Bagi kamu yang sudah pernah mengikuti seleksi pencarian karyawan sebuah perusahaan, pasti sudah pernah berhadapan dengan tes koran.

Pada tes ini calon karyawan akan diminta untuk menjumlahkan bilangan sederhana yaitu 0-9, yang tersusun secara acak. Membujur dari atas sampai bawah dan membentuk lajur.

Sekilas terlihat mudah, namun realitanya kamu harus berjuang keras untuk bisa menaklukan tes tersebut.

Tes koran diciptakan akhir abad ke 19 pertama kali oleh Emil Kraepelin, seorang psikiater asal jerman. Maka dari itu, tesnya dinamakan tes kraepelin.

Namun memang lebih terkenal dengan nama tes koran dikarenakan susunan angka serta lajurnya berada di kertas yang sangat lebar, mirip seperti koran.

Tes koran atau tes kraepelin

Tujuan dari Tes Koran

Awalnya, Emil Kraepelin menciptakan tes ini untuk mengetahui kepribadian seseorang secara klinis, mengukur ingatan serta semua hal yang berhubungan dengan kelelahan distraksi.

Namun seiring berjalannya waktu, tes koran dimaksudkan untuk mengukur bakat seseorang, yang di interpretasikan kedalam 4 faktor:

  1. Kecepatan
  2. Ketelitian
  3. Kestabilan
  4. Ketahanan

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa lolos dan mendapatkan hasil yang baik dari peniliaian tes koran atau tes kraepelin ini? Mengingat, kamu tidak akan diberikan waktu yang cukup untuk menyelesaikan semua soal yang tersedia.

Tips Trik Lolos Tes Koran Dengan Nilai Sempurna

Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar bisa lolos dan mendapatkan nilai yang sempurna dari tes berikut ini.

Baca juga:  Tabel Trigonometri Sin Cos Tan Lengkap (Semua Sudut)

Simak semuanya sampai habis ya! Karena cara ini bisa dilakukan oleh semua orang, tanpa terkecuali.

1. Persiapkan Semuanya Secara Matang

Hampir di semua tes membutuhkan persiapan. Termasuk dengan tes kraepelin atau tes koran. Beberapa alat yang harus dipersiapkan sebelum tes adalah pensil. Jangan membawa 1 pensil saja, tapi siapkan cadangannya juga. Berjaga-jaga jika pensil tiba-tiba tumpul.

Mengingat waktu pengerjaannya sangat singkat, jadi jangan gunakan pensil refil. Karena akan membutuhkan cukup waktu untuk mereload isi pensil tersebut. Lebih baik gunakan pensil biasa, dan siapkan cadangannya 2-3 pensil lagi.

2. Perbanyak Latihan Soal Tes Koran

Walaupun tes ini cukup simple, karena hanya menjumlahkan bilangan sederhana yakni dari 0-9, namun kamu perlu tetap berlatih supaya bisa menjumlahkan deret angka tersebut dengan waktu yang singkat.

Ketika kamu sudah cukup sering berlatih mengerjakan tes koran, maka mental dan fisik kamu akan jauh lebih matang pada saat mengerjakan tes yang sesungguhnya.

3. Pastikan Sarapan Sebelum Memulai Tes

Mengerjakan penjumlahan sederhana pada deret angka yang cukup banyak, akan sangat menguras energi kamu.

Tak jarang, beberapa orang akan merasa pusing dan merasa seperti melayang, setelah mengerjakan tes kraepelin tersebut. Jadi, sarapan merupakan salah satu trik supaya kamu bisa mengerjakan tes dengan lancar tanpa halangan.

4. Menjumlahkan Secara Stabil Di Setiap Kolom

Perlu kamu tau, bahwa setiap kolom deret angka yang kamu kerjakan akan dinilai secara penuh oleh penyelenggara.

Mulai dari hasil penjumlahannya, sampai kestabilan kamu dalam menjumlahkan di setiap kolom angka.

Usahakan semaksimal mungkin untuk mengerjakan secara stabil deret angka per kolom.

Jangan buat rentang terlalu tinggi atau terlalu rendah dalam setiap kolomnya. Karena hal tersebut bisa menunjukan, bahwa kamu sebenarnya bisa mempertahankan tingkat konsentrasi atau tidak.

Baca juga:  Rumus Energi Kinetik Beserta Penjelasan dan Contoh Soal Lengkap

5. Tenang dan Jangan Bersikap Terburu-buru

Kunci sukses selanjutnya agar kamu bisa lolos adalah tenang. Baik sebelum mengerjakan ataupun pada saat mengerjakan tes tersebut. Sikap yang terburu-buru hanya akan melibatkan banyak kesalahan pada saat mengerjakan tes.

Itulah beberapa trik dan tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa lolos seleksi tes koran.

Jangan lupa untuk melibatkan doa, sesaat sebelum mengerjakan tes tersebut.

Artikel ini adalah kiriman kontributor. Isi artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab kontributor.
Author

Write A Comment