Kandungan dan Manfaat Rumput Teki bagi Kesehatan [LENGKAP]

ilustrasi oleh dribbble.com

Manfaat rumput teki atau suket teki adalah untuk mengobati masalah pencernaan, anti-inflamasi,… dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini akan dijelaskan dibahas secara lengkap mengenai rumput teki mulai dari kandungan hingga penggunaan praktisnya.

Rumput teki atau suket teki adalah jenis tanaman yang sering dianggap sebagai gulma karena kemampuannya tumbuh di berbagai kondisi dan sulit untuk diberantas.

Meski pun sering dianggap sebagai gulma ternyata rumput teki juga memiliki beberapa manfaat, seperti untuk pengobatan tradisional dan dapat membantu mencegah erosi tanah.a

Apa itu Rumput Teki?

Rumput teki atau nama latinnya adalah Cyperus Rotundus, dalam bahasa jawa dikenal dengan sebutan suket teki. Rumput teki adalah tanaman rumput yang berasal dari Afrika, Asia Selatan, Eropa Tengah dan Eropa Selatan yang ketinggiannya bisa mencapai 140 cm.

Manfaat rumput teki

Ciri khas dari rumput teki adalah bentuk batangnya yang segitiga dan daun yang tumbuh berumpun. Bunga kecilnya biasanya berwarna hijau atau coklat dan tumbuh pada ujung batang.

Rumput Teki bekembang biak dengan cara secara vegetatif menggunakan stolon atau disebut juga dengan geragih. Stolon atau geragih adalah perpanjangan dari batang utama yang tumbuh menyamping dan di ruas-ruasnya akan tumbuh bakal tumbuhan baru.

Habitat Rumput Teki

Jika kamu ingin mencari rumput ini, kamu akan sangat mudah untuk menemukannnya.

Rumput teki dapat tumbuh di berbagai lingkungan, mulai dari sawah, kebun, tepi jalan, hingga lahan yang terganggu.

Tanaman ini dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Penyebarannya yang luas membuat rumput teki menjadi salah satu gulma yang paling umum ditemukan.

Kandungan Rumput Teki

Didalam umbi teki mengandung alkaloid, glikosida jantung, flavonoid dan minyak sekitar 0,3 -1 % bergantung dari mana rumput teki tersebut tumbuh.

Akar rumput teki yang berasal dari Jepang mengandung cyperol, cyprene I & II, alfacyperone, cyperotundone dan cyperolone. Sedangkan akar rumput teki dari daerah China mengandung patchoulenone dan cyperene.

Adapun kandungan minyak essensial yang terdapat dalam umbi rumput teki yang mangandung setidaknya ada 27 senyawa seperti seskuiterpen, hidrokarbon, epokside, keton-keton, monoterpen dan alifatik alkohol.

Manfaat Rumput Teki

Manfaat rumput teki adalah
Manfaat rumput teki

Rumput teki memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan karena kandungan didalamnya. Adapun beberapa manfaat rumput teki untuk kesehatan antara lain.

1. Mengobati Masalah Pencernaan

Rumput teki mengandung senyawa aktif  dan enzim yang merangsang terjadinya reaksi biokimia untuk mengatasi masalah pencernaan.

Tanaman ini digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, diare, disentri, gangguan usus dan masalah pencernaan lainnnya.

2. Sebagai Anti-inflamasi

Berdasarkan penelitian, rumput teki mengandung senyawa triterpenoid yang memiliki sifat anti-inflamasi yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti diabetes, gangguan hati dan ginjal.

Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman ini, kalian bisa meminum ekstrak rumput teki secara teratur dan konsisten secara rutin.

3. Untuk merawat kulit

Kandungan minyak esensial dari ekstrak akar rumput teki digunakan sebagai obat untuk merawat kulit agar tetap cantik.

Karena rumput teki mengandung extrapone yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Manfaat lainnya, tanaman ini bisa mencegah penuaan karena memiliki sifat anti-aging.

4. Sebagai obat demam

Rumput teki dianggap sebagai ramuan yang bisa digunakan untuk menurunkan demam.

Hal ini karena kemampuan rumput teki yang mamapu menginduksi keringat dalam tubuh sehingga bisa menurunkan suhu dalam tubuh.

5. Mengobati diare

Berdasarkan penelitian yang termuat pada Journal of Ayurveda and Integrative Medicine tahun 2010, rumput teki bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare pada hewan.

Hal ini dibuktikan melalui percobaan yang dilakukan terhadap tikus yang diobati dengan tanaman rumput teki.

Disimpulkan bahwa rumput ini memiliki kemampuan mengambat gejala diare sebesar 46%.

6. Menyembuhkan luka

Daun rumput teki bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Caranya dengan mengoleskan daun yang sudah ditumbuk sampai halus pada permukaan tubuh yang luka.

Cara ini dipercaya ampuh dan mampu mengobati luka secara cepat.

7. Meringankan gejala menstruasi

Umbi rumput teki mengandung senyawa yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pada payudara saat menstruasi dan menjaga suhu tubuh agar tetap normal.

Cara membuat obat dari umbi rumput teki sangatlah mudah. Pertama bersihkan umbinya dengan air bersih

8. Menurunkan berat badan

Para peneliti melakukan percobaan terhadap sekelompok tikus dengan memberinya ekstrak rumput teki selama 60 hari.

Hasil nya adalah terjadi penurunan berat badan yang sangat signifikan pada sekumpulan tikus tersebut.

9. Mengobati penyakit kulit

Daun dari rumput teki bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti kudis, kutu air, panu dan eksim.

Khasiat rumput teki bisa membantu mengurangi gatas yang timbul akibat penyakit kulit.

Demikian penjelasan mengenai kanduagan dan manfaat rumput teki bagi kesehatan. Smeoga bermanfaat!

Artikel Terkait