Senam Ketangkasan: Aturan, Teknik-Teknik Dasar dan Manfaatnya

senam ketangkasan adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Senam ketangkasan adalah salah satu cabang olahraga senam yang bisa dimainkan dengan alat maupun tidak menggunakan alat.

Nah, senam itu sendiri bertujuan untuk menambah daya tahan tubuh atau menjaga tubuh dengan bentuk latihan fisik. Dengan melakukan senam akan membentuk tubuh menjadi lebih ideal dan menjaga tubuh tetap sehat, selain itu bisa membuat koordinasi tubuh dan kelenturan tubuh menjadi lebih baik.

Senam ketangkasan disebut juga sebagai senam artistik karena bentuk-bentuk senamnya memiliki aturan yang sesuai. Untuk lebih jelasnya mengenai senam ketangkasan, bagaiman aturan, teknik-teknik dan manfaatnya bagi tubuh. Simak penjelasan berikut.

Aturan Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan memiliki peraturan yang bertujuan agar pertandingan berjalan sesuai rencana dan tidak ada pihak yang melanggar. Berikut adalah beberapa peraturan senam ketangkasan.

Peralatan

Adapun beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk melakukan senam ketangkasan, seperti

  • Lantai

Ukuran lantai untuk senam ketangkasan sekitar 12 x 12 metert sesuai dengan standar yang berlaku.

  • Matras

Matras yang dipakai dalam senam ketangkasan yaitu matras yang tebal dan tidak licin untuk melindungi peserta dari resiko cidera saat melakukan senam ketangkasan.

  • Kuda-kuda pelana

Alat ini bentuknya mirip seperti punggung kuda. Latihan menggunakan alat ini yaitu dengan melompat sampai ke ujung tanpa mengenai dudukan kuda pelana, beberapa gerakan yang dilakukan seperti flank, Thomas fair dan double circle.

  • Kuda-kuda lompat

Alat ini sedikit berbeda dengan kuda pelana, Kuda-kuda lompat memiliki panjang 1,2 meter dan tinggi 1,35 meter.

  • Gelang-gelang

Gelang-gelang adalah alat yang memilki bentuk lingkaran seperti gelang besar yang digunakan dalam senam ketangkasan.

Atlet biasanya menggantung pada gelang tersebut yang dihubungkan oleh kedua tali dan melakukan gerakan mengayun dan bertumpu.

  • Palang Tunggal

Palang tunggal digunakan pada gerakan yang menantang atau atraktif dengan 1 palang yang bisa diatur ketinggiannya.

  • Palang Sejajar

Palang sejajar sering digunakan dalam senam ketangkasan dan alat ini bisa diatur sesuai keinginan. Palang sejajar memiliki panjang sekitar 330 cm, tinggi 175 cm dan lebar 40-50 cm.

Gerakan yang dilakukan seperti mengayunkan bagian lengan, bahu dan tangga dan tidak boleh memakai gerakan badan lainnya.

Peraturan

Senam ketangkasan memiliki peraturan umum yang wajib dipatuhi oleh pera pesertanya.

Peraturan Pertama

Pertama, peraturan untuk kejuaraan beregu dimana setiap regu terdiri dari 6 pesenam putra maupun putri.

Setelah itu setiap regu memilih rangkaian wajib dan rangkaian pilihan dengan rincian pesenam putra mempunyai 6 alat dan pesenam putri mempunyai 4 alat.

Baca juga:  20+ Contoh Kata Kerja Mental dan Pengertiannya LENGKAP

Juara yang diperoleh untuk kategori beregu adalah regu yang memiliki jumlah nilai terbanyak dari 5 pesenam terbaik pada masing-masing alat untuk rangkaian wajib dan pilihan.

Peraturan kedua

Peraturan kedua yaitu untuk kejuaraan perorangan serba bisa dimana pesenam terbaik diambil dari 36 peserta dari kompetensi pertama atau 1/3 dari jumlah peserta yang mengikuti senam ketangkasan.

Juara diambil dari jumlah nilai paling banyak pada kompetisi 1 ditambah dengan nilai pada kompetisi 2 untuk seluruh alat yang digunakan.

Peraturan yang terakhir yaitu untuk kejuaraan perorangan per alat, terdiri dari 8 pesenam terbaik dari hasil kompetisi 1. Dibatasi hanya dua pesenam setiap negara dan hanya 3 alat yang boleh diikuti.

Teknik-Teknik Dasar Senam Ketangkasan

Teknik senam ketangkasan dibagi menjadi dua yaitu senam ketangkasan memakai alat dan tanpa memakai alat.

Senam Ketangkasan Memakai Alat

senam ketangkasan adalah
  • Lompat Jongkok

Cara melakukan lompat jongkok yaitu pertama ambil posisi berdidi kemudian berlari dengan capat. Bagian depan agak condong dan lakukan tolakan pada kedua kaki pada papan tolak keduan dan saat bersamaan ayunkan lengan ke atas. Tangan menumpu pada pangkal kuda-kuda dan pandagan fokus kedepan.

Kemudian tolakan dilakukan menggunakan kedua tangan dan lutut ditekul kearah dada. Usahakan tungkai lurus saat  berada diujung kuda-kuda. Saat pendaratan gunakan ujung kaki dan rentangkan tangan kearah atas.

Manfaat melakukan lompat jongkok yaitu bisa meningkatkan kekuatan, ketangkasan, kelincahan dan konsentrasi.

  • Lompat Kangkang

Lompat kangkang adalah gerakan meloncat untuk melewati rintangan yang memiliki manfaat sama seperti lompat jongkok.

Cara melakukan lompat kangkang yaitu pertama, posisikan tubuh berdiri kemudian berlari dengan cepat dan condongkan badan kearah depan. Lakukan gerakan tolakan menggunakan kaki pada papan sekuat tenaga.

Gerakan lain juga bisa dilakukan seperti melakukan gerakan ayunan belakang ke depan lalu luruskan badan pisahkan tungkai. Saat menyentuh pangkal kuda lakukan gerakan tolakan sekuat tenaga sehingga badan melayang diatas kuda-kuda.

Kemudian rentangkan tangan dan pandangan fokus ke depan sampai pendaratan. Pendaratan dilakukan dengan menggunakan ujung kaki dan posisi tangan direntangkan ke atas.

Senam Ketangkasan Tanpa Memakai Alat

senam ketangkasan adalah
  • Meroda

Meroda adalah gerakan berguling kearah samping seperti halnya roda. Gerakan ini dilakukan dengan kaki dan tangan secara bergantian.

Cara melakukan gerakan meroda yaitu diawali dengan sikap awal berdiri tegak diatas matras kemudian kaki dibuka selebar bahu dan posisi tangan diangkat ke atas.

Selanjutnya adalah melakukan gerakan ke samping kanan, caranya tangan kanan ditempelkan ke matras sebagai tumpuan. Kemudian kaki kiri diangkat bersamaan saat metakan tangan kiri disebelah tangan kanaan dan posisi kaki berada di atas.

Baca juga:  Rumus Keliling Lingkaran (LENGKAP)+ Contoh Soal Keliling Lingkaran

Terakhir, tangan kanan diangkat sedangkan tangan kiri menyentuh matras sampai tubuh berdiri dengan tegak.

  • Guling ke Depan

Guling ke depan (forward roll) adalah gerakan berguling yang memiliki beberapa teknik dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang untuk gerakan terakhir.

Cara melakukan guling kedepan yaitu diawail dengan posisi jongkok, kedua kaki rapat dan posisikan tangan sejajar dengan bahu. Lalu posisi kedua tangan berada pada matras dan siku ditekuk ke samping, posisi kepala dimasukan diantara kedua tangan.

Tempelkan tengkuk di matras dan berguling kedepan secara perlahan. Kemudan, lipat kedua lutut setelah itu tarik lutut dan dagu ke arah dada dimana posisi tangan merangkul lutut. Terakhir, jongkok dengan kaki rapat dan usahakan tetap dalam keadaan seimbang.

  • Guling ke Belakang

Guling ke belakang (back roll) adalah gerakan berguling ke belakang yang dimulai dengan gerakan pinggul, pinggang belakang, punggung, kepala bagian belakang dan kaki sebagai bagian akhir.

Cara melakukan guling ke belakang yaitu diawali dengan posisi jongkok, posisi matras berada dibelakang pastikan posisi lengan lurus ke deapan. Kemudian, badan dijatuhkan dengan menarik dagu ke dada, setelah itu bengkokan lengan. Lalu letakkan ibu jari dengan telinga, tolakkan tangan hingga lurus dengan pantat sampai melalui titik tertinggi untuk menggulingkan badan ke arah belakang.

Gerakan terakhir yaitu pendaratan dilakukan menggunakan kaki dan lengan yang dilepaskan dari matras, pandangan tetap kedepan untuk menjaga keseimbangan.

Manfaat Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan memiliki manfaat bagi tubuh seperti

  • Membuat tubuh sehat

Rutin melakukan senam ketangkasan membuat tubuh menjadi sehat, karena saat melakuakan senam tubuh mengeluarkan kringat yang mana akan meningkatan daya tahan tubuh

  • Membuat Tubuh menjadi Indah

Sering melakukan senam ketangkasan akan membuat tubuh menjadi ideal karena didalam senam ketangkasan mengandung gerakan yang bisa membakar lemak dalam tubuh. Dua teknik senam ketangkasan baik itu memakai alat atau tanpa alat, keduanya bisa dilakukan untuk membakar lemak.

  • Menjaga Kebugaran Tubuh

Setelah melakukan senam ketangkasan, tubuh menjadi lebih bugar lagi dan segar. Melakukan gerakan senam menjadikan tubuh semakin sehat dan tidak lesu, tentunya juga akan menambah penampilan menjadi lebih bagus lagi.

  • Otot Menjadi Kencang

Melakukan senam ketangkasan secara rutin akan mengencangkan otot-otot dalam tubuh sehingga membuat tubuh lebih bagus dan sehat.

Demikian penjelasan lengkap mengenai senam ketangkasan, aturan dan teknik-teknik dasarnya. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply