Daftar 40+ Universitas Terbaik di Dunia [TERUPDATE]

Ilustrasi oleh dribbble.com

Universitas terbaik di dunia antara lain Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University, Harvard University, California Institute of Technology (Caltech), University of Oxford… hingga University of Melbourne yang akan dibahas dalam artikel ini.

Pemerintah di berbagai negara belahan dunia telah menyediakan dana pendidikan yang sangat fantastis karena pendidikan merupakan aset berharga bagi generasi masa depan.

Dengan pendidikan, generasi muda suatu bangsa dapat berkembang dan mampu terlibat aktif dalam pembangunan negara kedepannya.

Pendidikan merupakan suatu investasi jangka panjang yang sangat layak untuk diperjuangkan. Tak heran jika beberapa orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pendidikan terbaik. Meskipun perjalanan menempuh pendidikan tersebut mengorbankan banyak usaha dan biaya, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Berikut beberapa universitas dengan pendidikan terbaik di dunia.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Universitas terbaik di dunia

MIT adalah institusi riset swasta terbaik di dunia dalam bisang sains dan teknologi. Hal ini didasarkan berdasarkan rangking universitas dunia, kampus MIT konsisten berada di urutan pertama selama 9 tahun berturut-turut.

Lokasi kampus MIT terletak di Cambridge, Massachusetts , Amerika Serikat. MIT memiliki 5 kampus dan 1 program kerjasama dengan World Hole Oceanographic Institution (WHOI), sehingga jika ditotalkan terdiri dari 32 departemen yang dikhususkan pada bidang Sains dan Teknologi.

2. Stanford University

Universitas Stanford adalah lembaga pendidikan swasta yang didirikan pada tahun 1885 di Semenanjung Fransisco, Silicon Valley, Amerika Serikat. Kampus Stanford merupakan tempat lulusan para pengusaha pendiri Yahoo (Jerry Yang), Google (Sergey brin dan Larry Page), serta masih banyak lainnya.

Kampus ini dikenal sebagai kampus terbesar kedua di dunia yang terdiri atas sekolah teknik, kedokteran, pendidikan, hukum, ilmu bumi, bisnis, sains, dan humaniora. Bahkan universitas ini mempunyai sejumlah program dan rumah sakit pendidikan.

3. Harvard University

Universitas Harvard adalah universitas swasta yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Kampus ini berdiri pada 8 September 1636 dengan akumulasi luas wilayah kampus sekitar 2.000 hektar. Harvard merupakan salah satu kampus bergengsi di dunia dengan pendapatan terbesar di antara universitas di seluruh dunia.

Universitas Harvad memiliki lebih dari 9 fakultas, di antaranya adalah Fakultas Seni dan Sains, Fakultas Kedokteran, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Publich Health, dan Kennedy School of Government.

4. California Institute of Technology (Caltech)

Institut Teknologi California (Caltech) adalah salah satu universitas swasta yang terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. Caltech cukup terkemuka sebagai salah satu universitas dengan aktivitas riset yang tinggi. Kampus ini menekankan fokus pada ilmu alam dan teknik serta memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa yang dikenal dengan nama Jet Propulsion Laboratory.

5. University of Oxford

Universitas Oxford merupakan perguruan tinggi tertua di Inggris yang terletak di kota Oxford, Britania Raya atau Inggris. Bersama dengan Cambridge, Universitas of Oxford senantiasa mengedepankan prestasi dan kulitasnya dalam dunia akademis. Jebolan kampus ini telah melahirkan orang-orang yang sukses di dunianya. Bahkan terdapat 5 pemegang hadiah Nobel dari kampus bergengsi ini.

Universitas ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dari berbagai departemen akademik. Beberapa jurusan yang ditawarkan oleh Universitas Oxford antara lain arsitektur, bangunan dan perencanaan, bisnis dan manajemen, hukum, humaniora, ilmu komputer, dan masih banyak lagi.

6. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

ETH Zurich merupakan kampus bergengs dunia yang terletak di Zurich dan Lausanne, Switzerland. Kampus ini mengedepankan fokus dalam bidang teknologi dan ilmu-ilmu alam. ETH Zurich dikenal dengan sistem pendidikan dan penerapan sains yang sangat bagus teruma bidang Teknik Sipil (Civil Engineering). Hingga saat ini, tercatat terdapat 21 pemegang hadiah Nobel berasal dari kampus ETH Zurich.

7. University of Cambridge

Dalam sejarahnya, Universitas Cambridge merupakan kampus tertua kedua di Inggris yang persyaratan masuknya paling ketat di Britania Raya. Lulusan dari Universitas Cambridge telah banyak menorehkan prestasi di dunia sains dan teknologi. Terdapat hingga 80 penghargaan Nobel diraih oleh universitas ini. Dari 80 pemenang, 70 diantaranya merupakan mahasiswa prasarjana atau pasca-sarjana.

Universitas Cambridge terbentuk dari berbagai lembaga yang meliputi 31 college, dan lebih dari 100 departemen akademik yang tersusun dalam 6 Sekolah. Universitas Cambridge banyak menempati bangunan bersejarah yang tersebar di seluruh kota.

8. Imperial College London

Kampus Imperial College London (ICL), dikenal dengan sebutan ‘The Imperial College of Science, Technology, and Medical. Hal ini lantaran kampus ini berfokus dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, serta bisnis. ICL selalu masuk kedalam daftar universitas terbaik dunia dan menjadi pusat utama penelitian biomedis dengan penelitian mengenai kesehatan biologis. Jika kamu merupakan calon mahasiswa yang menggeluti bidang kesehatan, Imperial College London bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

9. University of Chicago

Universitas Chicago adalah sebuah universitas swasta, dengan fokus pada penelitian co-educational sains dan seni yang terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890. Universitas ini juga menghasilkan banyak jebolan orang sukses, diantaranya adalah 13 miliarder dan 51 ilmuwan Rhodes yang sangat terhormat.

Program pendidikan Universitas Chicago terdiri dari College, pasca sarjana, dan sekolah profesional. Penawaran pascasarjana yang terkenal meliputi Booth School of Business, Law School, Pritzker School of Medicine, Sekolah Studi Kebijakan Publik Harris dan Departemen Geofisika Sciences, serta program pascasarjana peringkat teratas di bidang ekonomi, Divinity School . 

10. University College London (UCL)

Universitas College Loncon (UCL) merupakan salah satu universitas terbaik dunia yang terletak di jantung kota London, Inggrin. Oleh sebab itu, kampus ini dikelilingi oleh perpustakaan besar, museum, arsip, dan badan-badan profesional di Inggris.

Universitas ini dikenal memiliki reputasi internasional untuk kualitas pengajaran dan pendidikan di seluruh spektrum akademik.  UCL termasuk dalam bagian dari pusat penelitian biomedis terbesar di dunia. Terhitung sudah banyak alumni kampus ini telah mendapat penghargaan Nobel dari berbagai bidang.

11. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore (NUS) adalah kampus terbaik nomor 1 di Asia Asia University Ranking.

Dengan luas tak seberapa di wilayah Singapura, kampus ini termasuk dalam kampus bergengsi kelas dunia. Selain itu, kampus NUS merupakan kampus tertua dan memiliki kejuruan kedokteran pertama di Singapura.

12. Princeton University

Universitas Princeton terletak di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Di Amerika Serikat, Princeton termasuk institusi pendidikan tinggi tertua nomor empat yang bergengsi hingga saat ini. Princeton memiliki banyak jurusan terbaik seperti arsitektur, teknik, dan urusan internasional dan publik. Universitas Princeton hingga saat ini memiliki hubungan dengan Brookhaven National Laboratories dalam mengembangkan kegiatan akademis.

13. Nanyang Technological University, Singapore (NTU)

Universitas terbaik dunia selanjutnya adalah Nanyang Technological University (NTU) yang terletak di Jurong, SIngapura. Dengan luas 2 km² , NTU dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern untuk menunjang kebutuhan pengajaran dan riset.

14. Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, Switzerland

Universitas yang berada di Lausanne, Swiss ini termasuk sebagai salah satu universitas terbaik dunia. Kampus ini lebih memfokuskan pada pengajaran terkait ilmu alam dan rekayasa. Swiss Federal Institute of Technology (EPFL) memiliki tiga misi utama: pendidikan, penelitian dan transfer teknologi di tingkat internasional.

15. Tsinghua University

Universitas terbaik di dunia

Universitas Tsinghua adalah sebuah universitas riset yang berlokasi di Beijing, Tiongkok, dan termasuk sebagai salah satu dari sembilan anggota dalam Liga C9 universitas. Didirikan pada tahun 1911, Universitas Tsinghua mendedikasikan diri sebagai universitas untuk keunggulan akademik, kesejahteraan masyarakat Tiongkok, dan pembangunan global.

Dengan riset dan pelatihan yang kuat, Universitas Tsinghua secara konsisten berperan sebagai salah satu pusat institusi akademis di Tiongkok, bersama perguruan tinggi China lainnya yaitu, Universitas Peking.

16. University of Pennsylvania

Universitas terbaik di dunia

Termasuk dalam universitas swasta di Philadelpia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Universitas Pennsylvania berdiri tahun 1740 dan merupakan anggota Ivy League. Terdapat beberapa departemen dalam kampur ini, diantaranya adalah sekolah kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, bisnis, hukum, desain, ilmu sosial, dan humaniora. Kampus ini aktif dalam pengembangan riset dan penelitian yang terbagi menjadi beberapa bidang seperti penelitian komputer elektronik, vaksin hepatitis B, rubella, terapi kognitif, dan masih banyak lagi.

17. Yale University

Kampus terbaik di dunia yang terletak di New Haven, Connecticut, dan berdiri pada taun 1701 sebagai Collegiate School. Universitas ini merupakan institusi pendidikan tinggi ketiga dan tertua di Amerika Serikat yang mendapat berbagai penghargaan nobel. Penerimaan akademik kampus ini sekitar USD 12,7 miliar, merupakan penerimaan akademik terbesar kedua di dunia setelah Harvard.

18. Cornell University

Universitas terbaik di dunia

Universitas terbaik di dunia selanjutnya adalah universitas riset swasta di Amerika Serikat, Universitas Cornell. Kampus yang berdiri tahun 1865 ini mempunyai dua kampus kedokteran di New York City dan di Education City di Doha, Qatar. Universitas ini dibangun oleh Ezra Cornell dan Andrew Dickson White setelah usainya perang saudara di Amerika. Moto dan semboyan universitas ini adalah “Saya akan membangun sebuah institusi yang setiap orang bisa merasakan pendidikan di setiap bidang”.

19. Columbia University

Universitas terbaik di dunia

Merupakan universitas swasta di New York City, Amerika Serikat, yang berdiri pada tahun 1754 dengan nama King’s College. Universitas Columbia merupakan salah satu anggota Ivy League. Kampus ini dikenal sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia yang memimpin dalam bidang ilmiah, humanitas, hukum, pendidikan, bisnis, kedokteran, dan teknik sipil.

20. The University of Edinburgh

Universitas terbaik di dunia

Universitas Edinburgh adalah universitas publik yang terletak di Edinburgh, ibu kota Skotlandia. Kampus ini didirikan pada tahun 1583. Universitas Edinburg termasuk ke dalam universitas paling populer ketiga di Britania Raya berdasarkan volume pendaftar. Seleksi masuk universitas sangat kompetitif hingga kemungkinan diterima adalah satu tempat per dua belas pendaftar.

Universitas Edinburg dianggap sebagai salah satu universitas paling prestisius di dunia. Universitas Edinburgh memainkan peranan penting yang menjadikan Edinburgh sebagai salah satu pusat intelektual selama Abad Pencerahan, dan membuatnya dijuluki Athena di utara.

21. University of Michigan Ann Arbor

Universitas Michigan adalah kampus riset publik yang terletak di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat. Kampus ini pertama kali didirikan pada 1817 di Detroit. Universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas riset paling terkemuka di Amerika Serikat dengan aktivitas riset yang sangat tinggi. Universitas Michigan menawarkan berbagai program pasca-sarjana seperti program doktoral di bidang humanitas dan sosial sains, serta dalam gelar profesional untuk jurusan bisnis, kedokteran, hukum, farmasi, keperawatan, pekerjaan sosial, dan kedokteran gigi.

22. The University of Hong Kong

Kampus yang berdiri tahun 1911 ini adalah institusi tertua di Hong Kong, dengan sejarah terbentang lebih dari seratus tahun. Selain itu, Universitas Hong Kong juga merupakan salah satu universitas riset terkemuka yang paling diakui di dunia.

Universitas Hongkong mempunyai koneksi global yang luas dengan sistem pengajaran bahasa Inggris. Bahkan, lulusan dari kampus ini mengenai tingkat kerja yang tinggi hingga mencapai angka 99,4% selama 11 tahun terakhir.

23. Peking University

Universitas Peking adalah universitas tertua yang ada di China. Didirikan pada tahun 1898 sebagai ganti sekolah Guozijian kuno. Universitas Peking memainkan peran penting dalam sejarah pendidikan di China. Hingga saat ini, Universitas Peking merupakan kampus terbaik di China dalam bidang penelitian dan pengajaran sains terapan.

24. The University of Tokyo

Jepang merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, terutama dalam bidang sains dan teknologi. Tak heran jika The University of Tokyo termasuk ke dalam universitas terbaik di dunia.

Beberapa bidang jurusan di universitas Tokyo termasuk dalam 10 terbaik dunia, antara lain: jurusan bahasa modern, mekanik, aeronautical & manufacturing engineering, anatomi dan psikologi, jurusan farmasi, fisika dan astronomi, serta sosial politik dan administrasi.

25. John Hopkins University

Universitas John Hopkins, merupakan salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat dan dunia. Kampus ini berdiri pada 22 Januari 1876 dengan tujuan sebagai pusat penelitian. Awalnya universitas ini dipimpin oleh Daniel Colt Gilman. Kampus ini memiliki beberapa kampus basis seperti yang ada di Baltimore, Maryland, dan United States. Beberapa kampus cabang berada di tempat lain seperti Washington D.C, Italia, Tiongkok, bahkan Singapura.

26. University of Toronto

Terletak di lingkungan rindang Queen’s Park, Universitas Toronto telah menjadi universitas terbaik di kota Kanada sejak didirikan pada tahun 1827. Tidak hanya terbaik di Kanada, tetapi Universitas Toronto adalah salah satu universitas terbaik di dunia.

Universitas Toronto merupakan universitas riset publik dengan 11 perguruan tinggi. Secara akademis, Universitas Toronto dikenal dengan kurikulum yang berpengaruh terhadap kritik sastra dan teori komunikasi. Selain itu, Universitas Toronto adalah tempat kelahiran penelitian insulin dan sel induk dan merupakan tempat dari mikroskop elektron praktis pertama. Dengan margin yang signifikan, Universitas Toronto menerima dana penelitian ilmiah tahunan besar dari universitas lain di Kanada.

27. The Hong Kong University of Science and Technology

Berdiri pada tahun 1991, Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) adalah sebuah institusi pendidikan di Hong Kong yang menempati peringkat teratas di antara universitas-universitas muda di dunia. HKUST mempunyai tujuan untuk menjadi universitas terdepan dalam skala lokal maupun internasional dengan sistem pengajaran dan penelitian.

28. The University of Manchester

Universitas Manchester merupakan salah satu universitas terbaik di Inggris yang menawarkan lebih dari 1.000 program di berbagai bidang humaniora, bisnis, sains, hingga teknik.

Beberapa lulusan dari Universitas Manchester termasuk ke dalam golongan peraih hadiah Nobel. Terdapat sekitar 25 pemenang Nobel berasal dari kampus bergengsi ini. Saat ini, Universitas Manchester berada di garis depan penelitian dalam bidang sains dan teknik, dan termasuk dalam kampus dengan penelitian intensif dan terkemuka di Inggris.

29. Northwestern University

Universitas Northwestern, didirikan pada 1851, merupakan lembaga swasta di Evanston, Illinois, yang juga memiliki kampus di Chicago. Program pendidikan yang terdapat di kampus ini terdiri dari Sekolah Kedokteran; Musik; Manajemen; Teknik dan Sains Terapan; Jurnalisme; Komunikasi; Studi Lanjutan; Pendidikan dan Kebijakan Sosial; serta Hukum; Sekolah Pascasarjana dan Fakultas Seni dan Sains. Jenjang pendidikannya yaitu dari tingkat sarjana, master, sertifikasi, profesi dan doktoral.

Berdasarkan rekam jejaknya, universitas ini selalu menempati peringkat atas sebagai salah satu sekolah bisnis terbaik di dunia menurut versi BusinessWeek, US News & World Report, The Economist Intelligence Unit, dan outlet berita bisnis lainnya. Jebolan dari Universitas Northwestern telah banyak yang memegang posisi kepemimpinan di dunia bisnis, organisasi nirlaba, lembaga pemerintah dan institusi akademik yang tersebar di seluruh dunia.

30. University of California Berkeley (UCB)

Universitas terbaik di dunia

Universitas UCB yang berdiri pada tahun 1868, dikenal dengan nama lain Cal, atau Berkeley. UCB adalah universitas publik yang terletak di timur Teluk San Fransisco, Amerika Serikat, yang merupakan pemimpin universitas riset.

Selain itu, Universitas Berkeley juga terkenal dengan kualitas akademis dan riset yang luar biasa. Jebolan salah kampus terbaik dunia ini adalah Steve Wozniak atau yang dikenal sebagai salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs. 

31. The Australian National University (ANU)

Australian National University (ANU) adalah salah satu pusat pendidikan dan penelitian terkemuka di dunia.

ANU mencetak catatan kepuasan yang tinggi dari siswa dan kelayakan kerja pascasarjana. Disamping itu, kampus ini juga menawarkan kondisi yang sangat baik termasuk pengaturan kerja yang fleksibel, peluang pengembangan profesional, dan gaji yang kompetitif – semuanya ada di dalam komunitas kampus dan terpadu.

Universitas yang berdiri pada tahun 1946 ini memiliki moto “Naturam Primum Cognoscere Rerum” (Menjadi yang pertama dalam mempelajari sesuatu)

32. King’s College London

Universitas terbaik di dunia

King’s College London merupakan universitas tertua ketiga di Inggris. Perguruan tinggi ini didirikan oleh King George IV dan Duke of Wellington pada tahun 1829. King’s memiliki 12 alumni penerima Penghargaan Nobel.

King’s College London memiliki peran penting dalam pembentukan kehidupan modern, seperti ditemukannya stuktur DNA. Hingga saat ini, perguruan tinggi ini merupakan pusat pendidikan terbesar di Eropa dalam bidang kedokteran, kedokteran gigi dan profesi kesehatan lainnya.

King’s juga adalah rumah bagi enam Pusat Dewan Penelitian Medis, memiliki sekolah kedokteran gigi terbesar di Eropa dan sekolah profesi keperawatannya tertua di dunia.

33. McGill University

Universitas terbaik di dunia

Perguruan tinggi McGill University adalah universitas tertua yang berdiri tahun 1821 di Kanada dan berlokasi di Montreal, Quebec, Kanada.

Nama universitas ini berasal dari James McGill, seorang pedagang Montreal penting yang berasal dari Skotlandia. Universitas MgGill telah banyak melahirkan alumni-alumni yang menjadi tokoh penting di berbagai belahan dunia.

34. Fudan University

Universitas terbaik di dunia

Universitas Fudan adalah perguruan tinggi bergengsi di Tiongkok yang terletak di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok.

Perguruan tinggi ini merupakan anggota dalam Liga C9, yaitu aliansi 9 universitas yang diprakarsai pemerintah Cina untuk mempromosikan pengembangan pendidikan perguruan tinggi di Cina.

Fudan sekarang terdiri dari empat kampus di pusat kota Shanghai, termasuk Handan, Fenglin, Zhangjiang, dan Jiangwan, yang memiliki administrasi pusat yang sama.

35. New York University

Universitas terbaik di dunia

Universitas New York adalah universitas swasta di New York City, Amerika Serikat. Kampus utama NYU terletak di Greenwich Village, Manhattan.NYU didirikan pada tahun 1831 dan kini memiliki peringkat yang sejajar dengan universitas-universitas ternama dunia.

Universitas New York terdiri dari 13 sekolah, fakultas dan divisi, yang menempati lima lokasi utama di Manhattan. Total jumlah mahasiswanya mencapai 50.917 orang dengan 3.892 di antaranya merupakan mahasiswa internasional.

Jenjang pendidikan yang tersedia dari D3, sarjana, master, doktoral dan profesi. Program studi favorit di antaranya seni liberal, sains, pendidikan, profesi kesehatan, hukum , kedokteran, bisnis, seni, komunikasi, pelayanan sosial dan seni pertunjukan.

36. University of California Los Angeles (UCLA)

Universitas terbaik di dunia

Universitas California, Los Angeles (UCLA) adalah universitas riset publik yang berlokasi di Westwood, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Terdapat hingga 300 program sarjana dan pascasarjana dalam berbagai bidang ilmu yang ditawarkan. UCLA Bersama dengan UC Berkeley, dianggap sebagai kampur utama dari sistem Universitas California.

37. Seoul National University

Universitas terbaik di dunia

Universitas Nasional Seoul merupakan universitas terkemuka di Korea Selatan yang terletak di Seoul. Perguruan tinggi ini didirikan pada 22 Agustus1946 dengan menggabungkan 10 perguruan tinggi di sekitar wilayah Seoul.

Universitas Nasional Seoul merupakan perguruan tinggi yang sering dianggap paling prestisius di Korea Selatan. Motto dari perguruan tinggi ini adalah adalah Veritas lux mea ( “Kebenaran adalah cahaya saya”).

38. Kyoto University

Universitas terbaik di dunia

Universitas Kyoto didirikan pada tahun 1897 sebagai Universitas Imperial Kyoto, dan termasuk salah satu universitas terbaik dan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang. Terdapat 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan yang ditawarkan oleh kampus ini.

Tradisi akademik Universitas Kyoto yang dipegang teguh adalah menghargai semangat kebebasan dan kemerdekaan akademik. Penelitian yang dilakukan bersesuaian dengan minat dan tujuan masing-masing individu. Hingga saat ini, Universitas Kyoto telah meraih 5 penerimaan penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler.

39. KAIST – Korea Advanced Institue of Science & Technology

Universitas terbaik di dunia

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) adalah universitas ternama di Korea Selatan yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Universitas ini berdiri sejak tahun 1971 dengan tujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta melahirkan insan-insan yang mampu menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan dua bidang ini.

KAIST berlokasi di Daehak-ro, Yuseong-gu, Daejeon, Korea Selatan. KAIST mempunyai 4 kampus dan 1 akademi yang terdiri dari kampus utama (Daejeon), Seoul Campus, Munji Campus (Daejeon), Dogok Campus (Dogok), dan Korea Science Academy.

40. The University of Sidney

Universitas terbaik di dunia
The jacaranda in bloom in the Quadrangle

University of Sydney merupakan universitas pertama yang berdiri di Australia. Universitas ini berdiri pada tahun 1850, sehingga kampus ini juga dinobatkan menjadi kampus tertua di Autralia dan paling bergengsi di Australia. University of Sydney merupakan anggota dari Group of Eight Australia yang di dalamnya adalah 8 universitas australia yang unggul dalam hal research (penelitian), Academic Consortium 21, Association of Pacific Rim Universities (APRU) dan Worldwide Universities Network.

41. University of Melbourne

Universitas terbaik di dunia

Universitas Melbourne adalah universitas bergengsi dan tertua kedua di Australis. Kampus ini terletak di Melbourne, Victoria, Australia. Universitas Melbourne memegang peringkat atas dalam bidang ilmu-ilmu sosial, ilmu budaya dan biomedis, universitas ini memiliki pamor yang tinggi.


Demikian ulasan mengenai universitas terbaik di dunia. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait