Sumber : https://www.instagram.com/p/BqA2MDYFXK9/ dengan pengubahan

Ajang peragaan busana paling bergengsi di dunia, Victoria’s Secret, tahun ini kedatangan model baru yang berbeda dari kebanyakam model lain.

Dialah Winnie Harlow.

Coba kamu perhatikan lebih saksama betapa dirinya begitu berbeda dengan model-model lain bahkan sang model senior.

Sudah ketemu perbedaannya?

Ya perbedaannya adalah pada warna kulit Winnie.

Bukan bukan, disini saya tidak akan mendiskriminasi warna kulitnya yang berbeda dengan warna kulit model-model lainnya, mengkategorikan cantik atau tidak, atau menerbitkan sebuah hoax berkaitan dengan hal itu.

Saya hanya mau menjelaskan apa yang sebenarnya dialami Winnie Harlow sejak berusia 4 tahun mulai dari lutut, bibir, dan diatas alis hingga ia sempat tidak percaya diri saat mengikuti casting Victoria’s Secret ini.

 

Pengidap Vitiligo

Winnie Harlow adalah model pertama pengidap vitiligo.

Vitiligo sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit akibat sel yang membentuk melanin tidak berfungsi atau mati. Luas dan parahnya serangan sangat bervariasi serta tidak dapat diprediksi.

Hasil gambar untuk Winnie Harlow

Walaupun secara umum menyerang kulit, namun vertiligo dapat pula menyerang bagian tubuh lainnya seperti mata, rambut bahkan bagian dalam mulut.

Inilah yang akhirnya melahirkan bercak-bercak putih pada kulit.

Vitiligo digolongkan menjadi dua, yaitu

  1. Vitiligo menyeluruh pada kedua sisi tubuh seperti diderita Winnie Harlow bersama kira-kira 90 persen pengidap lainnya, dan
  2. Vitiligo sebagian dimana terjadi hanya bagian-bagian tubuh tertentu atau salah satu sisi tubuh saja.

 

Penyebab dan gejalanya

Pertanyaan selanjutnya pasti apa sih penyebab, gejala atau tanda-tanda terjangkit dan apakah penyakit dengan rata-rata usia pengidap 20-30 tahun ini bisa disebuhkan? Iya gak?

Oke sabar ya ambo cari dulu jawabannya di kitab mahasuci kedokteran.

Baca juga:  Apakah Mimpi Bisa Dikendalikan?

Gejala utama penyakit ini adalah munculnya bercak-bercak berwarna lebih muda daripada warna kulit terlebih bagian yang acap kali terpapar sinar matahari lalu lambat laun menjadi putih diikuti rasa gatal, inflamasi, memerah tepiannya atau berubah menjadi coklat.

Kalau kamu mengetahui dan curiga dengan keadaan tubuhmu seperti diatas, harus cepat hubungi dokter ya, karena deteksi lebih awal dari penyakit ini memberi peluang untuk menghambat perkembangan kondisinya.

Namun, sayangnya hingga kini penyebab kurangnya melanosit (sel kulit pemroduksi melanin) yang menyebabkan lahirnya bercak-bercak tak diundang di kulit masih belum diketahui pasti.

Ternyata eh ternyata, diantara ribuan alasan ketidakpastian ada kata ‘pasti’ kan?

Nah, ini nih kata-kata ‘pasti’ yang dibilang oleh dokter tentang dalang penyakit ini :

  • Penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel yang sehat, salah satunya melanosit di kulit
  • Riwayat keluarga atau keturunan. Ayo coba dicek lengkap ya ke seluruh keluarga kamu terutama keluarga inti apakah ada yang mengidap penyakit serupa
  • Kondisi lain yang memicu terjadinya vertigo seperti terbakar sinar matahari, stress dan paparan bahan kimia

Meskipun bukan tergolong penyakit menular atau mengancam kehidupan, sejujurnya belum ada pengobatan tepat tanpa resiko untuk penyakit ini.

Tapi kamu bisa menutupinya kalo tidak pede misalnya dengan krim kamuflase guna menyamarkan bercak-bercak vitiligo atau dengan tanning lotion.

Atau kamu mau memilih cara seperti Winnie Harlow?

Ia mendobrak dunia kecantikan dengan berteriak lantang: ‘Hal yang terbaik adalah membuat diri merasa cantik seutuhnya’ ditambah segudang prestasi sebagai bukti bahwa orang yang mengidap penyakit ini tidak perlu malu dan sedih.

Hmm silakan dipilih dan direnungkan ya.

 

Referensi :

Baca juga:  6 Fakta Dasar Tentang Gerak yang Perlu Kamu Pahami
No more articles