9 Contoh Karya Tulis Ilmiah KTI yang benar untuk berbagai topik (Lengkap)

Contoh karya ilmiah lengkap disajikan dalam artikel ini.

Sebuah karya tulis terdiri dari dua jenis yaitu karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah. Karya tulis ilmiah adalah suatu karya tulis yang dihasilkan dari penelitiah ilmiah untuk memecahkan permasalahn dengan menggunakan metode ilmiah dan mengandung landasan teori.

Pada dasarnya, karya tulis ilmiah berisi data, fakta dan solusi mengenai masalah yang sedang dibahas. Contoh penulisan karya tulis ilmiah biasanya bersifat runtut dan sistematis. Karena sistematis, struktur karya tulis ilmiah biasanya terdiri dari  tiga bagian penting.

  • Pendahuluan
    Bagian pendahuluan berisi latar belakang masalah, masalah yang dibahas dan bagaimana mekanisme penyelesaian suatu masalah.
  • Pembahasan
    Pembahasan adalah bagian yang paling penting dari karya ilmuah karena bagian ini memuat semua temuan ilmiah yang diperoleh sebagai data hasil penelitian.
  • Kesimpulan
    Bagian kesimpulan berisi simpulan dari hasil pembahasan suatu penelitian. Bagian ini memberikan penjelasan singkat dan padat yang biasnya menjawab tujuan-tujuan penelitian yang dilakukan.

Berikut adalah beberapa contoh karya tulis ilmiah (KTI ) yang baik dan benar dari berbagai kasus.

Contoh karya tulis ilmiah

Contoh 1 Karya Tulis Ilmiah Sederhana

Dampak Negatif  Penggunaan Internet Bagi Anak

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Internet adalah salah satu penemuan terbaik manusia dalam sejarah perkembangan teknologi di era modern saat ini. Secara defisini, internet terdiri dari sebuah jaringan yang menghubungkan computer satu dengan yang lain dengan standar sistem global Tranmisission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sehingga seluruh manusia di penjuru belahan bumi mampu saling berkomunikasi, berinteraksi dan saling bertukar informasi satu sama lain.

Kecanggihan yang dimiliki internet menyebabkannya mampu diakses bagi segala umur, baik dewasa maupun anak-anak. Sekarang ini, internet juga sering digunakan dikalangan anak-anak. Hal ini menjadi masalah karena kondisi emosi anak yang masih labil sehingga memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan mental dan emosional anal.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana dampak negatif pengunaan internet bagi anak?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui dampak negatif pengunaan internet bagi anak?

BAB II
PEMBAHASAN

Dampak negatif pengunaan internet bagi anak

Sekarang ini internet  telah menjadi kebutuhan primer bagi semua usia, terutama anak-anak. Namun, tidak semua anak dapat memanfaatkan intenet denngan baik dan benar sesuai kaidah penggunaanya. Oleh karena itu, dampat negative penggunaan internet yang di alami anak antara lain.

  • Menimbulkan keinginan anak untuk berbuat kekerasan
  • Membuat anak lupa akan waktu sehingga menyebabkannya meninggalkan kewajiban seperti belajar dan mengerjakan tugas
  • Menimbulkan kasus bullying
  • Menyebabkan kecanduan internet

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Munculnya internet di era modern ini memang sangat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Internet juga membantu anak dalam melakukan aktivitasnya. Namun, banyak dampak negative yang ditimbulkan intenet yang tidak bisa dianggap sepele oleh orang tua. Oleh karena itu, peran orang tua sangatlah penting dalam mengawasi putra-putrinya saat menggunaka internet.

Contoh 2 Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan

Pentingnya Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar belakang Masalah

Menjaga kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting bagi setiap insan manusia. Aktivitas seorang akan terganggu apabila tubuhnya merasa tidak sehat. Sebetulnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti menjaga asupan gizi yang dimakan, melakukan olah raga, dan melakukan pola tidur siang hari karena hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh. (Contoh karya tulis ilmiah)

2. Rumusan Masalah

a. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan?

b. Bagaimana pengaruh tidur siang terhadap kesehatan tubuh?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh setiap hari dan memahami pengaruh tidur siang bagi kesehatan tubuh.

BAB II
PEMBAHASAN

Cara menjaga kesehatan tubuh

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh antara lain:

  1. Memperbanyak konsumsi mineral dan vitamin dalam tubuh
  2. Konsumsi makanan 5 sehat 4 sempurna
  3. Olahraga yang teratur
  4. Tidur yang cukup, dengan memandang kualitas tidur lebih baik dari pada kuantitas tidur
  5. Menjauhi minaman beralkohol
  6. Pengaruh tidur siang bagi kesehatan tubuh

Tidur siang sering dilakukan oleh anak-anak. Namun, ternyata aktivitas ini juga banyak dilakukan oleh orang dewasa. Pengeruh tidur siang bagi kesehatan tubuh antara lain:

  1. Menurunkan tekanan darah
  2. Menghilangkan rasa letih dan lelah
  3. Dapat menurunkan rasa sedih dan gelisah seseorang

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Tidur siang adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidur siang memeliki beberapa manfaat antara lain menurunkan tekanan darah, menghilangkan rasa lelah dan gelisah. Namun, tidur siang harus dilakukan sesuai waktu yang tepat. Jika aktivitas ini dilakukan secara berlebih, akan menimbulkan efek buruk lain. Sehingga, segala aktivitas harus dilakukan sesuai porsinya masing-masing. Jangan sampai menurunkan kebugaran tubuh.

Contoh 3. Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter

Pengaruh Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Permainan tradisional mempunyai dampak positif bagi pekembangan anak di Indonesia. Bermain bagi Anak adalah suatu bentuk refleksi atau pembebasan jiwa dari keterkaitan aturan orang tua.

Ketika bermain anak bisa mengekspresikan suasana kegembiraaan hatinya dan betapa senangnya meraka saat saling berkomunikasi dengan teman sebayanya. Oleh karena itu, permainan tradisional dapat mengajarkan anak untuk belajar bersosialisasi dan bergaul dengan lingkungan sekitar.

2. Rumusan Masalah

a. Apa pengertian mainan tradisional?

b. Apa pengaruh mainan tradisional terhadap pembentukan karakter anak?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengertian mainan tradisional dan pengaruhnya terhadap perkembangan karakter anak

BAB II
PEMBAHASAN

Dolanan Tradisional

Kata “dolanan” berasal dari Bahasa jawa. Dolanan memiliki arti mainan atau permainan. Sedangkan kata tradisional adalah cara berpikir dan tingkah laku yang sesuai dengan adat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dolanan anak atau mainan anak sebagai simbol pengetahuan bersifat warisan yang turun temurun.

Baca juga:  15+ Gambar Sketsa Wajah, Pemandangan, Bunga (Lengkap)

Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter adalah segala usaha yang dapat dilakukan untuk memengaruhi karakter para siswa. Oleh karena itu, siswa diharapkan mempunyai karakter yang positif sehingga berguna untuk kehidupan dimasa datang.

Pendidikan karakter menurut Thomas Lickona adalah pendidikan tentang sikap meliputi ilmu hingga tindakan. Selain itu,  perasaan juga termasuk dalam pendidikan karakter.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Mainan tradisional adalah suatu mainan yang tidak hanya membawa kegembiraan bagi anak. Mainan tradisional juga mempunyai banyak manfaat. Manfaat itu antara lain yaitu mampu melatih kecerdasan otak dan motorik anak serta dapat membentuk karakter yang baik pada anak. Lewat mainan tradisional, anak juga mampu meningkatkan jiwa social dan komunikasinya antar satu sama lain.

Contoh 4. Karya Tulis Ilmiah Tentang Pergaulan Bebas

Bahaya Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Usia remaja adalah usia yang paling rawan dalam pergaulan. Terutama, terkait perkembangan teknologi saat ini menyebabkan pergaulan juga semakin luas. Pergaulan bebas menjadi bahaya utama yang dihadapi kalangan remaja. Tentu saja, pergaulan bebas akan menimbulkan kekhawatiran kepada para orang tua. Usia remaja menjadi usia yang begitu labil karena mudah untuk di pengaruhi dalam pergaulan.

2. Rumusan Masalah

Apa bahaya pergaulan bebas bagi para remaja?

3. Tujuan penelitian

Mengetahui bahaya yang dapat mengancam disebabkan oleh pergaulan bebas.

BAB II
PEMBAHASAN

Bahaya Pergaulan Bebas

Pergaulan tidak hanya mempunyai sisi baik saja. Pergaulan yang buruk atau  pergaulan bebas adalah salah satu contoh pergaulan yang mempunyai efek buruk. Beberapa dampak negative yang disebabkan pergaulan bebas antara lain:

a. Menyebabkan kerusakan moralPergaulan bebas menjadi salah satu penyebab rusaknya moral anak bangsa. Mereka merasa sangat bebas tanpa perhatian orang tua, sehingga menyebabkan mereka kehilangan akhlak yang baik yang wajib dimiliki. Selain itu, Pergaulan bebas juga menyebabkan anak kehilangan sikap sopan kepada orang yang lebih tua.

b. Penggunaan narkotika dan minuman keras

Pergaulan bebas seperti yang telah banyak diberitakan, para remaja yang tertangkap sedang berpesta miras maupun narkoba. Obat-obat terlarang ini mudah ditemukan bila seseorang telah masuk ke zona pergaulan bebas. Hal ini dikarenakan minuman keras dan narkotika dijual bebas dimana pun.

c. Seks bebas sebelum menikah

Seks bebas sebelum menikah disebabkan karena pergaulan yang cukup bebas, dampak negative ditimbulkan bagi diri sendiri maupun keluarga yaitu hamil duluan. Kurangnya sex education untuk bagi para remaja menjadi penyebab utama. Kecelakaan sebelum menikah bahkan telah terjadi pada anak usia Sekolah Dasar (SD). Mereka tidak mengetahui apa yang mereka lakukan dan juga dampak setelah mereka melakukan hal tersebut.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Pergaulan pada saat ini telah memasuki zona berbahaya. Dampak negatif dari pergaulan bebas diketahui telah memakan banyak korban terutama usia remaja. Mulai dari kerusakan moral dan penggunaan obat terlarang serta kecelakaan sebelum nikah. Pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja dapat dikurangi melalui perantara utama yaitu orang tua. Orang tua harus memberikan edukasi dan pengawasan yang cukup kepada anak.

Contoh 5 Karya Tulis Ilmiah Tentang Makanan Kaleng

Dampak Positif dan Negatif Makanan Kaleng

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Makanan kaleng adalah jenis makanan yang masuk ke dalam kategori makanan instan atau cepat saji (junk food). Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Jepang, junk food mengandung zat kimia Seng (Sn). Zat ini tergolong dalam zat yang tidak berbahaya jika dikonsumsi sesuai kebutuhan. Akan tetapi, zat Seng akan berbahaya bila dikonsumi lebih dari 14 miligram per kilogram berat tubuh.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana dampak makanan kaleng bagi kesehatan tubuh?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui dampak positif dan negatif makanan kaleng.

BAB II
PEMBAHASAN

Dampak Makanan Kaleng Bagi Tubuh

Makanan kaleng adalah salah satu jenis makanan cepat saji yang paling sering dikonsumsi masyarakat. Makanan kaleng biasanya identik dengan ikan dan daging atau disebut sarden. Tidak hanya itu, makanan kaleng juga dapat berisi sayuran, buah, hingga minuman.

Makanan kaleng tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Ia juga memiliki keunggulan. Dampak positif dan negatif makanan kaleng, yaitu:

1. Dampak positif

  • Mempercepat waktu penyajian
  • Kaleng dapat menjaga makanan dari kontaminasi bakteri penyebab penyakit
  • Makanan kaleng tidak kekurangan gizi

2. Dampak negatif

  • Para ibu rumah tangga jadi malas memasak
  • Mengkonsumsi terlalu banyak makanan kaleng bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol
  • Memasak makanan kaleng dengan suhu tinggi, akan mengurangi gizi dalam makanan.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Makanan kaleng memiliki dampak positif dan negative bagi tubuh. Dampak negatif akan terjadi bila makanan kaleng dikonsumsi berlebihan atau tidak sesuai anjuran. Selain itu, cara masak makanan kaleng juga memengaruhi baik buruknya dalam kesehatan tubuh. Selain mempunyai dampak negative, makanan kaleng juga memiliki banyak dampak positif juga.

Contoh 6. Karya Tulis Ilmiah Tentang Pemanfaatan Kembali Sampah

Daur Ulang Sampah

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Saat ini sampah menjadi perhatian besar dunia karena permasalahan dan dampak negative yang ditimbulkannya. Terdapat banyak kerugian yang disebabkan oleh sampah sehingga berdampak juga bagi kesehatan manusia. Sekarang ini semakin banyak orang tidak mau mendaur ulang  sampah sehingga menyebabkan sampah terus menumpuk. Oleh karena itu, inilah pentingnya penelitian mengenai daur ulang sampah agar masalah sampah dapat diatasi.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana cara mendaur ulang sampah?

3. Tujuan Penelitian

Dapat mengetahui cara mendaur ulang sampah?

BAB II
PEMBAHASAN

Masalah sampah masih menjadi momok yang harus segera diselesaikan saat ini. cara mengatasi sampah dapat dilakukan dengan cara daur ulang. Pemanfaatan kembali sampah atau daur ulang pada dasarnya tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Akan tetapi yang terpenting bagaimana masyarakat memiliki kreatifitas dan ketekunan untuk mengelola sampah dengan baik. Seperti misalnyasampah organik bisa diolah kembali menjadi pupuk.

Baca juga:  9 Contoh Riwayat Hidup yang Baik dan Benar (+ Penjelasan)

Sedangkan sampah kertas bisa didaur ulang dan dijadikan kertas lagi. Untuk sampah plastik dan kaleng bisa dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai wadah, tergantung ukuran. Kesemua pemanfaatan sampah tersebut tergolong ke dalam reuse atau pemanfaatan kembali.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Sampah memang tidak terlepas dari kehidupan manusia dan seringkali menimbulkan masalah. Akan tetapi bukan berarti tidak ada solusi untuk hal itu. Ada banyak cara untuk memanfaatkan sampah bahkan mengubahnya menajadi sumber penghasilan.

Contoh 7. Karya Ilmiah Tentang Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Jantung adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, sebagian orang selalu menjaga jantungnya agar tetap sehat. Akan tetapi juga masih banyak orang yang kurang peduli. Hal ini terbukti banyaknya korban jiwa dikarenakan penyakit-penyakit yang menyerang jantungnya. Maka dari itu, disini kami akan melakukan  penelitian mengenai pentingnya kesehatan jantung.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui cara menjaga kesehatan jantung

BAB II
PEMBAHASAN

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit yang menyerang jantung memang masih menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Diketahui ada banyak cara simple dan mudah untuk menjaga kesehatan jantung. Disampaikan oleh berbagai penelitian beberapa cara mampu menjaga jantung tetap sehat.

  • Menghindari stres karena akan meningkatkan hormon adrenalin abnormal dan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Perlunya menjaga kebersihan lingkungan baik diri sendiri maupun sekitar.
  • Mengatur pola makan dengan baik. Mengurangi makanan berlemak dan junkfood serta perbanyak memakan sayur dan buah.
  • Olahraga secara teratur.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menjaga kesehatan jantung memang sangat penting bagi manusia karena dapat membuat umur menjadi lebih panjang. Dan ternyata untuk memperoleh jantung yang sehat dapat dilakukan denga usaha yang mudah dan bisa dilakukan sehari-hari. Dengan menjaga kesehatan jantung diharapkan semakin sedikit korban yang jatuh akibat penyakit yang menyerang jantung.

Contoh 8. Karya Tulis Ilmiah Tentang Kebersihan

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

1. Latar Belakang Masalah

Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk didalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang.

Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunya terus meningkat. Promblem tentang kebersihan lingkungan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akan hal kebersihan lingkungan.

BAB II
PEMBAHASAN

Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kebersihan sebuah cerminan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting dalam kehidupan sehari hari. Dan seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, penyakit, dan lain-lain, yang dapat merugikan segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku lingkunagn masyarakat. Oleh sebab itu, setiap orang wajib mempunyai kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan.

Berikut Tips dan trik menjaga kebersihan lingkungan:

  • Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.
  • Selalu libatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
  • Perbanyak tempat sampah disekitar lingkungan anda
  • Pekerjakan petugas kebersihan lingkungan dengan memberikan imbalan yang sesuai setiap bulannya.
  • Sosialisai kepada masyarakat untuk terbiasa memilah sampah rumah tangga menjadi sampah organik dan non organik.
  • Kreatif dengan membuat souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah.
  • Atur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan.

Kesimpulan

Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan setiap masalah kebersihan setiap tahunya selalu meningkat. Dan mengakibatkan keadaan yang merugikan kota Jogja contohnya: Banjir saat hujan deras.Dari hal itu kita harus menyadari kebersihan itu penting. Marilah kita semua menjaga kebersihan secara bersama-sama agar menjadi lingkungan yang bersih dan sehat.

Contoh 9. Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup

Pencemaran di dalam Lingkungan

BAB 1
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Lingkungan hidup diartikan secara beragam. Menurut Kamus Ekologi, lingkungan hidup disebut juga environment. Environment ialah kesatuan antara makhluk hidup (biotik) dan non-hidup (abiotik) yang ada di bumi. Sedangkan, menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2009, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang seluruh benda. Baik makhluk hidup termasuk manusia, keadaan hingga perilaku manusia.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa lingkungan hidup adalah gabungan antara semua makhluk hidup dan faktor serta komponen sekelilingnya. Makhluk hidup yang ada di bumi merupakan salah satu faktor keberhasilan lingkungan hidup. Makhluk hidup yang dikhususkan yaitu manusia. Manusia adalah makhluk berakal yang diciptakan Tuhan dengan sempurna dalam keadaan yang utuh pula.

Oleh sebab itu, kegagalan lingkungan hidup seperti pencemaran yang terjadi dapat dikatakan ulah manusia. Tingkah laku manusia pada masa kini sudah melebihi batas wajar. Salah satunya yaitu membuang sampah sembarangan. Banyak tempat yang seharusnya bersih dari sampah justru tertimbun sampah. Tempat yang seharusnya rindang dan asri, berubah menjadi tempat yang panas dan gersang.

2. Rumusan Masalah

Apa saja jenis pencemaran bagaimana penjelasannya?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui jenis pencemaran lingkungan hidup.

BAB III
PEMBAHASAN

Pencemaran Udara

Pencemaran udara tidak selalu disebabkan karena ulah manusia contohnya seperti pencemaran udara oleh gunung meletus. Sebagian besar pencemaran udara disebabkan oleh kendara bermotor. Beberapa penyebab pencemaran udara diakibatkan oleh asap rokok, karbon dioksida, Ozon dan lain-lain.

Pencemaran Air

Indikasi Pencemaran air seperti air yang berbau, berwarna dan biota yang mati didalamnya. Pencemaran air dapat disebabkan oleh

  • Limbah pabrik atau industry
  • Bahan peledak penangkap ikan
  • Pestisida
  • Sampah

Pencemaran Tanah

Suatu tanah dikatakan sudah tercemar ketika tanah itu tak dapat lagi digunakan untuk kebutuhan manusia. Kebutuhan yang dimaksud seperti bercocok tanam. Selain itu, tanah yang gersang juga suatu ciri tanah sudah tercemar. Penyebab pencemaran tanah, yaitu:

  • Senyawa asam
  • Pestisida berlebih
  • Pupuk kimia
  • Limbah industri, pabrik dan nuklir
  • Limbah rumah tangga misalnya deterjen.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan (Contoh karya tulis ilmiah)

Pencemaran dibagi menjadi tiga yaitu pencemaran air, tanah dan udara. Setiap pencemaran juga memiliki penyebab tertentu. Penyebab pencemaran satu dan lainnya tidak jauh beda. Contohnya penggunaan pestisida berlebih. Untuk itu, manusia sebagai makhluk berakal di bumi wajib mengurangi penggunaan bahan-bahan penyebab pencemaran dan menjaga lingkungan.


Demikianlah, penjelasan mengenai contoh karya tulis ilmiah lengkap beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

Referensi: TheGorbalsa, Sevima

About Muhammad Mirza 57 Articles
Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*