Tata Cara Menghitung Luas Tanah dengan Mudah dan Tepat

cara menghitung luas tanah
Ilustrasi oleh dribbble.com

Cara menghitung luas tanah didasarkan pada bentuk area tanah yang akan diukur. Berikut rumus dan teknik mudah dalam mengukur tanah.

Cara menghitung luas tanah memang susah-susah gampang, apalagi jika tanah tersebut ukurannya tidak simetris atau tidak beraturan. Tentu sulit menerka-nerka berapa luas tanah tersebut.

Terlebih bagi kamu yang ingin menjual sebidang tanah, mengetahui cara menghitung tanah merupakan langkah yang harus dilakukan dalam menetapkan harga yang sesuai atas lahan yang kamu miliki.

Sebenarnya, tidak sulit kok mencari besaran luas tanah. Kamu hanya perlu mengetahui rumus dalam menghitungluas tersebut. Namun, jika matematika salah satu kelemahanmu, maka ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui besaran bidang tanah. Penasaran bagaimana? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menghitung Luas Tanah Secara Manual dengan Rumus

Pertama-tama, yang harus kamu lakukan sebagai cara menghitung luas tanah adalah cari tahu lebih dahulu bagaimana bentuk tanah tersebut.

Jika bentuknya persegi panjang, maka kamu bisa menggunakan rumus panjang dikali lebar. Namun jika berbentuk segitiga, maka kamu bisa menggunakan rumus alas dikali tinggi dibagi dua.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian berikut ini.

1. Cara menghitung luas tanah berbentuk persegi panjang

Kita umpamakan saja, jika ingin menghitung luas tanah dengan ukuran 5 m x 12 m, sehingga luas tanah tersebut dalam ukuran meter persegi adalah:

Panjang =: 5 m
Lebar = 6 m
Luas = 5 m x 12 m = 60 m2

Dari perhitungan di atas, kita dapat mengetahui, bahwa luas tanah tersebut sebesar 60 m2 .

Cukup mudah, bukan? Iya, itu jika tanahmu berbentuk persegi panjang. Lantas bagaimana bila tanah tersebut berbentuk segitiga?

2. Cara menghitung luas tanah berbentuk segitiga

Apabila kamu pernah belajar rumus luas segitiga pada saat sekolah, kamu pasti bisa menghitung luas tanah yang berbentuk segitiga, sebagab cara keduanya sama saja.

Baca juga:  Daftar Lengkap Kode Bank di Seluruh Indonesia

Jika bentuk tanah tersebut segitiga sembarang, maka rumus yang harus kamu gunakan adalah

cara menghitung luas tanah

Keterangan:

S menunjukkan perhitungan keliling segitiga
A, B, C menunjukkan besaran panjang sisi-sisi segitiga
L  menunjukkan luas segitiga

Untuk kamu yang memiliki luas bentuk tanah segitiga siku-siku, cara menghitung luas tanah tersebut adalah

Sedangkan, tanah dengan bentuk segitiga sama sisi, rumus yang digunakan adalah

cara menghitung luas tanah

Dimana A merupakan panjang sisi.

3. Cara Menghitung Luas Tanah dengan Bentuk Tidak Beraturan

Bentuk tanah mungkin bermacam-macam, ada yang persegi panjang, segitiga, serta tidak beraturan. Meskipun sedikit lebih sulit, kamu tetap bisa kok menghitung tanah yang bentuknya tidak teratur.

Secara umum, cara menghitung luas tanah dengan bentuk tidak beraturan adalah dengan membagi tiap sudutnya menjadi beberapa bagian segitiga.

Sehingga, untuk mengetahui luas keseluruhan tanah tersebut, kamu harus mencari tahu terleih dahulu luas dari masing-masig segitiga dengan rumus segitiga yang telah disebutkan seperti:

Nah, kamu bisa menggunakan rumus ini untuk mencari luas masing-masing segitiga. Apabila semuanya sudah ditemukan, kamu hanya perlu menjumlahkan luas dari masing-masing segitiga tersebut.

Mau tahu cara yang lebih gampang? Kita bisa lho, mencari luas tanah berentuk segitiga tak beraturan melalui aplikasi Microsoft Excel, seperti contoh di bawah ini.

cara menghitung luas tanah

Perlu diketahui, bahwa rumus mencari setengah keliling segitiga sama seperti rumus di aras. Namun, jika kamu ingin mencari luas, maka rumusnya sedikit ebrbeda. Cara menghitunng akar pada Microsoft Excel bisa menggunakan rumus =SQRT(angka). Apabila seluruh sudut didaptkan, lantas jumlahkan dengan rumus =SUM (rentang data)

4. Cara Menghitung Luas Tanah dengan Software Autocad

Caa menghitung luas tanah secara manual memang merepotkan, apalagi jika bentuk tanahnya tidak beraturan. Untuk memudahkanmu mencari luas tanah tersebut, coba gunakan aplikasi autocad.

Aplikasi autocad sendiri ada bermacam-macam, salah satu yang paling populer digunakan adalah software DraftSight. Lisensi serial number software ini gratis, sehingga tak heran banyak orang menggunakannya.

Nah, apabila software sudah siap, maka berikut cara menghitung luas dengan software autocad yang bisa kamu ikuti:

  1. Buatlah gambar denah dengan garis polyline, agar seluruh garis tersebut saling menyatu
  2. Klik garis yang telah digambar agar semua ter-block, tandanya garis yang tadi terlihat lurus kini menjadi putus-putus
  3. Ketik ‘li’ pada command section, lalu tekan tombol enter pada keyboard dan keluarlah halaman baru yang menginformasikan area dari tanah yang telah kamu gambar.
Baca juga:  Daftar Harga, Jenis, dan Ukuran ACP Seven Terbaru

Jauh lebih mudah bukan, menghitung luas tanah menggunakan software autocad dibandingkan secara manual? Namun, pastikan kamu memiliki kemampuan gambar yang mumpuni ya.

Apalagi jika kamu harus menggambar tanah dengan ukuran yang tidak beraturan. Sebab, bnetuk gambar yang salah akan membuat perhitungannya menjadi tidak akurat.

5. Cara Menghitung Luas Tanah dengan Google Maps

Tahukah kamu, bahwa aplikasi Google Maps bisa dijadikan sebagai ara menghitung luas tanah? Ya, aplikasi penunjuk arah yang satu ini ternyata bisa membatumu menghitung luas sebuah lahan. Lalu bagaimana cara memanfaatkan Google Maps tersebut?

Pertama-tama, buka aplikasi ini melalu internet. Klik gambar satelit untuk merubah tampilannya menjadi muka bumi. Setelah itu, untuk melihat tanah yang hendak diukur, masukkan alat lokasi tanah di dalam kotak pencarian. Setelah ditemukan, tarik titik awal dan akhir tanah tersebut.

Agar lebih akuratnya, kamu bisa melakukan zoom in terhadap maps tersebut, kemudian atur letak akhir dan awal tanah.

Lalu, klik kanan pada area tanah yang sudah kamu tandai dan pilih ikon ukur jarak. Maka, muncullah perkiraan luas tanah sesuai dengan ukuran yang kamu atr sebelumnya.

Cukup simpel bukan, cara menghitung tanah dengan Google Maps? Namun, dibandingkan cara menghitung tanah yang lain, cara ini bisa dibilang tidak terlalu akurat. Pasalnya, kondisi tanah sendiri berbeda antara yang ada di Google Maps dengan di lapangan.

Setelah membaca ulasan di atas, menurutmu mana yang lebih baik, cara menghitung tanah secara manual, dengan software, atau menggunakan aplikasi Google Maps?

Be the first to comment

Leave a Reply