5+ Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami [PENJELASAN LENGKAP]

Cara menghilangkan gatal secara alami
Ilustrasi oleh dribbbelc.om

Cara menghilangkan gatal secara alami adalah dengan menggunakan Lidah buaya, Centella asiatica, Minyak kelapa, Tea tree oil, Peppermint, dan selengkapnya dalam artikel ini.

Teruntuk kamu yang suka ngeluh gatal saat digigit nyamuk, bisa mampir bentar,nih. Apalagi untuk kamu yang tetiba bisa merasa gatal tanpa tahu penyebabnya.

Gatal pada kulit biasannya  hanya muncul sebentar dan menghilang dengan sedirinya. Namun, terkadang gatal terasa sangat menganggu dan membuat kamu tidak nyaman.

Obat Alami Mengatasi Gatal

gatal

Lidah buaya

Lidah buaya dapat digunakan untuk meredakan iritasi dan gatal-gatal. Sebab, lidah buaya dapat memberikan efek mendinginkan yang dapat mengurangi rasa gatal.

Obat alami ini juga berguna untuk melembabkan kulit, meransang pertumbuhuan sel, dan mencegah agar irirtasi tidak berkembang menjadi infeksi.

Kamu bisa membeli produk yang mengandung lidah buaya berupa gel, krim atau mengambil gelnya langsung dari tanamannya. Penggunaan obat alami ini cukup dioleskan di atas kulit yang tersa gatal.

Centella asiatica

Cemtella asiatica atau pegagan adalah tanaman herbal yang masih satu jenis dengan tanaman perteseli.

Menurut studi terhadap hewan, tanaman ini bisa menjadi obat gatal karena memiliki kandungan antialergi, antipruritus dan anti peradangan.

Ini pula yang membuat pegangan banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah pegagan aman digunakan dengan cara diminus atau dioles sebagai obat gatal alami. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki senyawa aktif yang bisa meredakan peradanagan pada kulit, kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas sehingga melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Baca juga:  Rumah Adat Jawa Barat : Gambar dan Penjelasannya

Asam laurat dalam minyak kelapajuga dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan gatal.

Tidak hanya itu, minyak kelapa pun efektif digunakan sebagai pelembap kulit, terutama untuk penderita alergi yang kulitnya cenderung kering. Pemilik kulit kering biasanya rentan mengalami dampak yang lebih parah akibat reaksi alergi.

Tea tree oil

Tea tree bisa menjadi obat gatal yang dipicu dari reaksi alergi.

Sifatnya antiradang dari minyak ini berguna untuk meredakan sekaligus menghilangkan gatal pada kulit. Teatree oil juga dipercaya dapat menyembuhkan infeksi yang menyebabkan kulit gatal.

Perlu diketahui, bahwa obat gatal alami dari minyak pohon teh ini punya aturan pakai khusus. Kamu perlu mencampurkan obat tradisional alami ini ke pelembap yang biasanya kamu gunakan, lalu dioles ke bagian tubuh yang gatal beberapa kali dalam sehari.

Oatmeal

Oatmeal ternyata juga berpotensi sebagai obat gatal alami berkat kadungan zat antiinflamasi dan antioksidannya. Kedua zat ini berfungsi untuk mengatasi kulit terasa gatal, kering, dan kasar.

Oatmeal juga bermanfaat untuk memperbaiki kulit yanf sering terkena dampak alergi serta bersifat humektan, yang artinya dapat membantu melembakan kulit.

Namun, oatmeal untuk kulit ini bukanlah jenis yang biasa kamu makan, melainkan adalah oatmeal koloid yang telah digiling menjadi bubk halus. Biasanya oatmeal digujnakan dengan cara dicampur air dingin dalam bak mandi, kemudian cukup berendam selama 15 menit.

Peppermint

Peppermint sangat cocok menajdi obat gatal alami karena sifatnya yang menyejukkan sekaligus mengurangi rasa gatal. Tanaman yang banyakdijual dalam bentuk minyak essensial ini paling ampuh mengatasi gatal akibat alergi gigitan serangga atau tanaman.

Untuk memperoleh manfaatnya, campurkan minyak daun peppermint dengan pelembab yang biasa kamu gunakan sebagai oabt gatal. Jangan mengoleskan langsung minyak ke kulit yang luka atau gatal karena dapat memicu sensasi panas terbakar.

Baca juga:  Daftar Lengkap Kode Bank di Seluruh Indonesia

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Obat Gatal

Cara menghilangkan gatal secara alami

Mungkin beberapa bahan alami ini cenderung aman digunakan pada kulit yang gatal.

Namun, pengobatan alami tidak bisa dijadikan solusi utama, apalagi jika gatal tidak kunjung menghilang atau kamu memiliki penyakit kulit lainnya. Obat dokter tentu masih menjadi solusi yang paling tepat.

Terlebih lagi, tak semua orang cocok menggunakan obat alamai. Paparan terhadap bahan tersebut bisa saja menimbulkan reaksi alergi yang parah.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan bhwa kamu tidak memiliki alergi terhadap bahan tertentu. Konsultaskan juga kepada dokter agar pemakaian obat gatal tetap aman dan tidak menimbulkan masalah serius.


Jadi, tidak usah emosi lagi, ya, kalai mengalami gatal. Kamu bisa mencobaba beberapa obat alami di atas tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang sudah dijelaskan tadi.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara menghilangkan gatal secara alami, semoga bermanfaat, happy day you all~

Referensi: sehatq.com