Apresiasi: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkapnya

apresiasi adalah

Apresiasi adalah suatu proses melihat, mendengar, menghayati, menilai, menjiwai dan membandiangkan atau menghargai suatu karya. Karya di sini dapat berarti karya seni, karya tulis, sastra, film dan lain sebagainya.

Ada juga beberapa pandangan mengenai pengertian apresiasi, yang disampaikan beberapa tokoh berikut ini.

  • Aminuddin
    Apresiasi adalah pengenalan melalui perasaan atau pun kepekaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.
  • Albert R. Candler
    Apresiasi adalah kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.
  • Alfred North Whitehead
    Apresiasi adalah proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang dilakukan oleh seseorang dalam sebuah kegiatan guna mendapatkan suatu hal, dan berpartisipasi di dalamnya dengan penilaian secara keseluruhan.
  • Effendi
    Apresiasi adalah aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.
apresiasi adalah
Lukisan merupakan karya seni yang harus di apresiasi

Daftar Isi

Tingkatan Apresiasi

Terdapat beberapa tingkatan dalam apresiasi, atau mempunyai macam-macam apresiasi yang mempunyai ukuran tertentu. Ada tiga tingkatan dalam apresiasi suatu karya yakni:

  • Tingkat Empatik
    Tingkat empatik dalam kamus artinya adalah melibatkan pikiran dan perasaan. Tingkatan apresiasi itu dalam bentuk tangkapan indrawi atau tangkapan dari indera-indera.
  • Tingkat Estetis
    Estetis diartikan sebagai penilaian terhadap keindahan. Tingkat apresiasi seni adalah pengamatan dan juga penghayatan. Dalam tingkat demikian untuk penikmat seni dalam pemberian suatu apresiasi yang lebih pada pengamatan terhadap sebuah karya seni.
  • Tingkat Apresiasi Kritik
    Di tingkat apresiasi kritik adalah suatu bentuk apresiasi yang menjelaskan sebuah klasifikasi, deskripsi, menerangkan, menganalisis, evaluasi sehingga bisa mengambil suatu kesimpulan.

Fungsi dari apresiasi

berdasarkan pengertian apresiasi yang telah dijelaskan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa fungsi dari apresiasi yaitu

  • Apresiasi berfungsi sebagai cara untuk memberikan penilaian, edukasi, empati, terhadap sebuah karya.
  • Apresiasi berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap karya anak bangsa, dan bentuk kepedulian terhadap sesama.
  • Apresiasi berfungsi sebagai cara untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan manusia dalam berbagai hal.

Contoh dari apresiasi

Kita dapat memberikan aprisiasi pada suatu produk dengan melakukan hal-hal berikut ini.

  • Menyaksikan suatu pagelaran seni teater atau apapun itu membutuhkan sebuah pengamatan yang baik supaya sesuatu dengan menyampaikan apresiasi estetis tersebut kepada siapa.
  • Membeli karya atau produk original dari pembat asli, dan tidak menggunakan produk bajakan
  • Memberikan kritik yang membangun terhadap suatu karya seni

About Diah Ayu Suci Kinasih 86 Articles
Tertarik dengan apapun yang berkaitan dengan sains dan pendidikan. Menyelesaikan studi di bidang fisika material Universitas Diponegoro

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*