Loading Likes...

Pertanyaan dari Bayu Wo

Siapa yang umurnya lebih panjang? Orang zaman dulu atau zaman sekarang?

Mari kita cari tahu.

Usia harapan hidup (life expectancy) adalah perkiraan tahun hidup dari manusia yang tinggal di suatu wilayah dalam waktu tertentu.

Parameter ini cocok untuk kita jadikan ukuran siapakah yang umurnya lebih panjang: orang zaman dahulu atau orang zaman sekarang?

Ternyata life expectancy atau harapan hidup manusia sekarang ini sekitar 77 tahun. Hal ini lebih panjang jika dibandingkan dengan orang-orang yang hidup 200 tahun yang lalu yang angka harapan hidupnya rendah, yaitu sekitar 35 tahun.

Kenapa bisa gitu?

Karena jaman dulu tingkat kematian anak itu tinggi.

Zaman dulu, orang sakit sedikit saja sudah bisa meninggal. Sementara zaman sekarang, kalau kita sakit, masih ada dokter, ada rumah sakit.

Teknologi di bidang kedokteran juga sudah sangat canggih untuk bisa menyembuhkan penyakit-penyakit kita.

Itu juga sama aja. Dari fosil-fosil yang pernah ditemukan, bisa diprediksi berapa rata-rata umur mereka ketika meninggal.

Sumber-sumber yang didapat menunjukkan kalau life expectancy di jaman prasejarah itu sekitar 25-40 tahun. Bukan berarti tidak ada yang bisa mencapai usia lebih tinggi dari itu ya. Yang mencapai 70-80 tahun ya mungkin ada aja, tapi yang meninggal di usia anak-anak juga banyak, makanya rata-ratanya cuma sekitar 25-40 tahun.

Kenapa ada yang lebih lama?

Banyak sekali faktor yang menyebabkan usia manusia dapat bertahan lebih lama dari yang lain seperti pengaruh lingkungan, genetik, dan pola hidup.

 

Dijawab oleh Hecate II, Hayi Wildan, Dewa Arga Candra, Hendra Agus Susilo, Myth, Ton Tin, Bio Marwah, Alvin Gustav Wijaya, Heri Priyo Wisuda, Istighfar Pandu Widagdo, Nicho Lintang, Jessica Mhrni, Angel Lase, Alga Vania.

 

Referensi

Bias Statistik Demografi Dunia
Life Expectancy