Artikel Adalah – Penjelasan Konsep dan Jenisnya [Lengkap]

artikel adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Artikel adalah tulisan lengkap yang disusun untuk tujuan tertentu dengan model kepenulisan tertentu pula. Mengandung informasi, ajakan, dan sebagainya tergantung maksud penulisnya.

Kamu dapat menemui berbagai jenis artikel di web, mulai dari pengetahuan hingga periklanan.

Artikel dalam Konteks Penulisan Ilmiah

Sedangkan untuk ranah ilmiah, artikel meliputi kesimpulan hasil penelitian.

Misalnya artikel dari skripsi atau tugas akhir lainnya. Sistematika artikel adalah susunan yang digunakan dan disepakati secara umum oleh pembuatnya.

  1. Judul;
  2. Nama dan gelar;
  3. Abstrak;
  4. Kata kunci;
  5. Tinjauan pustaka berisi teori yang digunakan;
  6. Hasil penelitian;
  7. Pembahasan;
  8. Kesimpulan;
  9. Daftar pustaka.

Dalam pengerjaan artikel ilmiah, kamu akan diberi struktur artikel dari dosen. Kalau bebas, gunakan struktur di atas.

artikel adalah

Jenis-Jenis Artikel Bebas

Nah, untuk artikel yang ditulis secara bebas siapa pun bisa melakukannya. Artikel adalah salah satu jalan mencapai tujuan, misalnya pemasaran.

Jenis dari artikel bebas ini beragam, kamu bisa mengetahui maksud dengan menarik benang merah setiap artikel yang ditemui.

1. Artikel Persuasi

Jenis artikel bebas persuasi menggunakan untaian kalimat persuasif. Merupakan artikel yang paling banyak tersebar di internet, deskripsi produk, dan sebagainya.

Intinya, tujuan kalimat persuasif dalam artikel adalah untuk mempengaruhi dan mengajak pembaca menggunakan sesuatu yang diiklankan.

Kamu tidak salah, penggunaan artikel persuasi legal dan diperbolehkan. Biasanya ditandai dengan bahasa yang menggebu, hiperbola, memasang kelebihan dan risiko kalau kamu tidak menggunakannya. Jika perlu, dalam artikel persuasi akan ditambahkan data-data yang relevan.

Contoh kalimat artikel persuasi:

Produk pemutih kulit XXX telah dipercaya sejak 1990. Digunakan oleh semua wanita seperti Artis A, Artis B, hingga Artis C. Meski digunakan oleh kalangan artis, harga tetap merakyat dan produk bisa ditemukan di mana saja.

Kulit yang sehat dan putih adalah kebanggaan bagi setiap perempuan! Jangan memakai pemutih yang sembarangan karena sangat berisiko untuk kulit cantik Anda!

2.      Artikel Deskripsi

Jenis artikel deskripsi mengandung penjelasan berupa latar; baik tempat maupun suasana. Bertujuan memberi gambaran yang jelas kepada pembaca artikel tersebut.

Baca juga:  Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami, Agar Tubuh Ideal

Contoh artikel deskripsi:

Perempatan lampu merah Kota pukul 16.00 mulai ramai. Dari sisi utara dan selatan didominasi roda empat, sedangkan timur dan barat menjadi jalur utama truk pasir lewat. Tak ayal aspal di jalur timur dan barat banyak yang rusak.

3. Artikel Eksploratif

Untuk artikel eksploratif, didasari dari data yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian.

Baik penelitian langsung maupun tidak langsung, kemudian ditambah dengan informasi lainnya dari buku maupun jurnal. Contoh dari eksploratif artikel adalah makalah penelitian.

4. Artikel Prediksi

Gaya menulis yang santai, dilatarbelakangi oleh data statistika sebelumnya, adalah ciri dari artikel prediktif.

Tujuan ditulisnya artikel jenis ini adalah untuk memprediksi suatu kejadian yang akan datang.

Contoh dari artikel prediksi di antaranya meliputi: artikel perkiraan cuaca suatu tempat, analisis pergerakan lempeng bumi, artikel aktivitas gunung berapi, hingga perkiraan hasil skor suatu pertandingan sepak bola.

5. Artikel Eksposisi

Eksposisi artikel adalah sebuah penjelas dari maksud dan tujuan tertentu yang mengandung informasi mengenai suatu bidang.

Contoh mudahnya misal bidang pendidikan. Dan tujuannya supaya hal kecil dalam mengajar siswa tidak disepelekan.

Contoh kalimat artikel eksposisi seperti:

Seorang pendidik dalam ranah kependidikan harus memperhatikan semua hal. Tidak terkecuali untuk hal kecil sekalipun. Misalnya ketika mengajar tatap muka dengan peserta didik: tidak jarang para pendidik membelakangi siswa ketika menulis di papan, tidak membuat partisi papan, serta jarang menulis tanggal.

Guna memaksimalkan penyerapan pengetahuan peserta didik, mencapai tujuan pendidikan berdasarkan RPP harian, seorang pendidik mesti memperhatikan hal-hal tersebut di atas.


Banyaknya jenis artikel yang menjadikan setiap tulisan mempunyai struktur, maksud, dan tujuan tertentu. Menggunakan jenis artikel secara tepat, maka jalan mencapai tujuan semakin terbuka lebar.

Baca juga:  20+ Cerita Dongeng Anak Pendek Terbaik Sebelum Tidur

Nah, untuk latihan, informasi yang sedang kamu baca ini masuk dalam jenis artikel adalah yang mana?

About Risma Devi 33 Articles
Sedang menyelesaikan studi di Kota Bandung

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*