Panduan Lengkap Cara Pasang Parabola [TERBARU]

cara pasang parabola
Ilustrasi oleh dribbble.com

Cara pasang parabola harus dilakukan dengan mempertimbangkan hal-hal seperti 1) menentukan merek parabola, 2) menentukan lokasi pemasangan dan selengkapnya dalam artikel ini.

Tidak usah takut ribet, ikuti saja panduan cara pasang parabola di rumah satu ini. Mudah dan cepat, bisa dilakukan sendiri.

Memiliki parabola sendiri di rumah merupakan sebuah keuntungan, terutama apabila rumah kamu terletak di area yang tidak terjangkau sinyal TV biasa. Namun, jumlah orang yang memasang parabola di rumah tidaklah banyak.

Kebanyakan parabola berukuran besar dan susah dipasang, terkadang membutuhkan jasa profesional agar bisa menyuguhkan kualitas sinyal yang memuaskan. Lalu, bisakah kita melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa atau bantuan orang lain? Bisa dong! Penasaran bagaimana cara pasang parabola di rumah? Simak artikel lengkapnya di bawah ini.

Pilih Tipe Parabola yang Tepat

Langkah utama dalam panduan cara pasang parabola di rumah adalah dengan memilih jenis yang tepat untuk rumahmu. Parabola yang terbaik terbuat dendan dish berbentuk solid atau jaring, berukuran sekitar 182 cm.

Parabola solid 182 cm tersebut merupakan jenis umum yang sering dipakai di rumah, karena lebih murah dan barangnya bisa ditemukan di mana saja. Lengkapi parabola tersebut dengan Low Noise Block  (LNB) yang bisa dipilih dati LNB C Band dan LNB KU Band, serta blind scan.

Persiapkan Peralatan Parabola

Sama seperti antena, dalam cara pasang parabola, kita juga pastinya membutuhkan beberapa peralatan pendukung.

Peralatan yang perlu kamu persiapkan adalah obeng untuk merekatkan baut pada LNB, kunci ring pas dengan ukuran 10, 17 dan 19. Serta sebuah kompas untuk menentukan arah mata angin agar LNB sesuai. Alat-alat tersebut bisa kamu temukan di toko material atau elektronik terdekat.

Baca juga:  7 Cara Efektif untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Tentukan Lokasi Penyangga

cara pasang parabola

Langkah berikutnya adalah menentukan tempat tiang penyangga. Pastikan lokasi yang sudah kamu tentukan tidak terlalu tinggi atau rendah, dan berdiri di area bangunan rumahmu sendiri agar tidak merepotkan orang lain.

Selain itu, tiang penyangga harus diletakkan di area yang tidak terhalang oleh pohon, dinding, atau atap rumah. Itulah mengapa ada baiknya memasang parabola di halaman belakang atau depan rumah dengan model cor dan semen.

Waktunya Pasang Dish Parabola

Untuk langkah cara pasang parabola yang satu ini, pastikan semen yang dicor pada pekarangan rumah sudah kering agar tidak merusak dish nantinya.

Pasanglah dish parabola hingga terlihat lurus dan seimbang. Perhatikan area sekitar dish, jangan sampaai terlalu dekat dengan kabel atau sumber listrik lainnya karena menyebabka konslet.

Pastikan Baut Parabola Kencang

cara pasang parabola

Setelah parabola rumah sudah kamu pasang, waktunya memastikan baut yang menahan dish sudah ekncang terutama di bagian pangkal antena. Gunakan peralatan-peralatan yang sebelumnya sudah kita bahas pada nomor 2. Sesuaikan baut dengan nomor kunci ring agar kekencangannya maksimal. Kamu juga harus mengarahkan parabola pada arah yang tepat untuk dapat menangkap channel TV yang diinginkan.

Pasang LNB dan Konektor Parabola ke Receiver

Lanjut ke cara pasang parabola di rumah berikutnya, kini giliran menghubungkan LNB ke konektor receiver. Di sini, kamu akan mengetahui seberapa bagusnya kualitas gambar pada TV atau channel-channel apa saja yang tertangkap oeh receiver parabola.

Jangan lupa juga untuk memasang konektor parabola ke bagian antena lalu kabel receiver ke monitor televisi sebelumnya. Dengan begitu, segala yang ditangkap parabola mulai dari sinyal sampai channel bisa disalurkan ke TV.

Baca juga:  10 Contoh Desain Rumah Minimalis 2 Lantai beserta Gambarnya

Atur Satelit

Apabila ini adalah parabola pertama kamu, lebih baik cukup mencari satu channel saja di awalnya agar tidak ribet. Kamu bisa melihat bagaimana tampilan awal channel pada bagian atas TV, sesuai dengan kekuatan sinyal LNB yang kamu punya. Jika kamu ingin mengecek kekuatan sinyal channel, keterangan tersebut bisa dilihat pada kolom bagian bawah.

Peraturan khusus bagia kamu yang menggunakan LNB C Band, pengaturan harus sesuai dengan aturannya yaitu pada angka 5150, sedangakn untuk LNB standar dan KU Band berada di frekuensi 9750/10600.

Atur Sinyal

Akhirnya, sudah sampai di cara pasang parabola yang terakhir. Kini, kamu hanya tinggal pengatur sinyal dan mengecek tampilan channel pada layar TV.

Kamu bisa mengecek arah mana yang memiliki sinyal terkuat dendan menggerakan parabola ke kanan atau kiri. Agar prosesnya lebih mudah, kamu bisa menggunakan motor penggerak otomatis sehingga tidak usah keluar untuk menggerakkan parabola.

Referensi: 99.co

Be the first to comment

Leave a Reply