Alat Musik Tradisional Bali Lengkap beserta Gambarnya

alat musik dari bali
ilustrasi oleh dribbble.com

Alat musik dari bali antara lain genggong bali, pereret bali, alat musik seruling bali, ceng-ceng bali dan selengkapnya dalam artikel ini.

Kita mungkin hanya mengenal Bali melalui pantainya yang indah, beragam budaya, tarian dan nuansa hindu yang kental ternyata Bali juga memiliki berbagai macam alat musik tradisional asli dari daerah mereka.

Bali memiliki berbagai macam alat musik tradisional yang unik. Nah, berikut adalah beberapa alat musik tradisonal Bali yang masih popular dan dilestarikan sampai sekarang.

1. Genggong Bali

alat musik dari bali

Genggong Bali adalah alat musik dari Bali yang memiliki suara getar cukup unik dan cara memainkannya pun unik dengan cara memanfaatkan rongga mulut untuk membunyikan alat ini sebagai resonatornya.

Alat musik ini sering digunakan sebagai sarana hiburan, alat pengiring pada acara pernikahan atau pesta dan masih banyak lagi.

2. Pereret Bali

alat musik dari bali

Pereret Bali adalah salah satu alat musik sejenis terompet yang terbuat dari kayu.

Menurut sejarahnya, alat musik ini dikenal dengan sebutan pengasih asih karena sering digunakan oleh perjaka untuk menarik hari seorang wanita.

Alat musik ini digunakan untuk mengiringi kesenian Sewo Gati yang masih ada sampai sekarang.

3. Seruling Bali

Bali juga memiliki alat musik tradisional seruling seperti daerah lainnya.

Seruling Bali terbuat dari bahan berupa bambu dengan 6 lubang yang digunakan untuk mengatur nada dan tempat meniupkan udara sehingga muncul irama-irama yang khas suara seruling.

4. Ceng-Ceng Bali

alat musik dari bali

Alat musik ceng-ceng bali menjadi salah satu bagian dari alat musik gamelan Bali yang tidak bisa dilepaskan dari satu seperangkat tersebut.

Baca juga:  Karir : Pengertian, Tujuan Karir Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Ceng-ceng Bali tersusun dari enam buah logam berbentuk cekung kebawah dan dua logam bundar diatasnya. Alat musik ini berbentuk mirip seperti kura-kura yang memiliki filosofi nilai magis yang kuat.

Oh ya cara memainkan alat musik inipun sangat mudah dengan memukul tembaga bundar diatas dengan tembaga yang dibawah.

5. Rindik Bali

Alat musik rindik adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dipukul sehingga timbul nada selendro. Kalau secara sederhananya, Rindik Bali adalah angklung yang berasal dari Bali.

Alat musik rindik dimainkan oleh dua sampai lima orang, beberapa ada yang memainkan rindik dan sebagian lagi memainkan seruling dan gong.

Alat musik ini biasa digunakan sebagai alat hiburan rakyat atau dikenal sebagai Joged Bumbung. Selain itu, digunakan pula untuk mengiringi acara pernikahan dan penyambutan tamu.

6. Gamelan Bali

Gamelan Bali berasal dari daerah Denpasar yang menjadi salah satu alat musik tradisional disana. Biasanya Gamelan Bali digunakan sebagai pengiring dalam acara pertunjukan seni dan acara-acara sakral di Bali.

Selain itu, Gamelan Bali juga sering digunakan untuk mengiringi upacara keagamaan dan sebagai sarana hiburan ketika penyambutan tamu.

7. Gong Bali

Gong sejak abad ke 13 dan 14 digunakan sebagai alat musik yang mengiringi kegiatan keagamaan di kuil-kuil Kerajaan Hindu sehingga terdapat keterkaitan sejarah antara kerajaan hindu dengan alat musik gong ini di Bali.

Gong terbuat dari logam yang dimaikan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul dan akan berbunyi ketika dipukul bagian tengah yang menonjol.

8. Gerantang Bali

Gerantang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Denpasar Bali tersusun dari beberapa buah bamboo yang mendatar dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan 2 buah alat pemukul.

Baca juga:  20+ Contoh Alat Musik Petik Tradisional Dan Modern Beserta Gambarnya

Alat ini mirip seperti Gambang yang berasal dari daerah jawa. Biasanya alat ini digunakan dalam kegiatan gamelan kelentang atau angklung dan ada yang menyebut gerantang sebagai alat musik rindik.  

Alat musik gerantang sering kali digunakan untuk mengiringi kesenian Cupak Gerantang yang menceritakan tentang dua tokoh kakak beradik, dimana cupak mengambarakan karakter dengan sifat buruk sedangkan gerantang mengambarakan sifat yang baik.

Demikian penjelasan mengenai beberapa macam alat musik tradisional Bali lengkap beserta gambar. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply