Daftar harga batu bata merah (Murah dan Berkualitas)

harga batu bata
ilustrasi oleh pixabay.com

Harga batu bata merah lengkap beserta keunggulan, tips memilih batu bata yang berkualitas dan daftar batu bata, selengkapnya akan dibahas berikut.

Dalam dunia konstruksi di Indonesia, penggunaan batu bata merah masih menjadi pilihan utama. Hal ini dikarenakan batu bata merah memiliki kekuatan yang lebih baik daripada jenis batu bata lainya.

Bata merah yang dimaksud adalah bata yang dibuat dari tanah yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi benar-benar kering, mengeras dan berwarna kemerah-merahan.

Tanah yang digunakan dalam pembuatan batu bata merah bukanlah tanah pada umumnya, namun tanah liat yang bisa menyatu Ketika proses pencetakan. Batu bata merah yang terbuat dari tanah liat ini memiliki ketahanan yang lebih terhadap api.

Keunggulan Batu Bata Merah

  • Mudah diangkut karena memiliki ukuran yang kecil
  • Memiliki ketahanan panas yang baik
  • Memiliki kekuatan yang tinggi dibandingkan batako
  • Mudah didapatkan
  • Dapat digunakan di wilayah memiliki luas area sedikit atau sempit
  • Dalam pemasanganya tukang tidak memerlukan keahlian khusus
  • Bata merah dapat menyesuaikan suhu ruangan dengan suhu luar
  • Jarang retak
  • Dari segi harga tergolong lebih murah
  • Pengaplikasianya tidak memerlukan perekat khusus

Terlepas dari keunggulan batu bata merah di atas, dalam memilih material ini memerlukan ketelitian yang khusus untuk mendapatkan kualitas maksimal juga.

Karena kekuatan dan ketahanan batu bata merah juga tergantung kepadatan dan bagaimana proses pembuatan material tersebut. Nah untuk mengetahui kualitas batu bata berikut ini ada tips ketika memilih batu bata merah.

Tips Ketika Memilih Batu Bata Merah

1. Amati struktur batu bata

Amati tumpukan batu bata saat mengunjungi toko material. Apabila ada batu bata yang patah, pecah, atau seratnya keluar, maka batu bata tersebut mudah rapuh.

Baca juga:  Daftar Ukuran dan Harga Kayu Berkualitas beserta Tips Membeli Kayu [TERBARU]

2. Cek ketahanan serap air

Ambil 1 batu bata lalu timbang dan rendam selama 24 jam dan timbang kembali. Hitung selisih beratnya untuk mengetahui jumlah serap air. Daya serap air yang baik adalah di bawah 20% dari berat awal.

Opsi lain dengan cara  merendamnya dengan air garam, Selama proses penyerapan, kandungan garam dalam bata akan larut ke bagian yang kering dan menyerupai bercak putih. Semakin banyak kandungan garam, semakin buruk kualitas bata

3. Perhatikan Ukuran dan Bentuknya

Sebagian besar batu bata merah berbentuk balok dengan ukuran sekitar 5 x 8 x 20 cm. Batu bata merah yang bagus memiliki ciri diantaranya ukurannya simetris dan bentuknya beraturan. Selain itu, pori pada permukaan bata merah juga seharusnya cukup rapat sehingga efeknya tembok tidak akan mudah rembes.

4. Cek Kekuatan dan Suara Benturan

Cara mengetes tips kedua ini adalah dengan membenturkan dua buah batu bata merah. Jika suaranya nyaring maka bata merah tersebut berkualitas.

Selain benturan antar bata, Anda bisa juga memukulkan besi pada bata merah. Jika suaranya nyaring maka kualitas bata merah tersebut tidak perlu diragukan.

Daftar harga batu bata terbaru dan lengkap

Spek BarangSatuanHarga
BatakoBiji3.500,-
Batu Bata Merah (biasa)Biji725,-
Batu Bata Merah (oven)Biji900,-
Batu Kali Belahm3185.000,-
Splitpick up270.000,-
Splittruk1.270.000,-
Batu Kneckerm3210.000,-
Batu Candi (30 x 30)m2120.000,-
Batu Andesit (30 x 30)m2160.000,-
Batu Bali10 kg70.000,-

Referensi: 99.co