A password will be e-mailed to you.

    Kalo ngomongin soal rumus-rumus apalagi fisika, pasti selalu dihubungin soal ngafal. Pada dasarnya rumus nggak harus dihafal tapi cukup dimengerti aja. Nah saat ini gua bakal ngebantu elo nggak hafal suatu rumus. Bukan juga tips-tips yang berkaitan soal ngolah otak buat bisa hafal, nggak sama sekali yah teman-teman. So let me introduce to you, Dimensi Besaran!

     

    Apa itu?

    Nah kalo elo anak fisika, pastinya nggak asing lagi nih yang namanya Dimensi Besaran. Nah jadi elo pasti tahu kalau ada 7 besaran pokok beserta satuannya. Nah ketujuh besaran ini pun mempunyai dimensinya. Nah elo bisa lihat lebih lanjut di bawah ini.

    Dan untuk beberapa besaran turunan, dimensinya bakalan jadi seperti ini

    Lalu apa hubungannya dengan nggak ngafal rumus?

    Jadi gua kasih deh contoh. Misalkan elo lupa rumus dari periode suatu bandul. Yang elo ingat itu dia punya nilai konstanta 2 pi terus ada kaitannya sama panjang tali dan percepatan gravitasi terus elo pikir kayaknya massa bandul juga ngaruh. Oke jadi mari kita mulai.

    Pertama-tama elo list dulu besaran apa saja yang mempengaruhi periode bandul dan seperti yang diatas yang sudah disebut,

    1. Panjang tali (l)
    2. Percepatan gravitasi (g)
    3. Massa bandul (m)

    Nah dan sekarang we do the magic. Untuk periodenya sendiri besarannya ialah waktu, panjang tali ialah panjang dan percepatan gravitasi yang merupakan besaran turunan yang bergantung pada panjang dan waktu. Oke untuk selanjutnya kita bisa buat kayak gini:

    Ohiya pengetahuan basic mengenai eksponen juga sangat diperlukan disini, jadi sebaiknya sebelum lanjut, pastiin kalo elo udah nguasain eksponen dan nggak lupa aljabar tentunya.

    Baca juga:  Hilangnya teknologi akibat hantaman asteroid

    Nah selanjutnya kita buat persamaannya kayak gini nih

    Nah loh, kenapa ada variabel? Yap, karena kita masih belum tahu nantinya rumusnya bakalan jadi kayak gimana makanya kita kasih variabel deh disitu. Lalu kenapa tidak untuk T (periode)? Karena kita pastinya tahu kalau periode itu satuannya hanya sekon dipangkatin satu saja, kagak dipangkatin gimana-gimana gitu. Dan untuk k sendiri yaitu konstanta yang nantinya nggak bakalan ngaruh buat penyelesaiannya nanti. Oke pasti elo bisa paham, selanjutya kita mencari nilai setiap variabel yang ada

    Sehingga kita bisa dapatkan rumusnya dengan mensubstitusikan nilai yang sudah di dapat

    Yeah we got it bro.

    Nah sebenarnya ini yang sering dibilang analisis dimensi. Analisis dimensi sangat bermanfaat bagi para ilmuwan dan insinyur yang ada untuk melakukan perhitungan yang tepat. So stay kepo guys!

     


    Tulisan ini adalah kiriman penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community


     

    Referensi:

    Giancoli, Douglas. 2014. Physics Principles with Applications 7th ed. New Jersey: PEARSON Prentice Hall

     

    No more articles