A password will be e-mailed to you.

    Menurut kalian pelajaran matematika sulit nggak sih? Banyak banget siswa-siswi yang gue liat sering ngeluh pada pelajaran ini. “Ini gimana sih? pake rumus yang mana? Rumusnya banyak banget nih” dan lain-lain. Disaat kalian dijelasin sama guru ngerti. Dikasi contoh soal yahh bolehlah masih ngerti juga. Giliran dikasi kuis atau ulangan, semua pada bilang “lah kok lain yang diajarin lain yang masuk sih?” Kalian merasakan hal yang sama nggak? Sebenarnya bukan hanya pelajaran Matematika doang sih yang kayak gitu pelajaran yang lain juga mengalami hal yang serupa. Gue sering dengar pertanyaan “cara supaya pinter gimana sih?” dan kalau mau dijawab singkat yah jawabannya adalah BELAJAR.

    Emang kunci dari semua itu adalah belajar sih. Tapi belajar yang kayak gimana nih? Semua orang mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda. Ada yang dijelasin satu kali aja udah ngerti. Ada yang baca sekali aja udah ngerti. Tapi ada juga yang udah dijelasin berkali-kali nggak ngerti-ngerti. Belajar siang malam tapi ilmu cuman sedikit yang nyangkut di otak.

    Dan ketika ujian tiba yang tadinya masih ada yang nyangkut tiba-tiba blank pas liat soal. Gitu kan? Apalagi pas nilai ujian udah diumumin dan masih syukur nilai lo tuntas tapi cuman nilai kkm pasti ada aja yang bilang “Ah gue aja nggak belajar dapat sembilan” kata-kata itu seakan-akan ngeledek usaha kita. Pasti kalian berpikir “Gue yang belajar siang malam cuman dapat nilai kkm, kok dia yang nggak belajar sama sekali dapat sembilan sih?” Dan akhirnya kalian juga mulai down dan mulai ikut-ikutan nggak belajar. Eitsss.. itu langkah yang salah besar. Ingat jangan pernah patah semangat untuk belajar. Kalau ada temen kalian yang bilang kayak gitu yaudah abaikan aja. Jadikan itu motivasi buat kalian giat belajar.

    Baca juga:  Simpan Daging dengan Benar supaya Tahan Lama

    Nah balik lagi nih, gimana sih cara belajar atau tips belajar biar pinter? Oke semua itu tergantung dari diri kalian sendiri. Disini gue bakal jelasin secara umum aja. Cara belajar tiap orang berbeda-beda dan seperti gue bilang tadi kecerdasan tiap orang berbeda-beda pula.

    Pertama, kalian harus kenali diri kalian terlebih dahulu. Tipe belajar kalian apa? Tipe visual, auditori, atau kinestetik? Setelah itu sukanya suasana yang kayak gimana. Suka belajar sendiri atau kelompok. Kalau kalian udah kenali diri kalian sendiri mulailah membuat jadwal belajar diluar jam sekolah secara rutin. Yang paling penting jangan belajar kalau mau ulangan aja. Jauh sebelum itu kalian harus mempersiapkan diri. Jangan sampai kalian kebut semalam hanya karena besoknya mendadak ulangan.

    Belajar itu harus santai cari tempat yang adem. Seperti taman dan lain sebagainya. Tapi jangan belajar di kasur. Berdasarkan pengalaman gue ketika belajar di tempat tidur pas liat bantal pasti bawaannya pengen tidur. Jadi, cari tempat belajar lain selain tempat tidur yahhh.

    Teman-teman, kalian juga harus target berapa jam kalian akan belajar. Misalnya kalian mau belajar selama 3 jam, jadi selama 3 jam itu kalian bener-bener harus fokus. Jangan main HP dulu. Matiin HP kalau perlu. Selanjutnya, disaat kalian belajar, kalian juga boleh nyiapin minuman dan cemilan, supaya belajarnya makin seru. Tapi cemilannya jangan kebanyakan nanti keasikan makan lagi wkwk.

    Buatlah sebuah catatan dan kreasikan catatan kamu seindah mungkin, tujuannya supaya kalian nggak bosan membacanya. Khusus buat pelajaran hitung-hitungan seperti Matematika, Fisika dan Kimia kalian harus perbanyak latihan soal. Karena dari situlah kalian akan terbiasa dan ketika ujian tiba kalian juga nggak bakal blank. Buat pelajaran yang lain perbanyak membaca. Cari referensi lain, jangan berpatokan sama satu buku aja.

    Baca juga:  Dapatkah Landak Menembakkan Duri Mereka?

    Manfaatkan sebaik mungkin fasilitas yang kalian miliki. Ulang-ulang materi yang sudah dipelajari. Jangan pernah menunda-nunda, kalian harus tetap konsisten pada belajar kalian. Dan pesan gue yang paling penting jangan lupa berdoa sebelum dan setelah belajar serta minta restu dari orang tua biar ilmunya semakin berkah.

    Oke temen-temen gue rasa cukup penjelasan singkat dari gue. Terima kasih sudah membaca

     


    Tulisan ini adalah kiriman penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community

     

    No more articles