20 Gambar Masjid Indah dan Terkenal di Indonesia [TERBARU]

Ilustrasi oleh dribbble.com

Indonesia merupakan negara dengan muslim terbanyak di dunia. Maka, tidak heran jika di Indonesia banyak berdiri masjid-masjid yang megah dan mewah.

Berikut daftar gambar masjid indah dan terkenal yang ada di Indonesia.

1. Masjid Baiturrahman Aceh

Masjid Baiturrahman merupakan salah satu peninggalam Kesultanan Aceh pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/ 1612 M.

Bangun masjid ini bergaya khas India Mogul dengan 7 ubah, 4 menara, dan 1 menara induk. Memiliki luas mencapai 4.760 m2 membuat masjid ini mampu menampung hingga 9000 jamaah.

2. Masjid Raya Natuna

Masjid indah satu ini terletak di wilayah Natuna, berdekatan dengan selat Karimata. Dari gambar kita bisa melihat, masjid ini memiliki 20 buah kubah yang disusun dalam tiga tingkatan. Bentuk fisik dari kubah masjid ini menyerupai Masjid Raya Sulaimaniah di Turki.

3. Masjid Raya Al Mashun Medan

Masjid Raya Al Mashun ini merupakan peninggalan Kesultanan Deli, Medan, Sumatera Utara. Uniknya, masjid ini mempunyai tiga gaya khas yatu gaya Timur Tengah, Eropa dan Asia.

Hingga saat ini, masjid ini masih berdiri kokoh di tengah pusat kota Medan dan menjadi salah satu ikon masyarakat Melayu di KotaMedan.

4. Masjid An-Nur Pekanbaru Riau

Masjid yang dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968 ini disebut-sebut sebagai Taj Mahal yang berada di Riau. Arsitektural dari masjid ini mengadopsi gaya arsitektur dari berbagai negara seperti India, Turki, Arab dan Melayu. Masjid ini memiliki tiga lantai yang terdapat beberapa aula besar, fasilitas pendidikan sekolah hingga ruang pertemuan.

5. Masjid Seribu Tiang, Masjid Agung Al-Falah Jambi

Dinamakan sebagai Masjid Seribu Tiang karena terdapat banyak tiang yang menyusun masjid ini. Sebenarnya masjid ini hanya memiliki 288 tiang. Tetapi, masyarakat lebih mudah mengingatnya dengan julukan Seribu Tiang.

Masjid Seribu Tiang dibangun tanpa adanya pintu maupun jendela yang membatasi ruangan di dalamnya. Hal ini bermakna, bahwa masjid ini menyambut siapapun jamaah yang hadir dengan tangan terbuka. Karena modelnya yang tanpa penghalang membuat masjid ini terasa lebih dingin dan nyaman.

6. Masjid Raya Sumatera Barat

Sumatera Barat dikenal dengan ciri khas rumah gadanynya. Begitu pula dengan masjid Raya Sumatera Barat yang megah ini.

Menggabungkan gaya Minangkabau dan Islam, masjid ini menggambarkan kesan indah dan megah. Pada bagian mihrab terdapat batu yang menyerupai hajar aswad dan beratapkan Asmaul husna. Perpaduan nilai adat dan Islam begitu kental ketika memasuki ruangan masjid.

7. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid ini bernama Istiqlal, yang dalam bahasa Arab berarti ‘kemerdekaan’. Bangun rancang masjid ini diprakarsai sendiri oleh Presiden RI pertama, Ir Soekarno. Dengan mengusung gaya arsitektural modern, masjid ini memiliki lantai dan dindin berlapis marmer serta ornamen geometrik yang terbuat dari baja anti karat. Memiliki luas hingga 7 hektar, masjid Istiqlal mampu menampung hingga 200.000 jamaah.

8. Masjid Ramlie Musofa Jakarta Utara

Masjid Ramlie Musofa sangatlah unik. Bangunan masjid ini dibangun di kawasan minoritas di daerah Danau Sunter, Jakarta Utara. Sehingga ketika memasuki waktu sholat, masjid ini tidak mengumandangkan adzan, melainkan memukul beduk sebagai tanda waktu sholat.

Arsitektur yang unik dan serba putih membuat masjid ini seolah menyerupai bangunan Taj Mahal di India.

9. Masjid Dian Al Mahri Depok

Masjid Dian Al Mahri lebih dikenal dengan nama masjid kubah emas. hal ini karena masjid ini dibangun dengan lapisan emas setebal 2-3 mm sebanak 22 karat.

Tidak hanya menawarkan kemegahan kubah masjid, wilayah lingkungan masjid ini juga sangat luas. Masjid ini dikelilingi dengan hehijauan taman yang asri sehingga sangat cocok sebagai salah satu destinasi wisata religi.

10. Masjid Al-Irsyad Parahyangan Bandung

Kini, bentuk masjid tidak melulu berbentuk kubah sebagaimana umumnya. Salah satu masjid indah nan unik yang ada di Indonesia adalah masjid Al-Irsyad yang teletak di Bandung.

Bangun masjid Al-Irsyad dirancang oleh walikota Bandung Ridwan Kamil, dengan gaya kubus yang disusun membentuk celah-celah sehingga memiliki penyinaran yang baik di siang hari. Di dalam masjid terdapat 99 lampu kotak dengan tulisan Asmaul Husna.

11. Masjid Rahmatan Lil Alamin Indramayu

Masjid Rahmatan Lil Alamin memiliki bangunan yang luas dan tinggi. Terdapat hingga 7 lantai berukuran 99×99 meter di setiap tingkatnya yang melambangkan Asmaul Husna. Pada lantai ke tujuh, disebut-sebut sebagai atas yang bisa menampung lebih dari 4000 jamaah.

Gaya bangunan dari masjid ini adalah tradisional kontemporer sebagaimana masjid-masjid yang ada di Indonesia. Masjid ini terlihat sangat kokoh, karena memang dirancangtahan gempa dan mampu bertahan hingga ribuan tahun.

12. Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu ikon kota Semarang yang menampilkan wisata religi bagi para pengunjungnya. Bangunan masjid ini bergaya khas arsitektural Jawa, Romawi, dan Arab. Gaya khas Jawa Tengah bisa dilihat pada bangunan utama masjid yang beratapkan limas. Sedangkan gaya Romawi terdapat pada 25 pilar berbentuk koloseum di bagian pelataran dengan tulisan dua kalimat syahadat dan tulisan huruf arab melayu Sucining Guno Gapuraning Gusti.

13. Masjid Khadija

Majid Khadija termasuk masjid yang indah dan unik. Desain interior gambar masjid ini dipenuhi dengan ornamen kristal yang terinspirasi dari masjid di Dubai. Pola ornamen dinding dan keramik yang cantik, ditambah dengan air mancur di depan masjid menambah keindahan masjid Khadija satu ini.

14. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban dikenal dengan warna kubahnya yang unik. Yang menakjubkan, masjid ini ternyata telah dibangun sejak abad ke-15 dan masih berdiri hingga sekarang.

Pada tahun 2014, pemerintah daerah Tuban membuat kebijakan renovasi menambah dua tingkat pada bangunan masjid sehingga mampu menampung lebih banyak jamaah. Luas keseluruhan masjid ini mencapai sekitar 3.565 m2.

15. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

gambar masjid

Jika kamu sedang berkunjung ke Surabaya, maka tidak lengkap jika tidak berwisata religi ke masjid Nasional Al-Akbar. Masjid dengan luas 22.300 m2 ini termasuk sebagai salah satu 7 masjid terbesar di Asia Tenggara.

Masjid ini memiliki kubah besar dan 4 kubah kecil yang berwarna biru dengan menara 99 m yang menjulang tinggi. Ciri khas yang menarik dari masjid ini adalah pintu masuk ke dalam ruangan masjid yang tinggi dan besar serta mihrab masjid yang merupakan terbesar di Indonesia.

16. Masjid Tiban Turen Malang

gambar masjid

Keberadaan Masjid Turen sempat menjadi buah bibir masyarakat lantaran beredar kabar bahwa masjid ini dibangun oleh jin. Namun, ternyata faktanya bukan demikian.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari masyarakat sekitar, Masjid Turen didirikan oleh pengasuh pondok KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al Mahbub Rahmat Alam, sering disebut dengan Romo Kyai Ahmad.

Pembangunan masjid ini telah dimulai sejak tahun 1963 dengan material seadanya dan tanpa bantuan arsitektur. Pembangunan Masjid Turen dilakukan secara bertahap dan terus menerus hingga sekarang. Kini, Masjid Turen menjadi salah satu destinasi religi karena keindahan dan keunikannya.

17. Masjid Agung Sumenep Madura

gambar masjid

Masjid yang terletak di Madura ini dirancang dari gabungan berbagai budaya seperti Arab, Persia, Eropa, Jawa, India dan Tionghoa. Khas bangun dari gambar masjid ini langsung terlihat begitu masuk gerbang masjid, menara, hingga bangunan utama masjid.

18. Masjid Raya Mujahidin Pontianak

gambar masjid

Bangunan masjid yang terletak di Pontianak ini merupakan pusat dakwah para muslim yang ada di Kalimantan Barat. Masjid ini memiliki luas hingga 3,600 m2 hingga ruang parkirnya mampu menampung hingga 1.600 mobil.

Terlihat kokoh dan megah, ternyata bangunan masjid ini telah dibangun sejak tahun 1978 dan mengalami renovasi pada 2011-2015.

19. Majid Islamic Center Samarinda

gambar masjid

Majid Islamic Center Samarinda telah dikenal secara luas sebagai masjid terbesar kedua di asia Tenggara. Dengan luas 43.500 m2 masjid ini benar-benar sangat luas.

Bangunan masjid ini memiliki tujuh menara pencakar langit dengan tinggi 99 meter yang melambangkan Asmaul Husna dan anak tangga lantai dasar ke lantai utama berjumlah 33 yang melambangkan jumlah tasbih.

20. Masjid 99 Kubah Makassar

gambar masjid

Makassar memiliki banyak masjid yang megah dan indah, salah satu diantaranya adalah Masjid 99 Kubah. Dinamakan 99 Kubah digambarkan sebagai simbol Asmaul Husna yang berjumlah 99. Puluhan kubah tertata rapi bertingkat dilengkapi dengan warna-warna yang terang menambah keindahan masjid ini.

Rancang bangun dari Masjid 99 Kubah diprakarsai oleh Ridwan Kamil yang kemudian menjadi ikon baru masjid di Makassar. Letak masjid ini di sekitar Center Point of Indonesia Pantai Losari, Makassar.


Terimakasih telah membaca artikel Saintif tentang gambar masjid di Indonesia. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Terkait