Reklame: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contohnya

reklame adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Reklame adalah salah satu media promosi dengan gambar dan kata-kata menarik yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan mempromosikan produk atau jasa kepada khalayak umum.

Kata reklame berasal dari bahasa spanyol yaitu “reclamos”  yang artinya seruan yang dilakukan berulang-ulang. Berdasarkan arti etimologis ini, reklame diartikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mengajak orang lain agar mengikuti apa yang ada pada tulisan reklame tersebut.

Reklame tidak hanya berusaha menarik perhatian khalayak umum saja melainkan juga mampu mengarahkan orang agar membeli produk atau jasa yang sampaikan dalam reklame. Reklame biasanya dipasang menggunakan papan, spanduk, baliho, brosur yang dilakukan di tempat umum.

Pengertian Reklame Menurut Ahli

Beberapa ahli berpendapat mengenai pengertian reklame, diantaranya:

Barata

Reklame adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi ide, barang atau jasa dengan maksud ingin menarik perhatian orang terhadap ide, barang atau jasa yang disampaikan tersebut.

Panji

Reklame adalah setiap kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan barang atau jasa sehingga menarik perhatian khalayak ramai.

Ciri-ciri Reklame

gambar reklame

Reklame memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan media promosi lainnya  seperti

1. Menarik dan Mencolok

Reklame dibuat untuk menarik perhatian orang banyak dan juga biasanya menggunakan desain dan warna yang mencolok.

2. Jujur

Informasi atau pesan yang ada pada reklame bersifat jujur dan tidak dibuat-buat.

3. Singkat, padat dan jelas

Reklame dibuat menggunakan kalimat yang singkat padat dan jelas sehingga mudah dimengerti oleh orang banyak.

4. Dilakukan berulang-ulang

Reklame disampaikan secara berulang-ulang bertujuan agar banyak orang mengetahui informasi yang akan disampaikan.

Baca juga:  Konversi Satuan Waktu, Cara Menghitung dan Contohnya [LENGKAP]

Fungsi Reklame

Seperti yang kita ketahui bahwa reklame berfungsi sebagai media promosi untuk menyampaikan infromasi iklan kepada masyarakat umum. Adapula beberapa fungsi reklame adalah :

  • Mengajak masyarakat agar mau membeli produk atau jasa yang disampaikan.
  • Menyampaikan informasi tentang suatu produk atau jasa.
  • Membangun dan menciptakan citra yang baik kepada masyarakt terhadap suatu produk atau jasa.
  • Sebagai media atau alat komunikasi dari penjual kepada calon konsumen.
  • Memberikan kepuasaan tertentu kepada konsumen.

Contoh Reklame

gambar reklame unik

Berbagai macam contoh reklame digolongkan berdasarkan jenis-jenisnya. Jenis-jenis reklame ditunjukkan sebagai berikut.

Berdasarkan Tujuan pengadaan

  • Reklame Komersial

Reklame komersial yaitu jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan bisnis dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Contohnya : baliho, spanduk, poster dan lain-lain.

  • Reklame Non-Komersial

Reklame Non-Komersial yaitu jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan umum seperti himbauan, mengajak dan penyampaian informasi agar bersedia mengikuti pesan yang disampaikan. Contohnya : Himbauan membayar pajak, tata tertib lalul intas dan lain-lain.

Berdasarkan sifatnya

  • Reklame Peringatan

Reklame peringatan yaitu jenis reklame yang digunakan untuk mengingatkan penguna jalan. Contohnya : “Hati-Hati Belokan Tajam” dan “Kurangi Kecepatan Berkendara Banyak Anak-Anak”.

  • Reklame Penerangan

Reklame penerangan yaitu reklame yang bersifat informatif karena berusaha menyampaikan informasi kepada masyarakat. Contohnya: Reklame tentang Bahaya Merokok

  • Reklame Ajakan/Permintaan

Reklame Permintaan yaitu reklame yang bersifat ajakan atau meminta masyarakat agar mengikuti ajakan atau permintaan yang disampaikan dalam reklame. Contohnya: reklame donor darah, reklame donasi bencana alam dan lain-lain.

Berdasarkan tempat pemasangan

  • Reklame Indoor

Reklame Indoor yaitu jenis reklame yang dipasang di dalam ruangan atau tempat tertutup. Biasanya reklame ini berukuran kecil atau sedang dengan bahan yang tidak tahan air atau paparan sinar matahari misalnya seperti bahan kertas atau hanger. Contoh reklame indoor seperti brosur, etiket dan leaflet.

  • Reklame Outdoor
Baca juga:  Interferometer Michelson (Konsep dan Cara Kerjanya)

Reklame Outdoor yaitu jenis reklame yang dipasang ditempat terbuka atau diluar ruangan.Contonya seperti : Papan nama, spanduk, baliho, logo dan lain-lain.

Berdasarkan medianya

  • Reklame Audio

Reklame Audio yaitu reklame yang diwujudkan melalui pesan suara baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Contohnya: Iklan yang ada di radio.

  • Reklame Visual

Reklame Visual yaitu reklame yang diwujudkan melalui pesan gambar atau visual. Contohnya: poster, plakat, spanduk, apan Nama, dan lain-lain.

  • Reklame Audio-Visual

Reklame Audio-Visual yaitu reklame yang disampaikan melalui pesan suara dan gambar. Contohnya seperti: iklan di Youtube dan iklan di TV.

Demikian penjelasan mengenai pengertian reklame, ciri-ciri reklame, fungsi reklame beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.