Doa Keluar dan Masuk Masjid – LENGKAP beserta Keutamaannya

doa keluar masjid
Ilustrasi oleh dribbble.com

Doa keluar masjid berbunyi: ‘Allahumma innii asaluka min fadlik’ , yang berarti Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu.

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat islam sedunia, tempat yang mana kita lebih mendekatkan diri pada sang maha cipta, berkhusyuk, bertahmid, bertasbih, serta memuji keagunggan Allah SWT.

Istilah masjid berasal dari kata sajada-yasjudu yang berarti bersujud atau menyembah. Masjid juga disebut dengan istilah Baitullah (rumah Allah), maka orang yang memasukinya disunahkan mengerjakan salat Tahiyyatul Masjid (menghormati masjid dua rakaat).

doa keluar masjid

Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Jika salah seorang kamu memasuki masjid, jangan dulu duduk sebelum mengerjakan salat dua rakaat.” (HR Abu Dawud).

Selain itu adab dalam memasuki masjid perlu dilakukan seperti berdoa saat kita hendak memasuki masjid, sebab dengan berdoa segala keburukan akan hilang dan digantikan dengan kebaikan kebaikan yang telah Allah SWT lipat gandakan.

Itupun berlaku sebaliknya, jika kita keluar dari masjid, tak lupa juga kita berdoa agar keselamatan dan keberkahan meyelimuti hidup kita.

Doa Masuk Masjid, Lengkap Dengan Artinya

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

‘Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik’
Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

Nah, setalah hafal membaca doa masuk masjid, maka kita diharuskan dalam mengamalkannya. Dan jika kita hedak memasuki masjid, maka disunahkan masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu.

Setelah selesai beraktivitas di masjid, seperti ibadah shalat, tadarus, diskusi Islami dan ibadah lainnya, saat hendak pulang dan meninggalkan masjid, maka jangan lupa untuk membaca doa keluar masjid.

Doa Keluar Masjid, Lengkap Dengan Artinya

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

‘Allahumma innii asaluka min fadlik’
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”

Berbeda dengan hendak memasuki masjid, Jika masuk masjid disunahkan melangkahkan dengan kaki kanan terlebih dahulu, maka sebaliknya, ketika hendak keluar masjid disunahkan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu.

Keutamaannya membaca doa keluar masuk masjid

1. Membiasakan adab yang baik saat memasuki atau keluar dari masjid

Tempat ibadah merupakan suatu tempat yang perlu dijaga kebersihannya karena perlu dijaga kesuciannya dan dimuliakan keberadaannya oleh Allah SWT. Untuk itu sebagai umat yang baik seharusnya wajib menghargai dan sopan ketika memasuki atau keluar dari tempat ibadah tersebut.

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya:

“Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)” (HR. Muslim 713).

2. Didoakan oleh para malaikat saat memasuki masjid

Berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam,

فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فيِ الصَّلاَةِ مَاكَانَتِ الصَّلاَةُ تَحْبِسُهُ واْلمَلاَئِكَةُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ أَحَدِكُمْ مَادَامَ فِي مَجْلِسِهِ الَّذِي صَلىَّ فِيْهِ يَقُوْلُوْنَ: اَللّهُمَّ ارْحَمْهُ الّلهُمَّ اغْفِرْ لَهُ مَا لَمْ يُؤْذِ فِيْهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ

“Apabila seseorang memasuki masjid, maka dia dihitung berada dalam shalat selama shalat tersebut yang menahannya (di dalam masjid), dan para malaikat berdoa kepada salah seorang di antara kalian selama dia berada pada tempat shalatnya, Mereka mengatakan, “Ya Allah, curahkanlah rahmat kepadanya, ya Allah ampunilah dirinya selama dia tidak menyakiti orang lain dan tidak berhadats” (HR Bukhari no 176 Muslim no 649).

3. Dinaungi oleh Allah Ta’ala ketika nanti tiada naungan selain naungan-Nya.

Sebagaimana dalam hadis, “Tujuh jenis orang yang Allah Ta’ala akan menaungi mereka pada hari tiada naungan kecuali naungan-Nya… dan laki-laki yang hatinya selalu terkait dengan masjid (HR Bukhari dan Muslim).

Nah, sekarang sudah tahu doa masuk dan keluar masjid. Maka, tinggal diamalkan. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan atas doa yang kita baca. Aamiin.

About Amilinda Harin Permata Sari 21 Articles
Alumni Pondok Pesantren Al-Fatimah Bojonegoro. Senang menulis topik keislaman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*