Asuransi Kesehatan: Penjelasan, Contoh, Manfaat, dan Cara Klaim

asuransi kesehatan adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada para tertanggungya apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan.

Asuransi kesehatan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi dengan beragam pilihan mulai dari perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit hingga perawatan jalan pra dan pasca proses rawat inap di rumah sakit.

Selain itu, asuransi kesehatan kini juga menyediakan jaminan untuk biaya proses melahirkan normal maupun sesar kepada tertanggungnya.

Alasan Perlunya Asuransi Kesehatan

Layaknya produk pinjaman, memiliki asuransi kesehatan tentunya dapat memberikan berbagai manfaat dalam kehidupan kamu.

Bila pernyataannya perlu atau tidak, sudah tentu jawabannya adalah perlu. Simak berbagai alsannya berikut ini:

  • Dengan memiliki asuransi kesehatan kamu tidak akan merepotkan keluarga atau kerabat bila kamu terserang penyakit atau harus dirawat di rumah sakit dalam jangka waktu tertentu.
  • Dengan asuransi kesehatan biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga kamu tidak perlu khawatir.
  • Biaya kesehatan yang mengalami kenaikan setiap tahun sehingga bila kamu memiliki asuransi kesehatan kamu dapat membiayai biaya perawatan kamu tanpa mengeluarkan biaya yang besar dalam jangka waktu panjang bila terkena penyakit kritis atau harus dirawat inap di rumah sakit.
  • Semakin dini umur kamu, maka semakin murah premi asuransi yang dibayarkan. Penilaian ini berdasarkan resiko penyakit kronis yang bisa menimpa kamu.
  • Biaya premi asuransi kesehatan terbilang cukup murah apalagi bila kamu ingin mencoba menggunakan asuransi kesehatan yang murni.
  • Adanya system asuransi kesehatan cashless yang memungkinkan kamu hanya pelu membawa kartu khusus yang disediakan oleh pihak perusahaan asuransi untuk mempermudah saat melakukan klaim.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan adalah
Photo by Kendal on Unsplash

Seperti asurasi mobil dan asuransi perjalanan, adabeberapa jenis asuransi kesehatan di Indonesia yang dibedakan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu:

Berdasarkan jenis perawatan

  • Asuransi kesehatan rawat inap (in-patient treatment)
    Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan yang mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di sebuah ruangan rumah sakit.
  • Asuransi kesehatan rawat jalan (out-patient treatment)
    Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan pasien berupa pelayanan medis seperti pengamtan, diagnose, pengobatan, rehabilitasi dan pelayanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di rumah sakit.
Baca juga:  Puisi Lama : Pengertian, Ciri-Ciri, Bentuk dan Contohnya

Berdasarkan keikutsertaan

  • Wajib
    Pembelian dan pembayaran asuransi tiap individu dilakukan secara wajib dan mengikuti aturan tertentu seperti seorang karyawan yang harus membeli polis asuransi sesuai dengan peraturan dalam perusahaan atau oragnisaan tempat dia bekerja.
  • Sukarela
    Pembelian dan pembayaran asuransi tiap individu dilakukan secara bebas yang artinya dengan keinginan dan kebutuhan dari individu tersebut tanpa terikat suatu aturan perusahaan atau organisasi.

Berdasarkan biaya yang ditanggung

  • Tanggungan total
    Jenis asuransi kesehatan di mana seluruh biaya perawatan nasabah akan ditanggung oleh perusahaan asuransi baik dari rawat inap maupun rawat jalan yang jumlahnya sesuai dengan yang tertera dalam polis asuransi.
  • Tanggungan tinggi saja
    Jenis asuransi kesehatan di mana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar dan tidak akan menanggung biaya-biaya rawat jalan kecil seperti pemeriksaan, diagnose, obat, dll.

Berdasarkan pihak yang ditanggung

  • Personal
    Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan kepada satu individu saja (pribadi) sesuai dengan syarat yang berlaku dalam polis asuransinya.
  • Kelompok
    Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan kepada kelompok tertentu (anggota perusahaan atau keluarga) seusia dengan syarat dan ketentuan polis (biasanya dihitung berdasarkan jumlah karyawan atau anggota keluarga yang dipertanggungkan)

Alasan Butuh Asuransi Kesehatan

Alasan kenapa kamu harus punya asuransi kesehatan adalah…

(1) Memberikan perlindungan kesehatan bila kamu sewaktu-waktu terkena sakit (penggantian obat dan pemeriksanaan) atau ingin melakukan pemeriksaan terhadap penyakit kamu.

(2) Mengurangi biaya yang dikeluarkan bila kamu terpaksa harus dirawat (opname) di rumah sakit ketika terserang penyakit atau kecelakaan serta membantu mengurangi biaya operasi atau persalinan saat keadaan dadurat.

Contoh Perusahaan Asuransi Kesehatan di Indonesia

Berikut adlaah berbagai perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Asuransi kesehatan Prudential
  2. Asuransi kesehatan Allianza
  3. Asuransi kesehatan Sinarmas
  4. Asuransi kesehatan Manulife
  5. Asuransi kesehatan AXA Mandiri
  6. Asuransi kesehatan BNI Life
  7. Asuransi kesehatan Lippo Insurance
  8. Asuransi kesehatan AIA
  9. Asuransi kesehatan Cigna
  10. Asuransi kesehatan AXA
  11. Asuransi kesehatan Takaful
  12. Asuransi kesehatan Bumiputera
  13. Asuransi kesehatan Avrist
  14. Asuransi kesehatan Chubb
  15. Asuransi kesehatan Jagadiri
  16. Asuransi kesehatan Adira
  17. Asuransi kesehatan Equity
  18. Asuransi kesehatan MAG
  19. Asuransi kesehatan Tokio Marine
  20. Asuransi kesehatan CAR
Baca juga:  Siklus Batuan: Pengertian, Jenis, dan Proses Pembentukannya

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

1. Mengisi formulir klaim asuransi dengan lengkap

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi formulir klaim yang disediakan dari perusahaan asuransi kamu dengan lengkap.

Pastikan informasi data diri dan informasi lainnya dicantumkan secara lengkap dan detal agar kebutuhan pendataan saat klaim dapat lebih cepat dilakukan.

Bila kamu kesulitan mengalami kesulitan mengisi form klaim innni, kami bisa meminta bantuan agen asuransi kamu untuk mengisi form tersebut.

2. Melampirkan rincian tagihan rumah sakit atau pengobatan

Melampirkan tagihan rumah sakit kepada perusahaan asuransi merupakan syarat kelengkapan dokumen yang paling penting.

Tagihan rumah sakit ini biasanya berupa identitas pasien, laporan penyakit, informasi dokter atau biaya obat-obatan yang dikeluarkan oleh rumah sakit agar tidak tejadi kesalahan informasi baik dari informasi pasien maupun rincian biaya pengobatan.

Informasi yang tidak seusai ini bisa menyebabkan poses klaim kamu ditolak oleh perusahaan asuransi bila kamu lalai dalam mencocokan data.

Sekian pembahasan mengenai asuransi kesehatan. Bagaimana? Sudah merasa bahwa asuransi kesehatan itu penting dan menguntungkan? Yuk segera miliki polis asuransi kesehatanmu untuk keselamatan di masa depan.

Referensi:

  • cermati.com