10+ Universitas di Yogyakarta Terbaik dan Terfavorit

universitas di yigyakarta
ilustrasi oleh dribbble.com

Universitas di Yogyakarta terbaik dan terfavorit antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), UIN Sunan Kalijaga dan selangkapnya dalam artikel ini.

Universitas di Yogyakarta sangatlah beragam dan terkenal memiliki prestasi atau peringkat tinggi baik secara nasional maupun internasional.

Yogyakarta seringkali dikenal oleh masyarakat sebagai kota pelajar. Tentu saja hal itu dikarenakan di Yogyakarta terdapat banyak sekali universitas maupun perguruan tinggi.

Berikut merupakan 10 Universitas terbaik yang terkenal di Yogyakarta:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas di Yogyakarta-UGM

Menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia, dan menempati ranking 254 dunia menurut hasil pemeringkatan QS World University Ranking tahun 2021.

Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan Universitas Negeri yang terdiri dari 18 Fakultas dan 1 Sekolah Vokasi. Tenaga pengajar di UGM dikenal sangat berkualitas, sebagian besar bergelar doktor dan profesor dari Universitas terkenal di luar negeri.

Alumninya pun banyak yang menjabat sebagai menteri di pemerintahan. Untuk sarana dan prasarana juga kamu tidak perlu ragu lagi karena UGM mempunyai fasilitas yang sangat lengkap dan memadai. 

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas di Yogyakarta-UNY

UNY menempati posisi ke 6 universitas terbaik menurut Lembaga Pemeringkatan Unirank. Letak UNY pun berdekatan dengan UGM.

Universitas Negeri Yogyakarta ini lebih terkenal dengan jurusan pendidikannya. Sekolah pencetak pendidik bangsa ini sudah memiliki reputasi mapan di dunia akademik Indonesia.

Tentu, hal ini ditunjang dengan perbaikan terus-menerus serta prestasi gemilang yang ditorehkan oleh mahasiswanya.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas di Yogyakarta-UII

Meraih peringkat ke-3, yang sekaligus membuat UII resmi dianugerahi gelar PTS terbaik se-Yogyakarta.

Nama perguruan tinggi swasta telah terakreditasi A di Yogyakarta tidak lepas dari kalangan akademisi di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

Baca juga:  6 Manfaat Push Up Untuk Kesehatan Tubuh dan Peraturan +Resikonya

Tidak hanya dari segi fasilitas, berbagai unsur akademik UII terus menerus dikembangkan sehingga tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia.

UII telah mempertahankan posisinya sebagai universitas terbaik ke-25 di Indonesia.

4. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas di Yogyakarta-UAD

Universitas Ahmad Dahlan atau lebih singkatnya disebut UAD bisa digolongkan sebagai universitas swasta dengan peningkatan ranking terbesar diantara universitas-universitas di Yogyakarta.

Sebagai salah satu universitas terbaik di Yogyakarta, UAS mampu naik dari peringkat 6 menjadi peringkat 4. Mengingat banyaknya prestasi yang telah diraih tenaga pengajar maupun mahasiswanya.

Seperti keberhasilan tim robot UAD dalam Kompetisi Robot Indonesia Regional III DIY-Jawa Tengah, hal ini dinilai sangat wajar.

Tak hanya itu, berbagai program studi Universitas Ahmad Dahlan juga berhasil meraih akreditasi A dan menduduki peringkat ke-27 kategori perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas di Yogyakarta-UMY

Selanjutnya ada Universitas Mohammadiyah Yogyakarta (UMY) yang menempati posisi ke 5. UMY terletak di Jalan Lingkar Selatan Kasihan, Bantul.

UMY didirikan pada 1 Maret 1981 oleh Profesor Kahar Muzaki. Soal prestasi, tak pelak UMY telah sukses meluluskan banyak mahasiswa yang membanggakan nama almamaternya.

Salah satunya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa Sunshine Voice UMY yang berhasil meraih penghargaan di tingkat internasional.

6. Universitas AMIKOM Yogyakarta

Universitas Amikom Yogyakarta

Universitas AMIKOM adalah universitas swasta di Yogyakarta yang memiliki  program diploma, 13 program sarjana, dan 1 program pascasarjana.

Setelah sukses merilis sebuah masterpiece yaitu film animasi “Battle of Surabaya”, AMIKOM mengukuhkan posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi elit Yogyakarta.

Melalui berbagai prestasi positif yang diraih mahasiswanya, AMIKOM memiliki prospek yang luas untuk menjadi pelopor sekolah teknik di Indonesia.

Sejauh ini, AMIKOM masih menduduki peringkat 44 di antara universitas terbaik di Indonesia.

7. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Universitas di Yogyakarta-UIN Sunan Kalijaga

Berbicara tentang Universitas Islam di Yogyakarta ternyata tidak hanya UII dan UMY yang menarik minat calon mahasiswa. Nama UIN Sunan Kalijaga yang merupakan universitas negeri, memang tak bisa disepelekan.

Universitas ini memiliki sejarah pendidikan yang panjang di Yogyakarta dan telah menghasilkan banyak sarjana yang memberikan kontribusi besar di Indonesia.

Baca juga:  Daftar Pakaian Adat 34 Provinsi di Indonesia [LENGKAP + GAMBAR]

Sejauh ini UIN Sunan Kalijaga telah meningkatkan prestasinya di Indonesia dan berhasil menduduki posisi 55 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

8. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

UAJY

Selanjutnya ada Universitas Atma Jaya (UAJY) di Yogyakarta yang menempati peringkat ke-8 universitas terbaik di Yogyakarta.

Menurut statistik Webometrics, PTS ini juga berhasil menduduki peringkat ke-85 universitas terbaik di Indonesia dan 5785 di dunia.

Banyak pula prestasi yang diraih universitas ini, salah satunya yang paling membanggakan adalah UAJY Chorus meraih Medali Emas II kategori Mixed Choir dan Medali Emas II kategori Folklore pada “Second Vietnam International Competition”.

9. Universitas Pembangunan Nasional (UPN)

UPN

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, atau berganti nama menjadi Universitas Veteran UPN Yogyakarta, sekarang menjadi Universitas Nasional Yogyakarta.

UPN Yogyakarta berhasil menduduki peringkat ke-9 kampus terbesar di Yogyakarta. Sejak berdirinya perguruan tinggi negeri pada 2014, reputasi veteran UPN Yogya semakin meningkat.

Universitas yang menjadi favorit program penelitian pertambangan dan perminyakan ini dikenal berhasil menduduki peringkat 87 di antara universitas terbaik di Indonesia.

Dari 7600 menjadi 5.952, peringkatnya di dunia juga meningkat tajam.

10. Universitas Sanata Dharma (USD)

universitas sanata dharma

Universitas Sanata Dharma merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Yogyakarta, menurut pemeringkatan Webometrics, USD berhasil menduduki peringkat ke-66 sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia dan peringkat 5111 dunia.

USD ini juga merupakan salah satu universitas terkenal di Yogyakarta, dan banyak calon mahasiswa dari Yogyakarta dan luar Yogyakarta juga berminat menimba ilmu di kampus ini.

Demikian daftar dari 10 Universitas terbaik di Yogyakarta. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca maupun buat yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi khususnya di kota penuh kenangan ini.

Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

Be the first to comment

Leave a Reply