukuran lebih kecil dari bersifat tidak seagresif iguana. Namun, keduanya memiliki tampilan yang hampir mirip.

Kebutuhan habitatnya yang tidak semerepotkan hewan reptil lain membuat banyak orang jatuh cinta dengan hewan yang satu ini.

3. Monitor Lizard

Inilah biawak tak bertelinga (Lanthanotus borneensis), atau dalam Bahasa Inggris dinamakan earless monitor lizard.

Biawak  ini menjadi satu-satunya anggota dari famili Lanthanotidae yang hanya ditemui (endemik) di Kalimantan.

Selain itu, kamu tidak perlu repot untuk memberi makan setiap hari karena hewan ini cukup diberi makan tikus seminggu 2 kali.