20+ Daftar Film Korea Komedi Romantis Terbaik

film korea komedi romantis
ilustrasi oleh dribbble.com

Film korea komedi romantis yang wajib ditonton sepanjang masa antara lain adalah crazy love, On Your Wedding Day, My Love, My Bride , Penny Pinchers, Crash Landing on YouCrash Landing on You, Itaewon Class, Strong Woman Do Bong-soon dan masih banyak lagi dalam artikel ini.

1. Crazy Love (2019)

film korea komedi romantis
Gambar 1. Crazy Love

Film Korea komedi romantis terbaru ini mengisahkan tentang Jae Hoon (Kim Rae Won) yang gagal menikah dan masih belum bisa move on dari tunangannya.

Sementara itu, di tempat lain Sung Young (Gong Hyo Jin) juga baru saja putus dari kekasih yang telah menyelingkuhinya. Keduanya kemudian dipertemukan ketika menjadi partner kerja di kantor dan tertarik mulai tertarik satu sama lain meskipun sering terlibat pertengkaran.

2. On Your Wedding Day (2018)

film korea komedi romantis
Gambar 2. On your wedding day

Film ini bercerita tentang kisah cinta Seung Hee (Park Bo Young) dan Woo Yeon (Kim Young Kwang) yang meskipun pada awalnya hanya berpura-pura pacaran, tapi kemudian hubungan mereka berubah menjadi sangat romantis. Kisah cinta di antara keduanya juga semakin asyik diikuti berkat selipan beberapa unsur humor di dalamnya.

Film ini tayang pada 3 Oktober 2018 dengan durasi 1 jam 50 menit, film ini mendapatkan rating yang tinggi loh dari AsianWiki yaitu 89%, dan 6.8/10 dari IMDb, tertarik untuk menonton.

3. My Love, My Bride (2014)

film korea komedi romantis

Film ini dirilis pada tahun 2014 silam. Meskipun tergolong film lama, tapi cerita yang ditawarkan oleh film ini masih asyik untuk kamu tonton di masa kini.

Film ini berkisah tentang kehidupan pasangan pengantin baru Young Min (Cho Jung Seok) dan Mi Young (Shin Min A). Meskipun My Love, My Bride adalah film remake tahun 1990 dengan judul serupa, namun versi yang ini jauh lebih segar dan gemas

4. 100 Days with Mr. Arrogant (2004)

film korea komedi romantis

Pada awalnya, 100 Days with Mr. Arrogant merupakan kisah fiksi yang terkenal di internet. Lalu, dibuatlah versi bukunya dan pada akhirnya diadaptasi menjadi film.

Film yang tayang pada 16 Januari 2004  ini bercerita tentang seorang perempuan SMA bernama Ha-young (Ha Ji-won) yang baru saja putus dari pacarnya.

Pada suatu ketika, dia menendang kaleng kosong untuk melampiaskan emosinya. Malang, kaleng tersebut mengenai sebuah mobil Lexus dan meninggalkan goresan.

Sang pemilik mobil, Hyung-joon (Kim Jae-woon) meminta ganti kepadanya yang tentu saja tidak mampu dia bayar. Karena itu, dia memutuskan untuk melarikan diri.

Tentu dia tidak bisa kabur semudah itu. Ha-young disuruh membersihkan rumahnya selama 100 hari untuk membayar hutangnya tersebut. Seperti yang sudah bisa kamu duga, pada akhirnya mereka berdua malah saling jatuh cinta.

5. 200 Pounds Beauty (2006)

film korea komedi romantis

200 Pounds Beauty merupakan film Korea yang diadaptasi dari komik Jepang berjudul Kanna’s Big Success karya Yumiko Suzuki. Film ini 14 Desember 2006 menceritakan seorang wanita yang bertubuh sangat besar menjadi seorang ghost singer.

Karena penampilannya, Han-na (Kim Ah-joong) tidak bisa menjadi penyanyi di atas panggung. Dia juga jatuh cinta kepada salah satu musik produser terkenal dan tampan, yakni Sang-joon (Joo Jin-mo). Sayangnya, cinta tersebut bertepuk sebelah tangan.

Cerita di film romance comedy Korea ini memang kental dengan unsur komedi. Namun dibalik komedi itu terdapat pesan moral luar biasa yang bisa kamu dapatkan di film ini.

6. Wonderful Nightmare (2015)

Terakhir dalam jajaran film Korea terbaik di genre komedi romantis kali ini ada sebuah film berjudul Wonderful Nightmare yang rilis pada 2015 lalu.

Kisah komedi romantis dengan bumbu fantasi ini bermula saat pejabat surga secara tak sengaja membunuh Yeon-woo (Uhm Jung-hwa), seorang pengacara di dunia.

Sebelum bisa kembali ke keadaan semula, Yeon-woo harus mengalami kehidupan sementara sebagai seorang wanita biasa yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Film ini tayang pada 13 Agustus 2015 dengan durasi 2 jam 5 menit.  Film ini cukup diminati hingga mendapat rating 7.1/10 dari IMDb serta 88% dari AsianWIki. Must watch!

Baca juga:  Contoh Portofolio (LENGKAP): Pengertian dan Cara Membuat Portofolio Terbaik

7. Finding Mr. Destiny (2010)

film korea komedi romantis

Film yang tayang pada 8 Desember 2010 ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Seo Ji-woo (Lim Soo-jung) berpergian ke India dan menemukan cinta pertamanya, yakni Kim Jong-ok (Won Ki-jun).

Di sisi lain, ada juga Han Gi-joon (Gong Yoo) yang dipecat dari pekerjaannya dan mendirikan sebuah agensi bernama “Finding Your First True Love Company”.

Tanpa pikir panjang, Ji-woo datang ke agensi milik Gi-joon dan menjadi klien pertamanya. Keduanya bertualang keliling Korea untuk mencari sosok Jong-ok.

Selama proses inilah Gi-joon mulai menanamkan benih cintanya pada Ji-woo. Akankah wanita ini berpaling atau malah cinta Gi-joon harus bertepuk sebelah tangan?

8. Penny Pinchers (2011)

film korea komedi romantis
Gambar 8. Penny Pinchers

Bagi kamu penggemar drama Song Joong-ki, maka wajib nonton filmnya yang satu ini. Penny Pinchers adalah film komedi romantis Korea terbaik yang bakal bikin kamu senyum-senyum sendiri.

Menceritakan tentang seorang lulusan perguruan tinggi yang masih menganggur bernama Chu Ji-woong (Song Joong-ki). Dia masih sering meminta uang dari ibunya dan dihabiskan untuk berfoya-foya.

Ji-woong memiliki tetangga apartemen seorang wanita yang sangat hemat atau malah bisa dibilang pelit, bernama Gu Hong-sil (Han Ye-seul). Hong-sil sering menjual barang daur ulang, mencuri gula dari toko kopi sebanyak mungkin, memilih berjalan kaki daripada naik bus, dan lain sebagainya.

Malah gadis ini sangat hobi menabung. Meskipun dia tidak tahu akan digunakan untuk apa tabungannya nanti. Pada suatu waktu dia membutuhkan akun bank terpisah dengan nama lain.

Lantas, dia berjumpa dengan Ji-woong yang baru saja diusir oleh ibunya. Mereka berdua kemudian menyepakati untuk saling membantu selama 2 bulan. Dari sanalah rasa tertarik satu sama lain pun tumbuh.

9. Dancing Queen (2012)

film korea komedi romantis
Gambar 9. Dancing Queen

Film romantis komedi Korea selanjutnya berjudul Dancing Queen yang dirilis pada 2012 lalu dan menawarkan alur cerita yang nggak biasa. Kisahnya mengenai Jung-hwa (Uhm Jung-hwa) yang pernah bermimpi menjadi musisi, namun harus kandas karena harus menikah dengan Jung-min (Hwang Jung-min).

Suatu ketika, Jung-min meraih popularitas secara tiba-tiba lewat sebuah peristiwa. Memanfaatkan hal ini, lantas dia mencalonkan diri sebagai calon wali kota Seoul.

Di samping itu, Jung-hwa juga ikut kompetisi menyanyi untuk mewujudkan impiannya. Akankah keduanya berhasil mencapainya? Atau malah salah satu pasangan tersebut harus mengalah?

10. Whatcha Wearin’? (2012)

Waspada! Film komedi romantis Korea terbaik satu ini adalah film yang banyak mengandung unsur dewasa. Yang belum cukup umur lebih baik jangan nonton film ini dulu ya.

Whatcha Wearin’? atau My PS Partner adalah film yang menceritakan Yoon-jung (Kim A-joong) seorang wanita yang sedang ingin melakukan hubungan dewasa melalui telepon dengan pacarnya.

Masalah datang ketika dia salah menghubungi pria lain bernama Hyun-seung (Ji Seong) karena baru pertama kali menggunakan telepon pintar. Karena ketidaksengajaan tersebut, keduanya malah jadi dekat.

Hingga akhirnya mereka kopi darat dan saling menyukai satu sama lain tanpa sadar. Cerita dalam film ini sangat realistis meskipun ada banyak humor dewasa. Porsi humornya juga pas dan bisa membuat kita tertawa.

11.  Crash Landing on You (2019)

film korea komedi romantis

Drakor ini menceritakan Yoon Se Ri (Son Ye Jin), pewaris konglomerat di Korea Selatan yang tanpa diduga mendapati dirinya melakukan pendaratan darurat di Korea Utara.

Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara yang tidak terjalin baik pun membuat nyawa Se Ri terancam.

Untungnya, seorang tentara Korea bernama Lee Jeong Hyuk (Hyun Bin) bersedia melindungi dan menyembunyikannya.

12.  Itaewon Class (2020)

Drama ini mengisahkan Park Sae Roy (Park Seo Joon) yang mencoba melawan ketidakadilan atas kematian ayahnya yang merupakan karyawan di perusahaan makanan besar di Korea Selatan.

Anak dari CEO perusahaan tempat ayahnya bekerja yaitu Jang Geun Won (Ahn Bo Hyun) merupakan orang yang menjadi penyebab tewasnya ayah Sae Roy.

Tak tinggal diam, Sae Roy pun bekerja sama dengan Jo Yi Seo (Kim Da Mi) untuk membuka bisnis restoran makanan di Itaewon demi mengalahkan bisnis ayahnya Geun Won sebagai cara balas dendam.

13. Romantic Doctor, Teacher Kim 2 (2020)

Gambar 13. Romantic Doctor, Teacher Kim 2

Drama korea romantis sepanjang masa yang juga disebut dengan judul Dr. Romantic 2 ini menceritakan dokter ahli bedah, Kim Sa Bu (Han Suk Kyu), yang sempat bekerja di rumah sakit besar di Korea.

Pertemuannya dengan dua orang dokter magang, Cha Eun Jae (Lee Sung Kyung) dan Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop) rupanya memberikan pelajaran hidup tersendiri bagi mereka berdua.

Baca juga:  Recount Text: Pengertian, Struktur, Ciri dan Contohnya

14. Chocolate (2019)

Digarap oleh sutradara Lee Hyung Min, drakor Chocolate bercerita tentang seorang ahli bedah saraf bernama Lee Kang (Yoon Kye Sang) yang sempat memiliki cita-cita masa kecil menjadi koki.

Suatu hari, impiannya tersebut kembali terbesit dalam pikirannya saat Lee Kang bertemu dengan Moon Cha Yeong (Ha Ji Won), seorang koki terkenal yang rupanya pernah memiliki cerita tersendiri dengan Lee Kang semasa kecil.

Lebih menarik lagi, ternyata Lee Kang lah yang menjadi inspirasi Cha Yeong untuk bercita-cita menjadi seorang koki.

15. Strong Woman Do Bong-soon.

film korea komedi romantis

Seorang wanita bernama Do Bong-soon memiliki kekuatan super yang diwarisi dari leluhurnya sejak zaman dahulu. Bong-soon selalu berusaha menyembunyikan kekuatannya dari orang lain terutama kepada In Guk-doo pria yang ia sukai.

Suatu ketika Bong-soon berhasil menghajar para preman di dekat rumahnya yang membuat kekuatan supernya diketahui oleh Ahn Min-hyuk.

Ahn Min-hyuk adalah seorang CEO perusahaan game besar di Korea Selatan, ia selalu mendapat ancaman pembunuhan. Sebab itu Min-hyuk berencana mempekerjakan Bong-soon sebagai pengawal pribadinya.

Hingga mereka harus berhadapan dengan penculik kejam yang senang memburu wanita muda di sekitar rumah Bong-soon. Drama Korea komedi romantis dibintangi oleh Park Bo-young, Park Hyung-sik, dan Ji Soo.

16. Goblin

Kisah cinta sang Goblin, Kim Shin (Gong Yoo) dan pegantinnya yang masih duduk di bangku SMA, Ji Eun-tak (Kim Go-eun) sukses membuat penonton dibuat baper.

Belum lagi hubungan kocak antara Kim Shin dan Grip Reaper (Lee Dong-wook), serta sang keponakan yang diperankan Yook Sung-jae bikin kamu nggak kuat nahan tawa.

17. Fight For My Way.

film korea komedi romantis

Fight For My Way menjadi salah satu drama komedi romantis yang paling difavoritkan pada pertengahan 2017 lalu.

Drama yang dibintangi Park Seo-joon dan Kim Ji-won ini bercerita tentang kisah cinta, persahabatan dan perjuangan meraih mimpi yang dibalut dengan alur cerita ringan dan bumbu-bumbu komedi yang sukses mengundang tawa setiap episodenya.

Kisah cinta antara Go Dong-man dan Choi Ae-ra yang awalnya terjebak friend zone hingga berakhir happy ending menjadi salah satu kunci cerita drama 16 episode ini. Kamu nggak akan dibuat bosen deh sama drama yang tayang di channel KBS ini.

18. Reply 1988.

Gambar 18. Reply 1988

Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Hye-ri, Park Bo-gum, Go Kyung-pyo, Ryu Jun-yeol dan Lee Dong-hwi. Menceritakan kisah persahabatan di tahun 1998, lima teman dekat dan kehidupan keluarga mereka yang tinggal di lingkungan sama dari Ssangmun-dong. D

ari empat laki-laki dan satu perempuan, mengungkap siapa yang berhasil menikah dengan Dukseon (Lee Hye-ri). Di serial Drama Korea ini akan membuatmu baper dan terbawa arus siapa yang cocok dan pantas untuk jadi suami Dukseon.

Tak hanya romantis, drama ini juga akan membuatmu ngakak dengan berbagai ulah dari kelima sahabat ini.

19. Radio Romance.

Gambar 19. Radio Romance

Drama ini berkisah tentang penulis program radio, Song Geu-rim (Kim So-hyun). Namun, Geu-rim bukanlah seorang penulis berbakat. Program acaranya terancam dihentikan.

Demi menjaga kelangsungan programnya, Geu-rim pun merekrut karyawan bernama Ji Soo-ho (Yoon Doo-joon). Menairknya, Soo-ho merupakan cintanya ketika SMA dulu. Namun, mereka berdua sudah tidak saling kenal.

20. What’s Wrong With Secretary Kim.

Gambar 20. What’s Wrong With Secretary Kim.

Drama yang dibintangi Park Seo-joon yang masuk dalam salah satu list drama Korea terfavorit. Ya, What’s Wrong With Secretary Kim.

Drama yang baru saja selesai tayang ini merupakan adaptasi dari Webtoon berjudul sama. Bercerita kisah cinta sang bos narsis (Park Seo-joon) dan sekretaris cantik (Park Min-young), kamu bakal dibuat ketawa di setiap episodenya.

21. Oh My Ghost.

Gambar 21. Oh My Ghost

Na Bong-sun (Park Bo-young) memiliki kepribadian yang sangat pemalu, rendah diri, tidak memiliki teman dekat, dan selalu mendapat marah atasannya di Sun Restaurant.

Bong-sun melihat hantu karena neneknya seorang dukun. Suatu hari, Bong-sun dirasuki hantu perawan penuh nafsu bernama Shin Soon-ae (Kim Seul-gi).

Untuk menebus kurangnya romantisme dalam hidupnya dan percayanya akan kehilangan keperawanan akan mampu “menyelesaikan dendamnya” dan pindah ke akhirat, Segera Soon-ae bertekad untuk merayu bos Bong-sun yaitu Kang Sun-woo (Jo Jung-suk).