15 Contoh Artikel Ilmiah Berbagai Bidang beserta Struktur dan Penulisannya

contoh artikel ilmiah
ilustrasi oleh dribbble.com

Contoh artikel ilmiah memiliki berbagai kategori bidang, dimana hal ini tentu tidak asing lagi bagi civitas academia seperti dosen, mahasiswa dan staf peneliti.

Artikel ilmiah diperoleh dari hasil dari kajian ilmiah atau penelitian tertentu yang sudah pernah dilakukan.


Artikel ini dibuat bertujuan untuk menambah wawasan pembaca dan menjadi sumber informasi terkait peneliaitan atau hasil kajian yang sudah dilakukan.

Pengertian Artikel Ilmiah

contoh artikel ilmiah
bolehkah.com

Artikel ilmiah adalah salah satu karya tulis yang biasanya berupa artikel ulasan atau artikel penelitian yang diperoleh dari hasil penelitian dan ditulis ulang yang bertujuan untuk dipublikasikan kedalam jurnal.

Artikel ilmiah biasanya dimuat dalam jurnal-jurnal ilmiah dengan ciri khas penyajian yang tidak panjang, namun tidak mengurangi nilai ilmiahnya.

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah

Berikut adalah beberapa ciri-ciri artikel ilmiah:

  1. Strukur yang tersusun didalamnya terdiri dari bagian awal, isi (pokok pembahasan) dan penutup.
  2. Komponen dan subtasinya bervariasi bergantung pada jenisnya, didalamnya harus tersusun dari pendahuluan, pembahasan, penutup dan daftar  pustaka.
  3. Cara penulisanya bersifat objektif dengan gaya bahasa impersonal dan tidak menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.
  4. Menggunakan bahasa yang baku dan tersusun dari kalimat-kalimat yang efektif.

Tujuan dan Fungsi Artikel lmiah

Adapun beberapa fungsi artikel ilmiah yaitu digunakan sebagai sarana rujukan atau referensi, kemudian sebegai sumber wawasan dan juga sarana untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan.

Hasil karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ataupun majalah ilmiah memiliki kelebihan dibandingkan dengan laporan teknis biasa karena dari sisi kredibilitasnya jurnal lebih dipercaya.

Adapun tujuan pembuatan artikel ilmiah diantaranya:

  • Menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk artikel ilmiah
  • Memenuhi tugas dalam studi
  • Mendiskusikan ide dalam suatu pertemuan
  • Untuk mengikuti perlombaan
  • Sarana menyebarluaskan ilmu pengetahuan.

Struktur Artikel Ilmiah

Pada umumnya struktur penulisan artikel ilmiah tidaklah jauh berbeda satu sama lain. Hanya saja penulis artikel harus menyesuaikan sistematikanya apabila ingin dipublikasikan atau ingin diterima suatu penerbit jurnal.

Berikut adalah urutan sistematika artikel ilmiah:

  • Judul

Judul artikel ilmiah berisi gambaran keseluruhan sebuah artikel.

  • Abstrak atau ringkasan

Abstrak berisi ringkasan dari tujuan, metode penelitian, hasil dan kesimpulan

  • Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan tinjauan pustaka.

  • Metode Penelitian

Metode penelitian memuat bagaimana cara melaksanakan penelitian, alat dan bahan yang digunaka, pengumpulan data dan teknik analisi data.

  • Hasil Penelitian

Hasil penelitian berisi mengenai pembahasan dari hasil-hasil yang diuraikan secara ilmiah dan relevan dengan masalah yang diangkat.

  • Kesimpulan dan saran

Kesimpulan berisi tentang pernyataan singkat dari hasil penelitian yang kemudian menjawab apa tujuan dari penelitian tersebut.

  • Daftar Pustaka

Bagian yang berisi referensi atau sumber pustaka yang digunakan dalam artikel ilmihah.

Contoh Artikel Ilmiah

Berikut adalah kumpulan contoh artikel ilmiah yang sudah kami himpun dari berbagai sumber:

Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Setiap orang sudah pasti kenal dengan makanan cepat saji bernama mie instan Kecuali mudah diperoleh, variasi makanan yang satu ini juga mempunyai rasa yang sedap.Hanya saja, dibalik sifat praktis dan rasanya yang sangat sedap, mie instan juga mempunyai sejumlah resiko.

Menurut sejumlah hasil penelitian, Terlalu kerap mengonsumsi mie instan dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker, ginjal dan usus buntu. Pada beberapa kasus orang yang mengkonsumsi mie instan berlebihan juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Sekiranya Anda umumnya mengonsumsi mie instan tiap-tiap hari, mulailah untuk menguranginya dengan tenggang waktu 2hingga 3 hari dan lakukan sampai Anda terbebas dari mie instan sama sekali. Menurut penelitian rupanya didalam mie instan terdapat kandungan lilin yang sangat membahayakan bagi kesehatan manusia.

Mie instan mengandung kandungan lilin yang berguna untuk membuat mie tak lengket satu dengan lainnya. Dengan seringnya kita mengonsumsi mie instan berarti kita juga sudah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita.

Dengan seringnya kita mengonsumsi mie instan berarti kita juga sudah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Kandungan lilin tersebut akan merusak metode kerja pencernaan dalam tubuh karena baru dapat dicerna oleh tubuh dalam waktu minimal 2 hari.

Pembahasan:

Disamping kandungan zat lilin, di dalam mie instan juga terdapat natrium yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag. Dan jika kiranya dikonsumsi berlebihan dalam waktu yang cukup lama, kandungan natrium ini tentu secara signifikan dapat memunculkan penyakit di atas.

Dan kiranya hal ini didasari oleh karena kandungan natrium yang bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung Anda akan mensekreasi asam dalam jumlah yang banyak supaya dapat mencerna makanan. Mie instan juga rupanya memiliki kandungan zat lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti MSG dan penambah rasa.

Sekiranya Anda masih mau mengonsumsi mie instan namun mau tetap sehat Anda semestinya melaksanakannya cocok rekomendasi penyajian, dan jangan memasak bumbu mie instan secara bersamaan mienya, karena jika bumbu mie instan anda masak di atas suhu 120 derajat celcius dapat memicu terjadinya sel kanker.

Contoh Artikel Ilmiah Pendidikan

Pendidikan Sangat Berpengaruh Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup Suku Anak Dalam

Abstrak

Sebuah tulisan sangat penting bagi setiap makhluk hidup di dunia salah satunya yaitu kita sebagai manusia. Karena manusia sebagai makhluk hidup yang memiliki nalar dan pikiran untuk meningkatkan kesejahteraan manusia itu sendiri. Tulisan dapat mensupport kehidupan seseorang maupun kategori orang.

Di dalam sebuah pemikiran secara universal suatu pendidikan dan pengajaran terhadap setiap manusia sangat penting tidak terkecuali bagi suku anak dalam. Suku anak dalam sangatlah membutuhkan pengajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya dalam menjalani kehidupan.

Terkait pembelajaran tentang analisis data yang dilakukan secara literatur ditemukan sebagai persoalan mengenai minimnya pengajaran di tingkat suku anak dalam.

Dari hasil analisis tersebut di harapkan supaya pemerintah dapat menciptakan pengajaran yang mengarah terhadap pengaplikasian pengajaran di daerah pelosok suku anak dalam.

Pendahuluan

Negara Indonesia sangat kaya dengan tradisi dan banyak sekali etnik memiliki kebiasaan dalam berbagai kehidupan sehari-hari. Para suku di Indonesia bertempat tinggal dipelosok-pelosok dan terpinggirkan dari kehidupan kota modern. Mereka hidup di antara rerimbunan pohon-pohon besar, Sehingga mereka kerap disebut Orang Rimba.

Baca juga:  Mikrometer : Cara Menggunakan, Membaca, dan Contoh Soalnya

Disamping itu juga para etnik suku-suku memiliki kebiasaan leluhur yang sangat banyak dan unik. Mereka juga mempunyai sebagian keterbatasan salah satunya pengajaran yang minim.

Kurangnya penerapan dan pengaplikasian pengajaran di pelosok ini memungkinkan terjadinya kesenjangan pengajaran sehingga memunculkan tertinggalnya Orang Rimba dalam dunia pengajaran.

Karya Tulisan adalah salah satu komponen dari hak asasi manusia yang semestinya terpenuhi. Selain menjadi komponen dari hak asasi manusia, pengajaran juga yaitu salah satu elemen penting dimana suatu kesuksesan dan kemajuan Negara di ukur oleh seperti apa pengajaran di Negara tersebut

Oleh karena itu tiap-tiap warga negara Indonesia mempunyai hak untuk memperoleh kans belajar sebaik-baiknya dengan didorong oleh sarana dan prasarana yang cocok. Sehingga dimanapun mereka berada semestinya dapat dijangkau oleh fasilitas pengajaran yang cocok sebagai hak-hak asasi bagi mereka.

Tulisan yaitu pengetahuan yang semestinya dimiliki oleh tiap-tiap orang karena, pengajaran yaitu modal utama manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Sebuah Karya Tulisan juga dapat memberikan kesejahteraan bagi manusia dalam segi kehidupan saat ini maupun masa depannya.

Selain itu juga kehidupan suku anak dalam bertumpu pada banyak hal. Salah satunya yaitu pendidikan dan pengajaran yang cocok di dapatkan seperti apa yang manusia lain umumnya dapatkan.

Tujuan

Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk menggunakan, mengoptimalkan, dan memperkenalkan seputar dunia pengajaran dikalangan pelosok suku pedalaman. Kecuali, pengajaran sangat penting untuk mereka di masa kini dan dimasa yang akan datang, pengajaran mempunyai sifatnya kongkret dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping itu dengan berkembangnya dunia pengajaran di kalangan suku anak dalam, mereka dapat meminimalisir degredasi ekosistem di hutan dengan bekal pelajaran yang diberi.

Mengajak segala warga masyarakat untuk mempunyai bekal pengajaran yang cocok sehingga segala mayarakat dapat menjaga hidup dan hidup sejahtera terbebas dari kesenjangan pengajaran yang memunculkan kesenjangan hidup.

Metode Literatur

Didalam melakukan analisis terkait persoalan artikel ilmiah, penulis menggunakan metode literatur. Penulis menggunakan beraneka variasi sumber pustaka dan data sensus internet yang membeberkan seputar minimnya pengajaran di pelosok-pelosok terpenting suku anak dalam.

Untuk memperoleh data/isu penulis mengolah data dari beraneka variasi sumber isu iternet. Berbagai macam variasi dan sumber rujukan yang tersedia menciptakan penulisan artikel ilmiah ini berjalan dengan baik.

Pembahasan

Negara Indonesia merupakan negara dengan ribuan suku bangsa, dimana masing-masing daerah saling memberi pengaruh dan diberi pengaruh oleh kebu dayaan daerah lain atau kebudayaan yang berasal dari luar. Salah satu kebudayaan tersebut yaitu Suku Anak Dalam yang bertempat tinggal didaerah Jambi dan Sumatera Selatan.

Suku Anak Dalam belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia karena sudah sangat langka. Mereka tinggal di daerah terpencil yang jauh dari jangkauan orang, mereka sering disebut sebagai Orang Rimba.

Menurut kebiasaan verbal suku Pendidikan Dalam yaitu orang Malau sesat yang lari ke hutan rimba disekitar Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duapuluh. Mereka kemudian dinamakan Moyang Segayo.

Buah kemasyarakatan mereka , hidup mereka secara nomaden atau tak menetap dan mendasarkan hidupnya pada berburu dan meramu, sedangkan diantara mereka sudah banyak yang sudah mempunyai lahan karet maupun pertanian lanilla.

Contoh Artikel Ilmiah Penelitian

Abstrak

Dengan melakukan peramalan, sebuah perusahaan akan mengetahui besaran permintaan (Demand) dimasa yang akan datang. Dengan demikian perencanaan dan strategi marketing akan lebih mudah dilakukan. Sebab dalam perusahaan penjualan atau jasa dikatakan sukses apabila marketing berjalan dengan baik .

Akan tetapi tidak ada model peramalan yang benar-benar akurat. Maka untuk mengantisifasi kesalahan peramalan, diperlukan berbandingan metode yang digunakan.

Dalam paper ini di paparkan perbandingan metode peramalan dengan dua parameter yaitu Tingkat akurasi dengan menghitung MAD, MSE, MAPE dan algoritma dengan mengukur waktu eksekusi.

Perbandingan dilakukan dengan cara membuat aplikasi yang mengimplementasikan model peramalan. Sehingga diketahui model peramalan yang dapat digunakan untuk meramalkan penjualan mobil.

Model peramalan yang akan dibandingkan adalah Double Exsponential Smoothing dengan Brown’s model, Simple Regression Linier dan Moving Average.

Hasil dari perbandingan Moving Average unggul dengan nilai MAPE 15,13% sedangkan untuk DES dan Simple Regression Linier adalah 19,60% dan 6,60%. Sedangkan untuk waktu eksekusi algoritma Moving Average lebih cepat yaitu 0,0000007868 sedangkan untuk DES dan Simple Regression Linier 0.0000056386 dan 0.0000046611.

Contoh Artikel Ilmiah Tema Pendidikan

Bahaya Internet Bagi Remaja

BAB I. Pendahuluan

1. Latar belakang faktor masalah

Internet saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama didunia remaja. internet memang sangat membantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan.

Akan tetapi ternyata internet pun tidak terlepas dari hal-hal yang negatif yang berdampak buruk. Apalagi usia remaja merupakan saat labil-abilnya, sehingga masih sering terseret arus. untukitu penelitian mengenai bahaya internet agi remaja penting untuk dilakukan.

2. Rumusan masalah

Bagaimana bahaya internet untuk remaja?3. Tujuan penelitianDapat menjelaskan bahaya internet untuk remaja.

BAB II. Pembahasan

Di kalangan remaja saat ini internet nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok. Akan tetapi tidak semua remaja memanfaatkan internet dengan baik dan benar. Ada banyak remaja yang salah menggunakan internet sehingga berdampak buruk bagi dirinya dan lingkungannya.

Berdasarkan riset yang mendalam terdapat beberapa bahaya dari salah penggunaan internet di kalangan remaja, yaitu sebagai berikut:

  • Perilaku bullying melalui media sosial
  • mudahnya mengakses konten pornografi yang berakibat perilaku kejahatan seksual
  • Maraknya kasus penculikan di kalangan remaja setelah berkenalan melalui media sosial.

BAB III. Penutup

Kesimpulan Internet memang sangat membantu dalam kehidupan, akan tetapi ia tetap mempunyai kekurangan. Oleh karena itu orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengawasi anak-anaknya. Sehingga para remaja dapat membentangi siri dari hal-hal negatif dalam penggunaan internet.

Contoh Artikel Ilmiah Sitem Informasi

Judul

Cara membuat database melalui visual basic 2010

Abstrak

Database sekarang tentu sangat berpengaruh dalam sistem informasi, dengan kemajuan teknologi semua tipe software juga terbarui, jadi pada kesempatan ini akan dibahas bagaimana cara membuat database menggunakan visual basic 2010 dari langkah pertama sampai dengan langkah terakhir.

Baca juga:  Tulang Rusuk Anatomi, Fungsi beserta Gambarnya [LENGKAP]

Pendahuluan

Segala puja dan puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT sebagaimana atas limpahan rahmat dan karunianya kita bisa sampai pada titik ini dengan keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan kali ini tentunya akan dibahas bagaimana cara mendesain database menggunakan visual basic 2010 dengan syarat tetunya perangkat PC anda telah menginstal software visual basic 2010.

Dan tentunya tulisan ini tidak lepas dari kesalahan penulis, maka dari itu kami sangat membutuhkan saran dan kritik membangun dari tulisan ini untuk membantu memperbaiki tulisan ini.

Pembahasan

  • Pertama kita akan membuka software database yaitu visual basic 2010
  • Dari fitur vew pilih other windows dan lanjut database explorer (ctrl+alt+s)
  • Seletah diakses akan muncul tampilan database explorer
  • Pilih fitur connection lalu klik kanan dan pilih add connection
  • Pilih Microsoft SQL Database lalu continue
  • Pada sub nama isikan nama database
  • Pilih add table, lalu isilah table tersebut dengan beberapa filed
  • Selanjutnya isi filed tersebut dan tentukan Primary key dan Foreign key.
  • Setelahnya klik file dan new project, pilih windows form aplication
  • Maka akan keluar tampilan untuk kalian mengisi database
  • Pilih fitur data dan show data source
  • Pilih jendela keluar lalu dataset lalu klik next
  • Tandai tabel yang telah dibuat sebelumnya tadi
  • Tarik table masuk ke form satu
  • Klik datagridview pada menu popup, lalu klik table dan pilih button pada popup
  • Silakan isikan beberapa code atau sub karakter yang kalian inginkan
  • Untuk melihatnya kalian bisa tekan F5

Hasil

Kita dapat mengisi sebuah form kosong yang telah kita susun filednya.

Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan

Judul

PENGETAHUAN, SIKAP DAN AKTIVITAS REMAJA DALAM KESEHATAN REPRODUKSI

Abstrak

Bagaimana remaja menyikapi kesehatan reproduksi ditengah maraknya pergualan bebas dikalangan remaja yang tentunya berdampak pada kesehatan dan masa depan remaja itu sendiri. Sangat disayangkan apabila masa depan seorang remaja akan rusak karena pergaulan bebas dimasa remaja.

Pendahuluan

HIV merupakan penyakit yang memiliki nilai kemungkinan yang besar untuk didapat oleh akibat pergaulan bebas, tentu ini tidak dapat disepelekan oleh para remaja yang telah terjerumus pada pergaulan bebas, dan bagaimana cara memberhentikan ini semua. Tentunya pada jurnal ini akan kita bahas secara rinci.

Pembahasan

Mulailah dengan memberikan pengertian mengenai buruknya dampak dari pergaulan bebas, dengan begitu tentu remaja akan memiliki ketakutan akan dampak dari pergaulan bebas tersebut.

Dapat juga dengan memberikan berbagai aktivitas pada remaja untuk melakukan hal positif dengan tujuan mengurangi kesempatan remaja untuk bermain secara bebas dan lupa waktu, mengajak remaja untuk lebih produktif dalam menjalani kehidupan sehingga memiliki kehidupan yang lebih sehat dan bermakna

Hasil

Remaja mengerti akan buruknya pergaulan bebas dan mendapat solusi untuk menghindari pergaulan bebas tersebut.

Artikel Ilmiah Cara Mengajar Efektif

Judul

Cara Mengajar Efektif

Abstrak

Dalam pembelajaran tentunya pelajar menginginkan sistem belajar yang tidak monoton untuk menghilangkan rasa bosan, untuk itu terdapat beberapa masalah yang dialami peajar dan seharusnya pengajar dapat mengatasi hal tersebut.

Pembahasan

Dalam satu kelas terdapat berpuluh pelajar dengan satu pengajar, setiap pelajar tentu memiliki kapasitas sejalan dengan apa yang dijelaskan oleh pengajar berbeda beda, yang sekarang terjadi berpuluh pelajar dalam satu kelas ini harus disamakan dan mengerti dengan satu kali penjelasan.

Harusnya kita menyadari keterampilan saja tuhan ciptakan kita mempunyai keterampilan yang berbeda dengan itu tidak menutup kemungkinan dalam satu kelas tidak semuanya akan mengerti dan paham akan materi yang dijelaskan dalam satu kali penjabaran.

Belum lagi pelajar ditekankan untuk menguasai semua mata pelajaran, dengan jam belajar yang hampir setengah hari dilakukan disekolah masih dibebani dengan tugas yang tak kalah menumpuknya dirumah, dengan membuat pelajar stres kurang produktif untuk mencetuskan anak bangsa yang baik.

Solusinya akan lebih baik sistemnya diubah beri waktu untuk anak memahi apa yang sedang ia pelajari jangan terkesan mendesak. Dan akan lebih baik lagi jika sistem pendidikan ini berdasarkan minat dan bakat tentu setiap pelajar tak akan merasa salah jurusan dan berbagai alasan lainnya

Hasil

Menerapkan ppendidikan minat dan bakat serta memberikan waktu pelajar untuk memahami apa yang sedang mereka hadapi

Contoh Artikel Ilmiah Manajemen

Judul

Analisis Biaya Untuk Botol Plastik di Industri Manufaktur

Pendahuluan

Bagaimana menentukan harga pokok dan biaya yang harus kita tanggung, Bagaimana mengendalikan biaya dan bagaimana untuk memberikan tanggapan khusus.

Pembahasan

Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jumlah botol yang digunakan tanpa kurang dan lebih sehingga dapat menentukan biaya terperinci.

Belum lagi jika ada tambahan biaya yang tak terduga semua itu harus kita handle sesuai dengan tata manajemen yang baik sehingga menghasilkan analisis biaya yang baik

Contoh Artikel Ilmiah Ekonomi

Judul

Bagaimana Menghasilkan Uang Bagi Para Pelajar

Pendahuluan

Kalangan pelajar tentu telah menggunakan smartphone canggih sekarang ini, namun sangat disayangkan jika internet mereka hanya digunakan untuk update status dan bagaimana mereka mengikuti apa yang sedang viral mendadak terkadang kurang mendidik.

Pembahasan

Pelajar harusnya jeli terhadap apa yang sekarang ada didepan mata mereka, mereka bisa menghasilkan uang tambahan untuk jajan mereka dengan berbagai peluang disosial media, seperti jualan online telah banyak sekali tersedia laman yang dapat kita gunakan untuk berjualan.

Yang bisa memasak hanya dengan modal foto hasil masakan mereka bisa menjualnya secara online dan yang lebih berpeluang lagi berjualan kuota internet karena para pelajar sangat membutuhkan kuota, dan masih banyak lagi yang bisa diterapkan untuk membangun usaha dengan modal smartphone

Hasil

Pelajar yang berpenghasilan dan belajar mengatur perekonomian.

Demikian penjelasan mengenai contoh artikel ilmiah lengkap beserta struktur dan penulisannya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • kozio.com
  • penerbitdeepublish.com
  • guratgarut.com
  • dosenpintar.com

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.