15+ Drama Korea Terbaik (2020) dan Sinopsis Menariknya

drama korea terbaik

Drama korea terbaik tahun 2020, yaitu Itaewon Class, Hi, Bye Mama, The King : Ethernal Monarch, Crash Landing on You, dan banyak lagi dalam artikel ini.


Berikut 15+ drama Korea Selatan terbaik sepanjang tahun 2020 dari berbagai genre. Jangan sampai kelewatan atau kelupaan untuk menontonnya ya.

1. Itaewon Class

Itaewon class adalah satu drama korea populer yang diadaptasi dari webtoon yang berjudul sama. Drama ini diperankan oleh Par Seo-joon sebagai tokoh utama Park Sae Roy, Kim Da-mi sebagai tokoh Jo Yi-seo, Yoo Jae-Myung sebagai Jang Dae-hee dan Kwan Nara sebagai Oh Soo-ah.

Itaewon Class menjadi banyak diperbincangkan karena memiliki cerita yang inspiratif. Menceritakan pengalaman sekelompok anak muda yang mempunyai sikap keras kepala dan keberanian memberontak realitas dunia yang tidak rasional.

Park Sae Roy tidak takut pada siapapun. Dia bertekad untuk menjalani hidupnya sendiri, dan mendapatkan semua yang dia inginkan. Suatu ketika Park Sae Roy yang terlibat perseteruan dengan keluarga Jangga hingga Park Sae Roy dihukumi penjara. Keluar dari penjara, Park Sae Roy bertekad membuat rencana 15 tahun untuk membalaskan dendam kepada keluarga Jangga.

Setelah tujuh tahun berlalu, Park Sae Roy mendirikan usaha bisnis restoran Dan Bam di daerah Itaewon sehingga bertemu dengan Jo Yiseo seorang sosiopat populer di media sosial. Jo Yiseo bergabung dengan restoran Park Sae Roy dan manajer di restoran Dan-Bam tersebut.

2. The World of The Married

Seperti judulnya, drama the world of the married membagikan kisah kehidupan pernikahan yang menghadapi bermacam cobaan, salah satunya pengkhianatan. Drama ini dibintangi oleh aktris senior Kim Hee Ae sebagai Ji Sun Woo, Park Hae Jon sebagai Lee Tae O, serta Han So Hee sebagai Yeo Da-kyung.

Ji Sun-woo adalah seorang dokter keluarga. Dia menikah dengan Lee Tae Oh dan memiliki seorang putra. Ji Sun-woo tampak memiliki segalanya, yaitu karir sukes, keluarga bahagia. Namun, akhirnya dia dikhianati oleh suami dan orang-orag disekelilingnya.

Sedangkan Le Tae-oh menjalankan bisnis hiburan dan bermimpi menjadi sutradara film terkenal. Lee Tae-oh mencintai istrinya, akan tetapi Lee Tae-oh jatuh dalam perselingkuhan dengan seorang wanita yang lebih muda dari istrinya, yaitu Yeo Da-kyung.

Dalam drama ini emosi penonton sangat dikuras dengan alur cerita yang tak membosankan dan terungkap di episode pertama, sehingga membuat pemirsa dirumah terpikat dan betah duduk manis melanjutkan keseruan ceritanya.

3. Crash Landing on You

Menggabungkan genre komedi dan romantis, drama ini sukses membuat penonton baper. Drama ini bercerita mengenai pertemuan antara Yoon Se Ri (Son Ye Jin ) seorang pewaris konglomerat dari Korea Selatan dengan Lee Jung Hyeok (Hyun Bin) di kawasan Korea Utara.

Suatu hari, Yoon Se Ri melakukan paralayag, ia mengalami kecelakaan yang disebabkan oleh angin kencang sehingga membuatnya memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di Korea Utara.

Untungnya, disana dia bertemu dengan Lee Jung Hyeok, yang merupakan seorang perwira tentara Korea Utara. Lee Jung Hyeok mencoba untuk melindungi dan menyembunyikan Yoon Se Ri. Crash landing on you ini merupakan salah satu drama korea terbaik yang jangan sampai dilewatkan.

4. Hi, Bye Mama

Hi Bye, Mama merupakan drama keluarga bergenre fantasy dan beriorientasi pada keluarga. Drama ini dibintangi oleh Kim Tae-hee, Lee Kyu-hyung, Go Bo-gyul, Shin Dong-mi, Lee Shi-woo, dan Seo Woo-jin.

Drama Hello, Bye Mama menceritakan seorang wanita bernama Cha Yoori (Kim Tae Hee) yang telah meninggal dalam kecelakaan tragis.

Menariknya, setelah lima tahun kematiannya, Cha Yoori bereinkarnasi kembali menjadi manusia selama 49 hari untuk dapat bertemu kembali ke suaminya Jo Kanghwa (Lee Kyuhyung) dan anak perempuannya. Namun, ketika momen itu terjadi, Cha Yoori justru mendapati bahwa suaminya telah menikah lagi.

5. Romantic Doctor Kim 2

Romantic Doctor Kim 2 merupakan sekuel dari drama sebelumnya dan merupakan drama medis yang diperankan oleh Han Suk Kyu, Lee Sung Kyung, dan Ahn Hyo Seop.

Boo Yong-Joo (Han Suk-Kyu) merupakan dokter jenius dan ahli bedah. Ia menyebut dirinya Dr. Romantis dan ia disebut dengan sebutan Guru Kim. Ia adalah dokter aneh yang tidak mau bersosialisasi dengan orang lain. Boo Yong-Joo menjalankan klinik lusuh Doldam.

Baca juga:  Persamaan Nilai Mutlak (Penjelasan Lengkap dan Contoh Soal)

Disisi lain, Cha Eun Jae (Lee Sung Kyung) merupakan mahasiswa fellow tahun kedua yang sangat senang belajar dan percaya diri. Bahkan, Cha Eun Ja selalu berada pada jajaran kalangan mahasiswa elite karena kecerdasannya.

Kemudian, Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop) merupakan mahasiswa fellow tahun kedua dan seorang ahli bedah. Seo Woo Jin dikenal sinis dan skeptis dengan segala hal, bahkan sampai tidak akrab dengan rekan-rekannya. Namun, ia selalu dipuji oleh professor karena ketrampilan operasinya.

Cha Eun-Jae dan Seo Woo-Jin bertemu dengan dokter yang tidak biasa, Guru Kim. Mereka tumbuh sebagai manusia dan dokter dengan pengalaman mereka dengan Guru Kim.

6. Black Dog : Being A Teacher

Drama Black Dog: Being A Theacher merupakan drama bergenre komedi yang dibintangi oleh Soe Hyun-jin, Ra Mi-ran, dan Ha-joon.

Drama ini mengisahkan tentang perjuangan seorang perempuan muda yang menggapai mimpinya menjadi seorang guru. Akhirnya, ia memiliki kesempatan untuk menjadi guru di salahs atu sekolah swasta di Korea Selatan.

Suatu hari, beberapa masalah di sekolah tempat dia mengajar muncul. Beriringan dengan beragam masalah yang muncul, dirinya tumbuh menjadi guru dengan kemampuan yang lebih baik.

7. Beautiful Love, Wonderful Life

Drama Korea Beautiful Love, Wonderful Life merupakan drama bergenre keluarga yang menceritakan kegagalan dan belajar mencintai hidup untuk menemukan kebahagiaan. Drama ini fokus menceritakan menganai kehidupan rumit sepasang kakak adik.

Kim Seol A mempunyai adik yang bernama Kim Cheong A. Adiknya telah difitnah menjadi dalang dari pembunuhan anak remaja laki-laki. Selain itu, Kim Seol A menjalin hubungan yang rumit dengan anak dari seorang konglomerat.

Drama ini sangat menarik karena menyajikan beragam permasalahan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

8. Money Game

Jika kamu menyukai drama yang berkaitan dengan finance, drama satu ini pas sekali untuk kamu tonton. Drama ini diperankan oleh Ko Soo sebagai Cha Yi-Hun, Lee Sung-Min sebagai Heo Jae, dan Shim Eun-Kyung sebagai lee Hye-Jon.

Menceritakan mengenai sebuah bank di Korea Selatan yang tengah dilanda kebangkrutan. Negara khawatir jika suatu ketika mereka akan mengalami kriris keuangan serupa pada tahun 1997. Hal ini membuat orang-orang di Komisi Jasa Keuangan berjuang untuk mencegah insiden tersebut terjadi.

9. Hospital Playlist

Drama korea tentang kesehatan dan kedokteran adalah salah satu terbaik di dunia. Salah satu yang terbaru adalah drama Hospital Playlist ini dibintangi oleh Jo Jung Suk, Kim Dae Myung, Jung Kyung Ho dan Jeon Mi Do. Seperti judulnya, drama ini mengambil latar sekelompok dokter di rumah sakit.

Hospital Playlist menceritakan lima dokter yang sudah menjalin persahabatan sejak masuk sekolah kedokteran 20 tahun lalu. Saking dekatnya, mereka bisa saling membaca pikiran masing-masing. Keseharian mereka diisi untuk melayani orang yang kritis atau sekadar mampir di rumah sakit.

Meski bukan secara resmi, Song-hwa bertindak sebagai pemimpin dari grup itu. Sedangkan Seok-hyeong adalah seorang penyendiri, Ik-jun yang kerap beranggapan lebih baik dibanding orang lain. Kemudian ada Jun-wan, ahli bedah yang luar biasa namun menyedihkan. Jeong-won selalu sopan dan peduli dengan orang lain di tempat kerja, tetapi berkarakter aneh.

Drama ini ingin menampilkan cerita yang ringan dan benar-benar dekat dengan kehidupan sehari-hari penonton.

10. The King : Ethernal Monarch

Drama ini merupakan salah satu comeback baru penulis Kim Eun-sook yang sebelumnya telah sukses dengan berbagai drama keren dengan rating tinggi seperti Descendant of The Sun, Goblin, dan Mr. Sunshine.

The King : Ethernal Monarch menceritakan tentang seorang iblis yang datang ke dunia manusia dengan maksud untuk membuka pintu ke dunia paralel. Akan tetapi, hal ini ditentang oleh Kaisar Korea Lee Gon (Lee Min-Ho).

Oleh karena itu, Kaisar mencoba untuk menutup pintu ke dunia paralel dibantu dengan Detektif Korea Selatan Jung Tae-Eul (Kim Go-Eun) untuk melindungi kehidupan orang-orang yang dia cintai.

11. Hyena

Hyena menceritakan dua pengacara yaitu Yoon Hee-jae dan Jung Gem-ja. Mereka bekerja bagi kalangan kelas atas yang terdiri dari para petinggi Korea Selatan.

Yoon Hee-jae merupakan pengacara elit, yang cerdas dan percaya diri dalam pekerjaannya. Sementara itu, Jung Geum-ja merupakan pengacara yang mengandalkan segala cara untuk meraih banyak uang.

Jung Geum-ja memenangkan kasusnya menggunakan segala cara yang diperlukan, tidak peduli seberapa jahat tindakan yang dilakukannya itu. Keduanya sangat berbeda satu sama lain, akan tetapi mereka kemudian berubah menjadi “hyena” untuk melayani klien kelas atas mereka.

12. My Holo Love

Holo adalah kecerdasan buatan hologram canggih, yang dapat dilihat dengan menggunakan kacamata khusus. Ia merupakan teman yang sempurna, cerdas, baik, dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan pemiliknya. Ia juga memiliki penampilan yang sama dengan sang penciptanya, Nando, yang jenius tapi menyebalkan.

Baca juga:  Bentuk Sederhana Dari Akar Matematika dan Cara Mendapatkannya

Untuk melihat Holo, maka seorang manusia harus mengenakan kacamata hologram. Suatu waktu, Holo menyelipkan kacamatanya pada So-Yeon, seorang pekerja karir yang ramah. Hal ini bertujuan supaya kacamata tersebut tidak jatuh di tangan yang salah.

13. Kingdom Season 2

Serial drama Kingdom season 2 merupakan kelanjutan dari serial sebelumnya, kingdom season 1. Drama ini dibintangi oleh Ju Ji-hoon, Ryu Seung-ryong, dan Bae Doona.

Drama ini menceritakan mengenai kisah suatu kerajaan. Ketika wabah misterius mengubah Joseon menjadi kacau, rencana jahat dari keluarga Cho untuk mengambil alih kerajaan semakin kuat.

Dalam upaya putus asa untuk menyelamatkan orang-orang dari serangan zombi, putra mahkota terlibat dalam pertempuran berdarah untuk memerangi mereka yang hidup dan menghentikan serangan warga yang sudah mati.

14. When Weather is Fine

Drama korea satu ini menceritakan mengenai Hye Won (Park Min Young), seorang wanita biasa yang baik. Masa kecil Hye Won telah membuatnya terluka secara emosional sehingga membuat dirinya tidak mudah mempercayai orang lain dan menutup hatinya.

Pada suatu hari, Hye Won muak dan bosan dengan kehidupannya di Seoul sehingga memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Desa Bookhyun. Disa Desa tersebut, Hyw Won bertemu dengan Eun Sob (Seo Kang-Joon), seorang pria yang menjalankan toko buku “Goodnight Bookstore”.

15. A Piece of Your Mind

Jika kamu mencari rekomendasi drama korea romantis terbaik, A Piece of Your Mind bisa menjadi salah satu alternatif kamu.

Drama ini menceritakan kehidupan Ha Won (Jung Hae In) dan Han Se Woo (Chae Soo Bin). Ha Won merupakan seorang programmer AI yang konsisten dan baik hati. Sebagai seorang founder dari situs portal M&H, ia menjadi sosok pria yang sukses.

Berkebalikan dengan Ha Won, Seo Woo mempunyai kehidupan yang tidak menentu. Ia bekerja sebagai enginer untuk produksi rekaman klasik. Hidup dalam kesendirian tanpa keluarga dan rumah membuat Seo Woo selalu melihat sesuatu dalam hal positif.

16. Meo The Secret Boy

Drama Mow The Secret Boy merupakan serial yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama. Drama bergenre komedi, romantis dan fantasi ini diperankan oleh L Infinite dan Shin He Sun.

Serial satu ini menceritakan mengenai seekor kucing yang bertransformasi menjadi manusia. L berperan sebagai Hong Jo yang menjalani kehidupan dengan manusia sebagai manusia dan kucing.

16. Find Me On Your Memory

Memadukan genre drama, fantasy, dan romance, Find Me in Your Memory bisa menjadi alternatif pilihan buat kamu yang lagi mencari drama korea terbaru 2020.

Drama ini mengisahkan mengenai dua orang dengan beda takdir. Lee Jung Hoon (Kim Down Wook) merupakan pembaca berita ternama di Korea. Dia mengidap hyperthymesia dimana hal tersebut membuat penderitanya dapat mengingat sebuah kejadian dengan setail.

Di lain sisi, Yeo Ha Jin (Moon Ga Young) merupakan seorang aktris yang mengidap kondisi langka dimana dirinya sering melupakan momen dan kenangan terpenting dimasa lalunya.

17. Nobody Knows

Drama Korea terbaru lainnya yang bagus kamu tonton adalah Nobody Knows. Diarahkan oleh sutradara Lee Jung Heum, drama bergenre thriller ini mengisahkan mengenai seorang detektif polisi Cha Young Jin (Kim Se Hyung) yang telah kehilangan sahabatnya saat masih muda karena tragedi pembunuhan berantai.

Setelah 19 tahun berlalu, sosok pembunuh yang telah membuuh temannya muncul kembali sehingga membuat Young Jin bertekad untuk menangkapnya dengan tangannya sendiri sebagai seorang detektif.

18. Once Again

Drama korea selalu memberikan hal terbaik dalam genre drama. Drama satu ini menceritakan mengenai kehidupan pasangan Song Young Dal (Cheon Ho Jin) dan Jang Ok Boon (Cha Hwa Yeon). Mereka telah dikaruniai empat orang anak.

Namun, nasib malang menimpa ketiga anaknya yang telah menikah. Mereka sayangnya harus bercerai dengan pasangan mereka masing-masing dan akhirnya kembali hidup bersama kedua orang tua mereka.

Di lain sisi, anak bungsu yang belum menikah, Dae Hee, berusaha untuk melamar pekerjaan dan magang di berbagai perusahaan.

Drama ini sukses mencetak rating tinggi karena cerita yang disajikan cukup menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.


Demikian beberapa ulasan sinopsis drama korea terbaik dan terbaru (2020) yang seru untuk menemani kamu yang #dirumahaja.


About Rizka Zakiya 106 Articles
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*