Bismillah: Tulisan Arab, Latin dan Artinya + Keutamaannya

tulisan bismillah

Tulisan bismillah dalam bahasa arab adalah بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ, yang berarti “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Keutamaan membaca bismillah adalah (1) membuat setan menjadi kecil, (2) mendapatkan pahala yang besar dan selengkapnya dalam artikel ini.


Biasanya kalimat bismillah diucapkan ketika memulai suatu aktivitas ibadah atau pekerjaan lainnya untuk mempermudah urusan kita di dunia dan tentunya di berikan ke ridho-an dari Allah SWT.

Kalimat bismillah merupakan kalimat pembuka serta memiliki arti dalam penyebutan nama Allah SWT, sehingga kalimat ini sebagai bentuk penyerahan diri kita.

Bahwa semua yang kita lakukan benar benar diniati karena Allah ta’ala. Kalimat yang menunjukkan sifat santun dan memuliakan Allah SWT.

Tulisan Arab, Latin dan Artinya

tulisan bismillah

“Bismillahirrahmannirrahiim.”

Yang artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

 Allah SWT berfirman dalam salah satu Hadits Qudsi:

“Barangsiapa mengingat Aku dengan menyebut nama-nama-Ku (termasuk Asmaul Husna), dengan hati yang ikhlas, tidak diperlihatkan kepada orang lain, dimulai dengan mengucapkan Bismillâhirrahmânirrahîm, maka ia kan menikmati minuman dari air sungai-sungai itu.” Diterangkan pula dalam hadits lain: “Allah SWT tidak menolak doba yang diawali dengan Bismillâhirrahmânirrahîm.“

Keutamaan Mengucapkan Bismillah

Ada banyak keutamaan membaca bismillah, mengapa? Karena dengan membaca bismillah akan ada banyak sekali hikmah dibalik bacaan tersebut. Berikut uraiannya :

1. Membaca Bismillah membuat setan menjadi kecil.

Imam Ahmad bin Hanbal dalam musnadnya meriwayatkan dari seseorang yang dibonceng oleh Nabi Muhammad SAW, ia berkata,

Baca juga:  Pengertian Qada dan Qadar beserta Perbedaan dan Contoh (LENGKAP)

“Tunggangan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tergelincir, maka aku katakan: ‘Celaka setan.’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Janganlah engkau mengucapkan ‘celakalah setan.’ Karena jika engkau mengucapkannya, maka ia akan membesar dan berkata: ‘dengan kekuatanku, aku jatuhkan dia.’ Jika engkau mengucapkan bismillah, maka ia akan menjadi kecil hingga seperti seekor lalat.’”(HR. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani).

2. Membaca Bismillah mendapatkan pahala yang sangat besar.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Al Qur’an) maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku (Nabi Muhammad) tidaklah mengatakan Alif Laam Miim adalah satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (H.R. At Tirmidzi)

3. Mendapatkan naungan perlindungan ketika keluar rumah

Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu berkata: “Sesungguhnya Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Bila seseorang keluar dari rumahnya, lalu ia membaca

tulisan bismillah

artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal hanya kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.”

Maka dikatakan padanya: “Engkau telah mendapat petunjuk, engkau tercukupi dan engkau telah terjaga (terbentengi),” sehingga para setan lari darinya. Setan yang lain berkata: “Bagaimana urusanmu dengan seseorang yang telah mendapat petunjuk, tercukupi, dan terbentengi?” (HR. Abu Dawud).

Maka dari itu hendaklah kita mengucapakan lafal bismillah ketika memulai sesuatu.

Sunnah Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan agar setiap muslim sebelum memulai suatu perbuatan hendaklah didahului dengan mengucapkan kalimat Bismillâhirrahmânirrahîm. Sebab ucapan itu akan memberi keberkatan ketika bekerja dan mendapatkan rahmat Allah.

Demikian artikel mengenai tulisan bismillah, Semoga kita senantiasa melakukan seperti apa yang dicontohkan oleh nabi kita. Aamiin.

Alumni Pondok Pesantren Al-Fatimah Bojonegoro. Senang menulis topik keislaman.