Doa Sesudah Makan: Tulisan Arab, Latin dan Artinya [LENGKAP]

doa sesudah makan
Ilustrasi oleh dribbble.com

Doa sesudah makan berbunyi: Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin, yang berarti segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan selengkapnya dalam artikel ini.

Makan merupakan suatu bentuk kegiatan yang mendasari pokok kebutuhan bagi manusia, seperti halnya kita butuh tidur untuk istirahat dan kita butuh makan untuk menjaga dayan tahan tubuh kita agar asupan gizi tetap tercukupi dll.

Apabila seseorang telah usai menikmati hidangan yang lezat dari makanan tersebut, hendaklah ia berdoa kepada Allah SWT. Apa doanya ? Berikut ulasan mengenai bacaan doa sesudah makan.

Bacaan Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.(HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

doa sesudah makan

Keutamaan Membaca Doa Sesudah Makan

Dan alangkah baiknya jika sesudah makan kita selalu berdoa kepada Allah SWT. Supaya makanan kita menjadi berkah tersendiri bagi kita yang memakannya.

Selain wujud syukur kepada Allah SWT, ada beberapa keutamaan ketika kita membaca doa sesudah makan. Apa saja keutamaanya? Berikut penjelasannya :

1.  Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh Rodhiyallahu’anhu mengatakan bahwa Rasulluah SAW ketika hendak minum, beliau akan melakukan nafas yang berbeda.

Jika gelas minumnya didekatkan dibibirnya, maka beliau akan mengucapkan nama Allah SWT. Setelah itu selesai, beliau juga bertahmid dengan memuji Allah SWT.

2.  Menjaga Kesehatan Tubuh

Dr. Masaru Emoto mengatakan bahwa sebaik-baiknya makanan dan minuman adalah yang sudah dibacakan dengan doa. Beliau juga mengatakan bahwa makanan dan minuman yang dibacakan doa dapat mempengaruhi perilaku orang agar menjadi lebih baik.

Baca juga:  Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan (Lengkap): Bacaan, Arti, dan Penjelasan

Selain itu, dapat meningkatkan kesehatan manusia, terbukti dalam sebuah penelitiannya di negeri Sakura, Jepang yang menyatakan bahwa setiap makanan dan minuman yang dibaca dengan doa.

Makanan tersebut akan mengalami perubahan molekul secara signifikan. Susunan molekul itulah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

3.  Menambah Berkah

Sudah sangat jelas, bahwa makanan dan minuman yang kita bacakan dengan doa akan menambah keberkahan kepada kita karena doa merupakan wujud syukur kepada Allah SWT.

Sehingga dengan kita bersyukur, maka nikmat yang kita terima akan ditambah berlipat ganda oleh Allah SWT, serta keberkahan akan menyertai kita.


Itulah beberapa ulasan artikel mengenai doa sesudah makan beserta bacaan dan keutamaanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa amalkan doa sesudah makan agar kebaikan selalu menyertai kita.

Alumni Pondok Pesantren Al-Fatimah Bojonegoro. Senang menulis topik keislaman.

Be the first to comment

Leave a Reply