Review adalah – Tujuan, Jenis, Struktur, dan Contohnya

review adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Review adalah sebuah ringaksan, ulasan dari beberapa sumber seperti buku, jurnal, film, berita, suatu produk dan lain-lain.

Pastinya kita pernah melihat ulasan-ulasan mengenai sebuah produk atau karya sebelum kita menggunakan produk tersebut.

Ulasan-ulasan yang kalian baca inilah yang biasa disebut dengan review. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak lebih lanjut mengenai review.

Pengertian

“Review adalah sebuah ringaksan, ulasan dari beberapa sumber seperti buku, jurnal, film, berita, suatu produk dan lain-lain.”

Adapun penulis review memiliki maksud untuk menulis serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai kelebihan, kekurangan dan kualitas suatu karya/produk.

Dengan mereview kita dapat memberi informasi kepada pembaca atau pendengar.

Ciri-Ciri Review

Review merupakan sebuah teks yang cukup unik. Oleh karena itu, ada beberapa ciri dari teks review yang perlu untuk diketahui. Ciri cirinya antara lain:

  • Menggunakan kalimat yang cukup panjang serta kompleks.
  • Menggunakan perumpamaan.
  • Bahasan yang direview harus fokus pada hal tertentu.
  • Menggunakan kata sifat misalnya barik, buruk, lengkap, bernila.

Tujuan Review

Pastinya seorang yang menulis ulasan atau review memiliki maksud atau tujuan tertentu.

Tujuan utama dalam mereview adalah untuk memberi informasi, gambaran sebuah karya atau produk. Review yang dimaksud berupa kritikan yang nantinya akan bermanfaat untuk khalayak umum.

Dalam mereview sebuah produk, penulis tidak boleh mereview dengan sembarangan karena pengaruhnya sangat besar terhadap respon pembaca maupun produk yang dikaji.

Jenis-Jenis Review

Tentu saja terdapat banyak sekali produk yang dapat direview. Oleh karena itu, terdapat beberapa jenis review yang ada. Jenis-jenis tersebut adalah :

1. Buku

review adalah

Review ini mengulas suatu karya seperti novel, dan buku lainnya, agar membantu pembaca mengetahui isi dari suatu karya tersebut.

2. Jurnal

review adalah

Merupakan sebuah cara untuk mempermudah dalam memahami inti dari penelitian yang telah dilakukan dalam jurnal tersebut.

3. Gadget

Pada era globalisasi sekarang, produk gadget berlomba-lomba dalam memperkenalkan gadgetnya. Salah satu cara yaitu dengan mereview produk. Review yang baik dapat menarik minat pembaca untuk membeli gadget tersebut.

4. Makanan

Review makanan bisa dilakukan dengan mencicipi makanan kemudian menjelaskan tentang isi, rasa, bau, dan harga makanan yang direview.

5. Aplikasi

review adalah

Semakin banyaknya developer yang membuat aplikasi baik untuk smartphone maupun PC, membuat user bingung menentukan aplikasi mana yang harus dipilih. Untuk itu review aplikasi diperlukan agar pengguna gadget bisa lebih mudah menentukan pilihan mereka.

6. Elektronik

review adalah

Sebelum membeli elektronik, calon pembeli perlu mengetahui terlebih dahulu ulasan dari produk yang ditawarkan  sebagai referensi.

Struktur Review

Seperti yang kita ketahui, teks review memiliki beberapa struktur yang berbeda dengan teks lainnya. Dalam teks review terdapat :

  • Pengenalan/ Introduction

Pada bagian ini terdapat pengenalan secara umum mengenai produk yang akan direview. Gambaran umum mengenai sesuatu mulai dari nama, asal, latar belakang, pencipta, dan sebagainya akan di bahas pada bagian ini.

  • Evaluation

Pereview memberi gambaran lebih detail yang sekiranya perlu diketahui oleh pembaca tentang bahan yang diulas.

  • Interpretation
Baca juga:  Daftar Harga Lantai Kayu Atau Parket Terbaru + Biaya Pemasangan

Disini pereview mengemukakan sudut pandanganya secara jujur tentang bahan yang direview.  Jelaskan kekurangan, kelebihan, ataupun bandingkan dengan produk lainnya yang mirip.

  • Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian akhir dari struktur review. Pada kesimpulan pereview memaparkan hasil yang telah direview secara garis besar. Setelah itu bisa ditambah dengan memberi pendapat pereview apakah karya tersebut bagus untuk di beli atau justru sebaliknya.

Contoh Review

Untuk lebih memahami mengenai review, berikut merupakan beberapa contoh review yang dapat kalian baca.

Review Buku

 Judul                : Infinitely Yours
Penulis             : Orizuka
Penerbit          : Gagas Media
Tahun Terbit   : 2011
JUmlah hal      : 294
Sinopsis
Orang bilang, pertemuan pertama selalu kebetulan. Tapi, bagaimana caramu menjelaskan pertemuan-pertemuan kita selanjutnya? Apakah Tuhan campur tangan di dalamnya?
Kita bukanlah dua garis yang tak sengaja bertabrakan. Sekeras apa pun usaha kita berdua, saling menjauhkan diri—dan menjauhkan hati—pada akhirnya akan bertemu kembali.
Kau tak percaya takdir, aku pun tidak. Karenanya, hanya ada satu cara untuk membuktikannya….

Kau, aku, dan perjalanan ini.

Saat menanti rombongan turnya di bandara, PSP milik Jingga terjatuh dan layar touchscreennya pecah jadi dua. Jingga panik dan kelabakan karena game yang sedang ia mainkan sudah nyaris mencapai level Master. Lalu seorang laki-laki membungkuk untuk menyerahkan kartu nama dan ia berjanji akan mengganti PSP milik Jingga yang rusak karenanya. Namanya Narayan Sadewa.

Setelah Jingga menemukan rombongan turnya—yang justru menunggunya akibat Jingga tidak membaca jadwal tur, barulah Jingga tahu bahwa Rayan ternyata teman satu rombongannya. Jingga berusaha untuk bisa berteman baik dengan Rayan. Sebaliknya Rayan dengan pribadinya yang serius sama sekali tidak merasa nyaman berada di dekat Jingga yang enerjik dan nyentrik. Namun sepertinya keberuntungan tidak berpihak pada Rayan, karena justru ia dipasangkan dengan gadis itu selama tur berlangsung. Hal ini membuatnya sedikit kewalahan saat gadis itu juga ikut campur tangan dalam misi Rayan yang sebenarnya ke Korea—menemukan gadis bernama Mariska yang merupakan mantan pacarnya.

Dalam usaha Rayan menemukan Mariska dan Jingga yang terus mengekornya, mereka berdua ketinggalan jadwal rombongan tur. Dengan mengandalkan arahan dari Yunjae, tour guide mereka, dan pengetahuan Jingga tentang Korea—sekalipun gadis itu belum pernah jalan-jalan di Korea seorang diri, mereka berdua berusaha menemukan jalan kembali ke rombongan tur. Namun saat mereka sampai di terminal untuk naik bus, Rayan kecopetan. Laki-laki itu sudah hampir berangkat ke kedubes untuk melaporkan kejadian itu seandainya Jingga tidak mengingatkannya bahwa saat itu hari Minggu. Mau tak mau Rayan akhirnya memasrahkan dirinya pada isi dompet Jingga sampai senin tiba. Dan akhirnya mereka kembali harus ketinggalan rombongan menuju destinasi wisata selanjutnya.

Lalu Jingga yang tidak mau liburannya ke Korea terbuang percuma, memutuskan untuk memberikan tur romantisme Korea pada Rayan dengan tujuan agar laki-laki itu tidak lagi emotionless. Rayan yang saat ini tidak punya uang sepeserpun untuk menghidupi dirinya di Korea, hanya menuruti apapun yang dilakukan Jingga dengan setengah hati. Namun tanpa ia sadari, tur romantisme itu benar-benar membuatnya sedikit demi sedikit berubah.

Setelah saya selesai merampungkan buku ini, saya makin kagum sang penulis. Orizuka bisa meracik kisah beberapa hari di Korea menjadi satu buku setebal nyaris 300 halaman. Belum lagi detil-detil tentang Korea yang dituliskan dengan nyata, mulai dari suasana sekitar sampai bentuk-bentuk bangunannya. Membuat saya yang belum pernah maen-maen ke Korea ini bisa sedikit mengimajinasikan seperti apa destinasi-destinasi yang didatangi Rayan dan Jingga dalam novel 
Dan jangan lupakan humornya. Orizuka memang paling gokil dalam pemilihan dialog. Ini novel young-adult (beneran masuk YA bukan sih?) yang ringan sekali dibaca. Another book yang cocok untuk teman minum teh di sore hari hahaha sangat memuaskan saya yang suka humour-romance ini!!

Masalah kekurangan, nyaris tidak ada . Namun untuk saya, porsi orang ketiga masih minim. Meski bukan pemeran utama, rasanya orang ketiga juga perlu banyak bagian dalam cerita. Terutama kalau dia dibuat benar-benar menyukai tokoh utama. But buku ini sudah bisa dikatakan sangat bagus. Recommended memang untuk teman-teman baik Kpoper maupun non-Kpoper yang mencari bacaan tentang liburan ke negeri Ginseng itu.

Review Produk

Humidifier

  • Merek: Taffware
  • Warna: Putih
  • Diameter: 13cm
  • Tinggi: 10cm
  • Material: Plastik
  • Panjang Kabel: 140cm
  • Volume Air: 300ml
  • DC 24v 0.5A
Baca juga:  7 Cara Efektif untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Fitur

  • Remote Control
  • 7 Warna LED
  • Timer
  • Pengaturan Uap Air

Harga: Rp 185,000 (belum termasuk ongkos kirim)
Beli di: Tokopedia

 Kalau dari deskripsi produk di market place, barang ini merupakan pelembab udara sekaligus pewangi ruangan dengan fungsi ekstra penyebar aroma terapi. Berdasarkan usaha pemilihan produk, Taffware ini yang punya volume air cukup banyak (300ml). Dan tentunya dia punya remote control, yang memungkinkan saya mengatur diffuser dari jarak jauh.

Menurut pantauan, diffuser model ini hadir dengan berbagai merek, kebetulan saja tempat saya beli mereknya Taffware, tapi kalau dilihat dari kardus tak ada merek spesifik di sana. Jadi kalau kamu tertarik bisa mencari diffuser ini di toko yang kamu percaya dengan beragam merek, perhatikan juga ukuran daya tampung air dan apakah memiliki remote control dalam paketnya. Sekali lagi masih banyak pilihan bentuk diffuser lain, ukuran beragam, dan harga yang lebih bervariasi.

Diffuser ini punya banyak pengaturan dari remotenya. Bisa mengatur besar atau kecil uap yang dikeluarkan, berselang atau terus menerus uap yang keluar, warna lampu (pilihan terang atau pendar), hingga mengatur kapan diffuser mati. Selama pemakaian, dengan mengisi air maksimal, menggunakan uap kecil, maka diffuser dapat bekerja hingga hampir 8jam. Tapi jika menggunakan pengaturan uap besar, biasanya hanya bertahan kurang lebih 6jam.

Salah satu yang saya sukai dari diffuser ini ialah tak terlalu berisik saat bekerja. Selain itu bisa diatur lampu yang menyala hanya pendar, jadi tak terlalu terang saat kamar digelapkan. Untuk aroma yang keluar, sepertinya saya tak bisa bilang banyak karena tak ada perbandingan juga, namun ruangan saya bisa beraroma harum selama penggunaan.

Demikianlah pembahasan mengenai review, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

Be the first to comment

Leave a Reply