Wanita Sholehah: Sifat dan Ciri-Cirinya dalam Islam

wanita sholehah
ilustrasi oleh dribbble.com

Wanita sholehah memiliki sifat taat dan bertaqwa kepada Allah SWT serta paham agama, menutup aurat dan menjaga jilbabnya, pandai bersyukur, senantiasa beristigfar, dan taat kepada suaminya.

Wanita sholehah, lebih baik dari pada dunia dan seisinya. Disebutkan dalam sebuah hadist muslim bahwa : “Dunia adalah perhiasan. Dan sebaik baik perhiasaan adalah wanita sholehah”.

Sungguh, begitu indah perumpamaan yang Allah SWT berikan kepada setiap wanita sholehah. Disamakan layaknya, perhiasan dunia, bahkan lebih baik dari pada seisi dunia.

Sungguh hina, jika kemuliaan wanita di lihat dari segi penghasilan, pendidikan, status, dan jabatan. Disamping itu juga, Allah SWT menjanjikan surga pada tiap tiap wanita sholehah.

Sifat dan Ciri-Ciri Wanita Sholehah

Wanita sholeh merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang sangat di istimewakan, terbukti banyak surah Al-quran yang menyebutkan banyak keistimewaan wanita.

Islam menempatkan wanita, sebagai makhluk paling mulia yang harus dijaga, dan juga menempatkan wanita dalam posisi terhormat.

wanita sholehah

Allah SWT menciptakan wanita beserta keindahannya, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Keindahan itu bukan hanya dinilai dari fisik saja, melainkan juga hati dan pikiran. Layaknya perhiasan, haruslah dijaga dan dirawat.

Sifat Wanita tercermin dari sikap dan tindakannya yakni:

1. Wanita yang taat dan bertaqwa kepada Allah SWT serta paham agama.

Bekal yang sangat diutamakan adalah paham tentang ajaran-ajaran agama, bisa membaca dan melantunkan ayat-ayat Al-qur’an, yang bisa menjadi dasar untuk dapat mewujudkan rumah tangganya dengan pondasi yang kokoh, guna menyiapkan generasi Islam yang diridhoi-Nya.

Baca juga:  Waktu Sholat Dhuha Terbaik (Menurut Ajaran Islam)

Wanita sholeh akan selalu beriman dan meyakini bahwa Allah Subhaanahu wata’ala adalah Rabbnya, dan Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah nabi-Nya, serta islam pedoman hidupnya.

Dampak itu semua, nampak jelas dalam perkataan, perbuatan, dan amalannya. Dia akan menjauhi apa-apa yang menyebabkan murka Allah, takut dengan siksa-Nya yang teramat pedih, dan tidak menyimpang dari aturan-Nya.

2. Wanita yang menutup aurat dan menjaga jilbabnya.

Wanita sholehah senantiasa menjaga jilbabnya dengan rasa senang hati. Sehingga dia tidak keluar kecuali dalam keadaan berjilbab rapi, mencari perlindungan Allah dan bersyukur kepadaNya, atas kehormatan yang diberikan dengan adanya hukum jilbab ini.

Dimana Allah Subhaanahu wata’ala menginginkan kesucian baginya dengan jilbab tersebut. Allah berfirman:

Artinya: “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab:59).

3. Wanita yang pandai bersyukur

Wanita yang tidak sering mengeluh, serta mampu menikmati, serta mengambil hikmah atau pelajaran dari setiap kehidupan yang ada.

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa penghuni neraka kebanyakan adalah perempuan yang kufur, salah satunya yaitu perempuan yang mengkufuri suami serta mengkufuri kebaikan suami.

Jika wanita sudah menjadi istri, sudah sepatutnya mensyukuri dan menerima pemberian yang suami berikan, serta mampu menerima kebaikan suami dan tidak melupakannya.

4. Wanita yang senantiasa beristigfar

Wanita yang sholehah, didalam hatinya tertanam rasa takut kepada Allah, apabila melakukan suatu kesalahan atau perbuatan yang dilarang dan dibenci oleh Allah.

Sehingga wanita sholehah senantiasa menjaga diri dengan selalu beristighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT. Bibirnya yang selalu basah menyebut asma Allah, berdzikir dan beristigfar.

Baca juga:  Daftar Nama Malaikat Allah beserta Tugas-Tugasnya

5. Wanita yang taat kepada suaminya

Wanita sholehah wajib hukumnya patuh dan taat kepada suaminya. Wanita sholehah selalu menjaga ketaatan kepada suaminya, seiya sekata, sayang kepadanya, mengajaknya kepada kebaikan, menasihatinya, memelihara kesejahteraannya, tidak mengeraskan suara dan perkataan kepadanya, serta tidak menyakiti hatinya.

Allah berfirman dalam Al Quran surah An Nisa ayat 34 :

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

Artinya :

“Istri shlehah adalah yang taat dan memelihara diri ketika suaminya tidak ada di dekatnya dikarenakan Allah telah memelihara mereka.” (An-Nisa: 34).

Ulasan diatas, membahas tentang sifat dan ciri- ciri dari wanita sholehah, sehingga dengan kita mengetahui ciri ciri wanita sholehah, kita mampu meniru dan mengamalkannya.

Serta senantiasa menjadikannya sebagai motivasi, untuk menjadi wanita muslimah yang berbenah diri dan selalu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aamiin.

Alumni Pondok Pesantren Al-Fatimah Bojonegoro. Senang menulis topik keislaman.