Doa Berpakaian : Tulisan Arab, Latin dan Artinya + Manfaatnya

doa berpakaian
Ilustrasi oleh dribbble.com

Doa berpakaian berbunyi : Bismillaahi, Allaahumma Innii As-aluka Min Khairihi Wa Khairi Maa Huwa Lahuu Wa’a’uu Dzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu.

Dalam Islam, saat berpakaian juga dianjurkan untuk diawali dengan membaca doa. Namun sayangnya, tak semua umat Islam mengetahui hal tersebut.

Bahkan masih banyak orang yang tidak mengetahui doa apa yang hendaknya dibaca saat berpakaian.

Doa berpakaian  : Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Doa saat mengenakan pakaian berbunyi sebagai berikut:

Doa berpakaian

Bismillaahi, Allaahumma Innii As-aluka Min Khairihi Wa Khairi Maa Huwa Lahuu Wa’a’uu Dzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu.

Artinya : ” Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau yang telah memakaikan pakaian itu kepadaku, aku meminta kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya (pakaian) dan kebaikan apa saja yang ia dibuat untuknya. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa saja yang ia dibuat untuknya.“ (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Hakim).

Manfaat berdoa dalam berpakaian

Tak hanya sebagai adab saat berpakaian, ternyata berdoa saat mengenakan pakaian juga memiliki beberapa manfaat bagi umat Islam yakni :

1. Menunjukkan rasa syukur atas rezeki yang Allah SWT berikan.

Bersyukur sesungguhnya merupakan jalan pintas yang dapat ditempuh setiap hamba Allah untuk mendekatkan diri pada-Nya.

Bersyukur juga merupakan cara cepat untuk meraih kecintaan Allah. Karena bersyukur merupakan ibadah yang cepat mengundang turunnya kasih sayang Allah SWT dan memperoleh tambahan nikmat yang berlipat ganda sebagaimana firman-NYA:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7)

2. Membuat seseorang terlindung dari kejahatan yang ada pada pakaian tersebut.

Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu As Sunni menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW apabila mengenakan pakaian gamis, selendang, atau sorban makan akan berdoa :

“Allahumma inny asaluka min khoirihi wa khoiri ma huwa lahu, waaudzubika min syarrihi wa s syari mas huwa lahu”

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikan pada-Mu akan kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang berkaitan dengannya, aku berlindung kepadamu dari kejahatannya dan kejahatan yang diakibatkannya.

Baca juga:  Doa Setelah Belajar : Bacaan Arab, Latin dan Artinya

3. Membuat dosa dosa seseorang di masa lampau terampuni.

Disebutkan dalam kitab al-Adzkar, dari Mu’adz bin Anas, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barang siapa yang mengenakan pakaian baru lalu membaca, ‘Alhamdulillahilladzi kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin. Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah memberi pakaian ini kepadaku dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku), (maka) Allah Ta’ala mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Ibnu as-Sani).

Oleh karena itu,  kita sebagai orang muslim sudah seharusnya memperhatikan kelayakan pakaian yang kita kenakan serta adab ketika berpakaian yakni berdoa ketika hendak berpakaian.

Sehingga keutamaan atau kemanfaatan yang kita dapatkan dengan membaca doa berpakaian akan kita peroleh, insya allah kehidupan kita akan menjadi berkah.

About Amilinda Harin Permata Sari 21 Articles
Alumni Pondok Pesantren Al-Fatimah Bojonegoro. Senang menulis topik keislaman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*