A password will be e-mailed to you.

    Apakah kamu sering merasa susah memahami suatu informasi? Atau merasa lamban dalam berfikir?

    Bisa jadi ini terjadi karena kamu kurang melatih otakmu.

    Sebagaimana mesin yang tidak bisa berfungsi maksimal setelah didiamkan berbulan-bulan, otak pun sama. Jika ia tidak digunakan atau dilatih secara konsisten, kemampuannya dapat menurutn.

    Einstein dan Newton bukanlah dewa yang secara ajaib memiliki kemapuan berpikir super. Mereka melatih otak nya.

    Berikut adalah beberapa latihan dasar dan sederhana yang benar-benar dapat membantu otakmu jadi makin tajam.

     

    1. Mainkan permainan yang perlu strategi

    Permainan strategi untuk melatih otak

    Ini adalah cara yang sangat penting dan sederhana untuk melatih otak, membuat pikiranmu aktif dan tajam.

    Coba untuk kembangkan strategi yang lebih baik di setiap permainannya. Contoh permainan yang bisa kamu lakukan adalah catur, atau e-sport yang butuh strategi seperti permainan jenis MOBA (multiplyer online battle arena) atau asah otak lainnya.

     

    2. Hindari Penggunaan Kalkulator

    Kalkulator unsplash

    Kalkulator memang dapat membantumu menghitung dengan mudah. Tapi kalau kamu ingin melatih otak, sebisa mungkin (jika tidak sedang sangat perlu) kurangi penggunaan kalkulator ini, karena kemudahannya membuat otakmu jadi malas berpikir.

    Selalu lakukan perhitungan sendiri di otakmu saat sedang melakukan hitungan aritmatika. Itu akan membuat pikiranmu aktif.

     

    3. Tingkatkan Kosakatamu

    melatih otak dengan berbicara

    Persediaan kosakata yang baik akan membantu meningkatkan percakapanmu dan akan membuat pandanganmu jadi lebih luas.

    Baca buku-buku yang berbeda atau gunakan situs web online yang berbeda untuk mendapatkan kata-kata kosakata baru membuat rutinitas untuk meningkatkan setidaknya 10 kata dalam satu hari akan membuat perbedaan besar setelah satu bulan.

     

    4. Tutup Matamu

    menutup mata untuk melatih otak

    Ini adalah latihan yang sangat sederhana ketika kamu pergi untuk mandi atau mencoba untuk mengambil sabun atau mencuci muka dan mencoba untuk membuka shower.

    Baca juga:  11 Pemikiran hebat Nikola Tesla ini patut untuk kamu ikuti

    Sambil menutup mata, konsentrasi penuh pada proses yang kamu lakukan. Cobalah metode melatih otak ini setiap hari dan kamu akan melihat perbedaan besar dalam beberapa hari ketika kamu akan dapat mengambil sabun dengan mudah sambil menutup mata.

     

    5. Baca Buku dengan Bahasa Lain

    Melatih otak dengan membaca buku

    Temukan beberapa buku asing, dan baca. Cobalah untuk membaca dan membayangkan makna buku dalam pikiranmu. Buku-buku ini cocok untuk kamu baca.

     

    6. Konsentrasi Pada Alam

    Alam dapat membantu melatih otak

    Sifatnya yang sangat kompleks memang tidak mudah untuk memahaminya bahkan para ilmuwan dan orang lain yang berpendidikan baik masih berusaha memahaminya.

    Jadi pergilah keluar ketika kamu mendapatkan waktu luang dan lihat alam dengan konsentrasi penuh, pikiranmu akan mengajukan banyak pertanyaan dan dengan cara ini kamu dapat melakukan latihan otak yang benar.

     

    7. Ubah Penggunaan Tanganmu

    Hasil gambar untuk hand unsplash

    Ada dua jenis orang sesuai dengan gaya tangan mereka: yang satu tangan kiri dan yang kedua tangan kanan. Jika kamu adalah seorang pengguna tangan kiri dan kamu melakukan segala sesuatu dengan tangan kiri kemudian beralih tangan kiri ke tangan kanan untuk satu hari dapat memicu otakmu untuk lebih aktif.

     

    8. Mainkan Catur

    Catur dapat mempertajam otak

    Catur adalah permainan yang melatih otak dengan luar biasa. Ini adalah permainan strategi jika kamu tahu cara memainkan game ini, dan kamu memiliki kesempatan terbaik untuk membuat pikiranmu jadi tajam.

    Temukan lawan yang ahli dalam catur, atau  jika tidak menemukannya, gunakan catur  online dan temukan lawan yang ahli. Sisihkan satu jam sehari dan kamu akan melihat perubahan positif dalam kepribadianmu dan kamu akan melihat bagaimana hal itu mengubah cara berpikirmu.

     

    9. Dengarkan Musik

    Musik

    Musik sangat penting untuk kepuasan jiwa. Dunia ini adalah dunia imajinasi, pemikiran yang berbeda akan muncul di pikiranmu saat mendengarkan musik, biarkan pemikiran ini datang. Selanjutnya ulangi lirik setelah mendengarkannya akan membantu meningkatkan tingkat memorimu.

    Baca juga:  13 Rekomendasi Buku Sains Populer Yang Keren dan Enak Dibaca

     

    10. Jadilah Kreatif

    Kreatif membantu otak

    Selalu buat barang-barangmu kreatif dan terlihat berbeda dari yang lain. Kamu tidak dapat membuat apa pun jadi kreatif kecuali kamu mau berpikir out of the box. Kamu dapat menjadi kreatif dengan bergabung dengan kelas seni atau dengan belajar online dari instruktur yang berbeda.

     

    11. Cobalah Untuk Mempelajari Hal-Hal Baru

    Hasil gambar untuk learn unsplash

    Jangan tenggelamkan dirimu pada pekerjaan rutin. Cobalah berpikir secara berbeda, lakukan eksperimen baru, dan pelajari hal-hal baru.

    Kamu dapat mulai belajar musik, seni, desain grafis, atau hal-hal lain yang tidak terkait dengan bisnis atau pekerjaanmu.

     

    12. Terus Mengubah Rute Jalan

    Hasil gambar untuk road unsplash

    Jangan selalu mengadopsi rute yang sama saat bepergian, tapi ganti jalanmu. Itu akan membuat teka-teki otak dan akan memaksanya untuk berpikir. Jangan menggunakan GPS untuk menemukan lokasi tujuan, tapi temukan sendiri dengan melatih otak berpikir.

     

    Referensi:

    12 Ways to Exercise Your Brain – InfoCuriosity

     

    No more articles