50+ Quote Motivasi Hidup Agar Lebih Semangat [UPDATED]

quote motivasi
ilustrasi oleh dribbble.com

Quote motivasi berikut ini berisi kumpulan motivasi yang dapat menambah semangat dalam menjalani dan memahami kehidupan.

Hidup manusia dipenuhi dengan ketidakpastian. Terkadang hal ini menyebabkan patah hati, hilang semangat, bahkan tak jarang yang berputus asa terhadap hidup mereka sendiri.

Berikut beberapa kutipan quote motivasi yang mungkin bisa bermanfaat buat kamu. Yuk simak ulasan berikut.

Daftar Isi

1. Belajar dari Kegagalan

“It’s fine to celebrate success but it is more important to heed the lessons of failure.”Bill Gates

“Tidak apa-apa untuk merayakan kesuksesan tapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran tentang kegagalan.”

Melalui kegagalan kita dapat belajar mengapa sesuatu itu gagal. Sehingga untuk usaha selanjutnya kita lebih mempersiapkan diri.

Selain itu, dengan gagal kita telah berusaha melatih mental diri kita bagaimana menyikapi sebuah kegagalan, apakah menyalahkan diri sendiri, orang lain, atau cukup dengan menerimanya dan bangkit.

2. Tak Apa Membuat Kesalahan

Don’t be afraid to make a mistake. But make sure you don’t make the same mistake twice.”– Akio Morita

“Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali.”

Sama halnya dengan kegagalan, kita boleh saja melakukan kesalahan. Namun, ketika kita tahu bahwa suatu hal tersebut salah, hendaknya jangan mengulang kembali kesalahan yang sama. Karena berbuat kesalahan yang sama kedua kalinya hanyalah pembelajaran yang sia-sia.

3. Yakin dengan Apa yang Kamu Lakukan

“Why worry? If you’ve done the very best you can, then worrying won’t make it any better.”– Walt Disney

“Kenapa khawatir? Jika Anda telah melakukan yang terbaik yang Anda bisa, maka khawatir tidak akan membuatnya menjadi lebih baik.”

Jika kita tidak yakin dengan diri kita sendiri, lantas bagaimana orang lain akan percaya degan diri kita? Nah, mulai sekarang cobalah untuk komunikasi dengan diri sendiri dan percayailah dia.

4. Cintai Apa yang Kau Lakukan

“The only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle.”– Steve Jobs

“Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan luar biasa adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan puas.”

Melakukan sesuatu yang kita cintai sangatlah menyenangkan. Banyak orang yang sering membicarakan megenai passion, karena mereka paham melakukan suatu hal yang tidak disukai memberikan hasil yang tidak maksimal.

Meski demikian, hal terbaik yang bisa kita coba adalah mencintai apa yang kita kerjakan, meski susah awalnya, pasti bisa kalau memang dicoba.

5. Berani Mengambil Risiko Merupakan Strategi Terbaik

“The biggest risk is not taking any risk. In a world that changing really quickly, the only strategy that is guaranteed to fail is not taking risks.”– Mark Zuckerberg

“Risiko terbesar adalah tidak mengambil risiko apa pun. Di dunia yang berubah sangat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko.”

Orang-orang berhasil di seluruh dunia mengambil risiko. Semakin besar tujuan yang hendak dicapai, maka risiko yang diterima akan semakin besar. Oleh sebab itu, mulai berani mengambil risiko?

6. Teruslah Berusaha

“Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar. Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha.” – B.J. Habibie

Tidak ada seseorang yang berhasil tanpa berusaha. Bahkan orang yang yang terlahir cerdas pun membutuhkan usaha sehingga mampu memanfaatkan bakatnya.

7. Syukuri Apa yang Kamu Miliki

“Be thankful for what you have; you’ll end up having more. If you concentrate on what you don’t have, you will never, ever have enough”-Oprah Winfrey

“Bersyukurlah atas apa yang Anda miliki; Anda akan berakhir dengan memiliki lebih banyak. Jika Anda berkonsentrasi pada apa yang tidak Anda miliki, Anda tidak akan pernah memiliki cukup.”

Mencari-cari apa yang tidak kita miliki akan menyebabkan penat untuk diri kita sendiri. Karena hal tersebut selalu membuat kita mengejar-ngejar sesuatu hal yang memang belum ada di tangan kita.

Oleh sebab itulah kita diajarkan untuk selalu mensyukuri sesuatu hal, dengan bersyukur maka kita tahu makna akan memiliki.

8. Kegagalan dalam Hidup itu Wajar

“It is impossible to live without failing at something, unless you live so cautiously that you might as well not have lived at all – in which case, you fail by default.” – J.K. Rowling

“Tidak mungkin hidup tanpa gagal dalam sesuatu, kecuali jika Anda hidup dengan sangat hati-hati sehingga Anda mungkin juga tidak hidup sama sekali – dalam hal ini, Anda gagal karena kelalaian.”

Quote motivasi ini mengajarkan: tidak ada seorang pun didunia yang tidak pernah gagal. Dan gagal itu hal yang sangat wajar. Melalui gagal kita tahu bahwa tidak ada proses yang instant. Semua membutuhkan tahapan proses yang tidak mudah bahkan seringkali berujung kegagalan.

9. Carilah Caramu Sendiri

“Work hard and figure out how to be useful and don’t try to imitate anybody else’s success. Figure out how to do it for yourself with yourself.” – Harrison Ford

“Bekerja keras dan mencari tahu bagaimana menjadi berguna dan jangan mencoba meniru kesuksesan orang lain. Cari tahu bagaimana melakukannya untuk diri Anda sendiri.”

Seringkali kita membanding-bandingkan orang lain dengan hidup kita sendiri. Padahal setiap manusia memiliki sifat, latar belakang, dan pola hidup yang berbeda.

Cobalah cari caramu sendiri, cara terbaik yang membuatmu nyaman sehingga kamu dapat menemukan jalan suksesmu sendiri.

10. Berani Pertaruhkan Hidup

“Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan.”– Sutan Syahrir

Quote motivasi ini mengajarkan: Sebagaimana perlombaan, hidup memang sering dianggap perlombaan. Ada yang merasa dengan melihat teman yang lain sukses, dia harus bisa segera mengejar keterlambatannya.

Ada pula yang berpedoman bahwa hari esok harus lebih baik daripada dirinya yang sekarang, harus memiliki progress yang jelas.

Karena memang, jika kita tidak mempertaruhkan hidup, maka tidak akan mencapai kemenangan yang kita harapkan.

11. Ikutilah Kata Hatimu

“I pay no attention whatever to anybody’s praise or blame. I simply follow my own feelings.” – Wolfgang Amadeus Mozart

“Saya tidak memperhatikan apapun atas pujian atau kesalahan orang lain. Saya hanya mengikuti perasaan saya sendiri.”

Quote motivasi ini mengajarkan: Segala keputusan yang kamu buat hanya bisa diputuskan oleh dirimmu sendiri.

Oleh sebab itulah, jika kamu memang percaya bahwa kamu terlah berbuat yang t erbiak, percayalah kepada dirimu sendiri dengan mengikuti kata hatimu.

12. Kegagalan itu Bekal Sukses

“Success represents the 1% of your work which results from the 99% that is called failure.” – Soichiro Honda

“Sukses mewakili 1% dari pekerjaan Anda yang dihasilkan dari 99% yang disebut kegagalan.”

Quote motivasi ini mengajarkan: Melalui kegagalan yang banyak, semakin banyak pelajaran yang bisa diambil untuk mencapai tujuan. Maka, yang perlu kita lakukan ketika gagal adalah bangkit dan mulai lagi.

13. Manfaatkan Waktu Hidupmu

“Live as if you were to die tomorrow. Learn as if you were to live forever.” – Mahatma Gandhi

“Hiduplah seolah kamu akan mati besok. Belajarlah seolah kamu akan hidup selamanya.”

Quote motivasi ini mengajarkan: Memahami hidup terkadang membuat seseorang mengalami kebingungan dengan dirinya sendiri. Hargailah hidupmu, minimal untuk dirimu sendiri.

14. Carilah Kebenaran, Bukan Asumsi

“If we worked on the assumption that what is accepted as true really is true, then there would be little hope for advance.”– Orville and Wilbur Wright

“Jika kita bekerja dengan asumsi bahwa apa yang diterima sebagai kebenaran adalah benar, maka akan ada sedikit harapan kemudian.”

Quote motivasi ini mengajarkan: Asumsi akan tetap menjadi asumsi. Jika kamu memiliki tujuan besar, hiduplah dengan kebenaran bukan dengan asumsi atau pembenaran.

15. Believe in Yourself

“Believe in Yourself and you will be unstoppable.” – Anonymous

“Percayalah pada diri sendiri dan Anda tidak akan terhentikan.”

Quote motivasi tersebut mengajarkan sebuah kewajiban untuk percaya kepada diri sendiri. Mengapa? Karena hal inilah yang akan membuatmu menjadi pribadi yang kuat dan pantang putus asa.

Ketika kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka kamu tidak ragu lagi untuk terus melaju ke depan. Jadi, yuk coba kurangi minder dengan percaya pada diri sendiri.

16. LakukanApa yang Membuatmu Bahagia

“Don’t ask yourself what the world needs, ask yourself what makes you come alive. And then go and to that. Because what the world needs is people who have come alive” – Harold Whitman

“ Jangan tanyakan pada diri Anda apa yang dibutuhkan dunia. Bertanyalah apa yang membuat Anda hidup, kemudian kerjakan. Karena yang dibutuhkan dunia adalah orang yang antusias”

Baca juga:  Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami, Agar Tubuh Ideal

Quote motivasi tersebut mengajarkan sadarilah apa yang ada pada dirimu. Fokuskan energi yang kamu miliki untuk membuatmu menjadi yang terbaik di bidangmu. Telusuri passion-mu dan lakukan apapun yang membuatmu terus belajar. Belajar dari manapun dan siapapum sehingga kamu menemui hal-hal baru yang berharga.

17. Jangan Menyerah Apapun yang Terjadi

“Don’t give up when you still have something to give. Nothing is really over until the moment you stop trying” – Brian Dyson

“Janganlah pernah menyerah ketika Anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti mencoba”

Quote motivasi tersebut mengajarkan dalam menghadapi keputusasaan, kita seringkali ingin berhenti lalu mulai menyerah.

Namun, menyerah bukanlah solusi terbaik untuk menyelesaikan segalanya karena menyerah sama saja dengan berlari tapi belum mencapai garis akhir.

Oleh sebab itu, janganlah berhenti untuk berusaha selagi masih ada yang bisa diusahakan. Seburuk apapun kondisi itu, kita masih punya harapan untuk bangkit dan berusaha menyelesaikan hingga garis akhir.

18. Tantangan dan Masalah Merupakan Bahan Bakar Kesuksesan

“The gem cannot be polished with friction, nor man perfected without trials” – Chinese Proverbs

“Sebuah permata tidak akan dapat dipoles tanpa gesekan, demikian juga seseorang tidak akan menjadi sukses tanpa tantangan” – Peribahasa Cina

Quote motivasi tersebut mengajarkan tidak ada suatu hal di dunia ini tanpa tantangan dan masalah. Semakin besar tujuan yang akan kita raih, semakin besar pula tantangan dan masalahnya.

Oleh karena itu, hadapilah tantangan dan masalah itu dengan baik karena itulah bekal untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam kehidupanmu.

Jangan mudah mengeluh dan lihatlah sisi baik dalam masalah yang kamu hadapi. Semakin banyak masalah yang kamu hadapi maka semakin banyak kemampuanmu untuk bersikap dan mengembangkan diri menuju sukses.

19. Keluarlah dari Zona Nyaman

If you want something in your life you’ve never had. you’ll have to do something, you’ve never done” – JD Houston

“Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum pernah dimiliki dalam hidupmu. Anda harus melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya”

Quote motivasi tersebut mengajarkan zona nyaman selalu membuat orang merasa tidak ingin pergi kemana-mana sehingga orang akan terjebak di dalamnya. Kondisi ini menyebabkan orang sulit membuat terobosan baru dalam hidup karena dirinya terkungkung dalam zona nyamannya.

Oleh karena itu, keluarlah dari zona nyaman, lakukan sesuatu yang baru hingga kamu menemukan jalan untuk mencapai tujuanmu.

20. Masalah Memberimu Kekuatan

“Where there is no struggle, there is no strength” – Oprah Winfrey

“Di mana tidak ada pergumulan, di situ tidak ada kekuatan”

Ketika terjadi pergumulan, kamu merasa putus asa. Namun, perlu diketahui bahwa dari masalah inilah yang memberimu kekuatan. Belajar tegar dalam menghadapi masalah akan membuatmu menjadi yang kuat.

21. Semua Butuh Kesabaran

“Never give up. Great things take time. Be patient” – Anonymous

“Jangan menyerah. Hal-hal besar membutuhkan waktu. Bersabarlah”

Terkadang jika kita sering berkeluh kesah dengan teman, maka nasihat yang sering kita dengar adalah, “bersabarlah…”

Quote motivasi tersebut mengajarkan tidak ada salahnya dengan hal tersebut, karena memang ketika kita menghadapi suatu hal harus di hadapi dengan sabar.

Buah dari kesabaran akan terbayar dengan hasil yang memuaskan di akhir. Karena sesungguhnya apapun yang kita kerjakan tidak ada yang sia-sia.

22. Bersikap Optimis

“Optimism is the faith that leads to achievement.” – Helen Keller

“Optimisme adalah iman yang menuntun Anda ke pencapaian.”

Dalam mencapai sebuah tujuan, optimisme merupakan suatu kekuatan untuk terus berusaha. Sikap optimisme akan menghindarkanmu dari keadaan terpuruk untuk bangkit kembali. Optimisme membuat kita yakin, dengan terus berusaha akan membantu kita mencapai sebuah tujuan.

23. Jadilah Diri yang Semakin Baik

“Don’t compare yourself to others. Compare yourself to the person yesterday.” – Anonymous

“Jangan membandingkan diri anda dengan orang lain. Bandingkan diri anda dengan pribadi yang kemarin.”

Seringkali kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Padahal setiap pencapaian dan usaha kita berbeda dengan mereka. Mulai sekarang, bandingkanlah diri mu dengan diri mu sendiri di masa lalu. Apakah sekarang sudah lebih baik? Dengan begitu, maka kita bisa berusaha menjadi lebih baik ke esokan hari.

24. Lakukan Semua yang Terbaik dari Sekarang

“Do something today that your future self will thank you for.” – Anonymous

“Lakukan sesuatu hari ini yang akan membuat diri Anda di masa depan berterima kasih.” 

Jika ada yang bisa kamu kerjakan sekarang, maka kerjakanlah. Fokuslah pada hal-hal yang penting seperti belajar hal baru, berinvestasi, membuka bisnis, dan sebagainya. Manfaatkan waktu sekarang sehingga tidak ada penyesalan dikemudian hari.

25. Proses Itu Penting

“Sedangkan, sebetulnya cara mendapatkan hasil itulah yang lebih penting daripada hasil sendiri.” – Tan Malaka

Seringkali orang hanya peduli dengan hasil akhir. Namun, tanpa memahami dan menghargai proses, seseorang tidak akan tahu betapa nikmatnya sebuah proses dibandingkan hasil. Proses mempunyai waktu rentang yang lebih lama dibandingkan hasil. Melalui proses kita melewati kegagalan, belajar, interupsi, distraksi, dukungan yang mana kemampuan inilah yang lebih bermakna dibanding hanya sebuah hasil.

26. Push Yourself

“Push yourself, because no one else is going to do it for you.” – Anonymous

“Dorong diri Anda sendiri, karena tidak ada orang lain yang akan melakukannya untuk Anda.”

Dorong diri Anda untuk terus maju, menjadi pribadi yang lebih baik, dan hal-hal baik lainnya. Jangan pernah mengandalkan atau berharap kepada orang lain karena tidak ada orang yang akan mendorong Anda agar semakin maju selain diri sendiri.

27. Reach Your Goals

“If the plan doesn’t work, change the plan. But never the goal.” – Anonymous

“Jika rencana Anda tidak berjalan maka ganti rencana tersebut, jangan tujuannya.”

Setiap orang pasti memiliki tujuan (“goal“) yang ingin dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut tentu perlu dibuatnya berbagai macam rencana atau rancangan jalan. Jika rencana pertama yang dilakukan tidak berjalan dengan lancar, maka ganti dan buatlah rencana yang baru. Jangan pernah sekali-kali Anda mengganti tujuan yang dimiliki hanya demi menyesuaikan dengan “jalannya”.

28. Jadilah Pemenang

A winner is a dreamer who never gives up.” – Nelson Mandela

“Seorang pemenang adalah pemimpi yang tidak pernah menyerah.”

Jika ingin menjadi seorang pemenang, maka janganlah pernah sekalipun Anda menyerah. Menyerah dengan keadaan bukanlah sebuah solusi. Berjuanglah dan carilah jalan agar Anda bisa dengan segera sampai di garis akhir.

29. Semua Mimpi Bisa Diraih

If you can dream it, you can do it.” – Anonymous

“Jika Anda bisa memimpikannya, Anda bisa melakukannya.”

Memiliki banyak mimpi besar? Tidak masalah. Jika sudah bisa memimpikannya, Anda pasti bisa menggapainya. Jangan pernah pesimis dan jangan lupa untuk menyelipkan doa di setiap mimpi Anda.

30. Mimpi Jadi Kenyataan

“All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them.” – Walt Disney

“Semua mimpi kita bisa jadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.”

Semua orang pasti punya mimpi, begitu juga Anda. Jangan pernah ragu dan pesimis dalam menggapai mimpi Anda karena jika ada niat dan keberanian, cepat atau lambat mimpi tersebut akan Anda raih.

31. Jadilah yang Terbaik

“Whatever you are, be a good one.” ― Abraham Lincoln

“Apapun diri Anda, jadilah yang terbaik.”

Dimanapu, kapanpun, dan bersama siapapun Anda sekarang tetaplah menjadi yang terbaik. Terbaik dalam melaksanakan tugas, terbaik dalam bersikap, dan terbaik dalam menanggapi berbagai persoalan. Jika semua itu sudah dilakukan, bukan tidak mungkin Anda juga akan mendapatkan hasil yang terbaik juga.

32. Tidak Ada yang Mustahil

“Impossible is just an opinion.” – Paulo Coelho

“Mustahil hanyalah sebuah opini.”

Kata mustahil adalah sebuah opini yang sering diucapkan oleh orang-orang pesimis yang hanya suka bertahan di zona nyaman. Jadi, bagi Anda yang ingin sukses dan maju jangan pernah memasukkan kata “impossible” di kamus pribadi Anda.

33. Tidak Ada Kehidupan yang Buruk

“Remember, it’s just a bad day, not a bad life” – Anonymous

“Ingat, ini hanya hari yang buruk, bukan kehidupan yang buruk”

Jika satu hal buruk menimpa Anda di hari ini, jadikanlah pelajaran. Jangan pernah menganggap bahwa semua terjadi karena hidup Anda selalu ditimpa kesialan. Jangan selalu menjadikan hal kecil untuk menyalahkan kehidupan Anda karena Tuhan YME tidak pernah memberikan kehidupan buruk bagi umatnya.

34. Jangan Cepat Puas dengan Apa yang Didapatkan

“If we keep doing what we’re doing, we’re doing to keep getting what we’re getting” – Stephen R. Covey

“Jika kita terus melakukan apa yang kita lakukan, kita juga terus akan mendapatkan apa yang kita dapatkan”

Saat kita terus melakukan suatu hal atau pekerjaan yang biasa dilakukan. Maka, kita juga akan mendapatkan hasil yang sama seperti apa yang biasa didapatkan. Oleh karena itu, ketika Anda menginginkan sesuatu yang lebih atau tidak puas dengan apa yang didapatkan sekarang, segera lakukan suatu hal yang berbeda.

35. Capai Kesuksesanmu

“Success doesn’t just find you. You have to go out and get it” – Anonymous

“Kesuksesan tidak menemukan Anda. Anda harus keluar dan meraihnya”

Semua orang pasti ingin sukses. Namun, kesuksesan tidak dapat diraih secara cuma-cuma, perlu ada usaha untuk mendapatkannya. Maka dari itu, jangan hanya menunggu dan berharap kesuksesan mendatangi Anda. Lakukanlah sesuatu, berusaha dengan giat, dan raih kesuksesan tersebut.

36. Selalu Berpikir Positif dan Bersyukur

“Start each day with a positive thought and a grateful heart” – Roy T. Bennett

“Mulai setiap harimu dengan pikiran positif dan hati yang bersyukur”

Tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya hal tersebut. Karena saat memulai hari dengan pikiran positif dan hati yang bersyukur, semua akan terasa lebih ringan. Saat banyak rintangan di depan, hati pun tetap bisa merasakan kebahagiaan.

37. Jangan Biarkan Mimpi Anda Direbut Orang Lain

“Build your own dreams, or someone else will hire you to build theirs” – Farrah Gray

“Bangun dan wujudkan mimpi Anda atau orang lain akan memperkerjakan Anda untuk membangun mimpi mereka”

Apabila Anda memiliki mimpi berusahalah untuk selalu menggapainya. Sekecil apapun mimpi tersebut, tentu akan memberikan makna tersendiri dalam kehidupan. Maka jangan pernah menyerah untuk memperjuangkan mimpi Anda.

Baca juga:  Contoh Ceramah Singkat Tentang Ibu Tercinta [TERBARU]

38. Jangan Terlalu Mendengarkan Perkataan Orang Lain

“Don’t let the noise of other’s opinions drown out your own inner voice” – Steve Jobs

“Jangan biarkan opini orang lain menenggelamkan suara dari dalam diri Anda”

Banyak di antara kita yang masih sering mendengarkan perkataan atau opini orang lain. Seringkali, opini tersebut mempengaruhi diri sehingga apa yang dilakukan tidak sesuai dengan kata hati. Karena terlalu sering mendengarkan opini orang lain tentu tidak baik. 

39. Bersikap Sopan dan Baik dalam Hidup

Treat everyone with politeness, even those who are rude to you. Not because they are nice, but because you are” – Chinese Proverbs

“Berlakulah sopan terhadap siapa saja, bahkan kepada mereka yang bertindak kasar pada Anda. Bukan karena mereka pantas diperlakukan baik, tetapi karena adalah orang baik” – Peribahasa Cina

Sikap yang tulus kepada sesama tanpa membeda-bedakan akan memberikan Anda imbalan yang besar di kemudian hari, mungkin bisa berkali-kali lipat. Bila Anda ingin merasakan perbuatan positif dalam hidup, bersikaplah dengan sopan dan baik dalam hidup pada siapapun. Ingat bahwa perilaku baik akan mencerminkan kepribadian yang baik pula.

40. Dengarkan dan Selalu Beri Perhatian Penuh dalam Hidup

“The most basic and powerful way to connect to another person is to listen. Just listen. Perhaps the most important thing we ever give each other is our attention” – Rachel Naomi Remen

“Cara paling mendasar dan kuat untuk terhubung dengan orang lain adalah dengan mendengarkan. Cukup Dengarkan. Mungkin hal terpenting yang bisa kita berikan kepada orang lain adalah perhatian kita”

Jika Anda ingin menjadi seseorang yang spesial dalam hidup, cobalah belajar untuk menjadi pendengar yang baik. Dengarkan dan pahami setiap orang yang bercerita dan berbicara kepada Anda dan selalu berikan perhatian. Hal ini akan membuat mereka merasa diperhatikan dan dihargai. Menjadi pendengar dan pemerhati yang baik akan membuat Anda belajar banyak hal dan disukai oleh orang banyak dimanapun Anda berada.

41. Kalahkan Kebiasaan Buruk dan Kembangkan Kebiasaan Baik

“First we form habits then they form us. Conquer your bad habits, or they will eventually conquer you” –  Dr. Rob Gilbert

“Pertama kita membentuk kebiasaan dan kebiasaan akan membentuk kita. Kalahkan kebiasaan buruk Anda, atau mereka akan mengalahkan Anda”

Kebiasaan buruk dimulai dari sebuah kesempatan mudah yang terus datang sampai akhirnya menjadi kebiasaan. Ketika kebiasaan buruk terbentuk, secara konsisten itu akan membuat kehidupan Anda semakin buruk. Sama halnya dengan kebiasaan baik, bila Anda telah menemukan dan menjalankan sebuah kebiasaan yang dapat memperbaiki kualitas hidup, maka hal tersebut akan terus akan terus membuat kehidupan Anda semakin positif.

42. Berhentilah Hanya Ketika Anda Berhasil Mengalahkan Tantangan

“It’s a little like wrestling a gorilla. You don’t quit when you’re tired, you quit when the gorilla is tired.” – Robert Strauss

“Seperti bergulat melawan seekor gorila. Anda tidak berhenti ketika Anda lelah, Anda berhenti ketika gorila tersebut lelah”

Ketika Anda merasa putus asa atau lelah dalam mengalami masalah Anda, ingat agar selalu pantang menyerah sebelum masalah tersebut selesai. Beristirahatlah tapi jangan pernah menyerah dalam menghadapi masalah Anda. Jika Anda terus berfokus dalam mencari pemecahan masalah tersebut, akhirnya Anda akan keluar sebagai pemenang.

43. Selalu Lakukan Perubahan Kecil ke Arah yang Lebih Baik

“Develop the winning edge. Small differences in your performance can lead to large differences in your results” – Brian Tracy

“Kembangkan sikap untuk selalu menjadi lebih baik. Membuat perbedaan yang kecil dalam tindakan akan menghasilkan perbedaan yang besar dalam hasil yang diperoleh”

Sekecil apapun perubahan yang Anda lakukan asalkan ke arah yang lebih baik akan membantu hidup Anda menjadi lebih baik. Dengan melakukan perubahan kecil secara rutin dan dengan usaha yang tulus akan membuat sebuah perubahan yang besar pada kehidupan Anda dibandingkan tidak melakukan perubahan sama sekali. Ingat bahwa sekecil apapun tindakan yang membuat kehidupan Anda semakin positif akan membawa dampak besar di masa depan.

44. Memaafkan Membuat Anda Menjadi Pribadi yang Semakin Kuat

“The weak can never forgive. Forgiveness is the attribute of the strong.” Mahatma Gandhi

“Orang yang lemah tidak mampu memaafkan. Memaafkan adalah ciri orang yang kuat”

Quote motivasi ini mengajarkan: Sikap memaafkan orang-orang yang pernah bersalah pada kita adalah sikap yang dimiliki oleh orang-orang yang berkarakter kuat. Tindakan memaafkan adalah sebuah tindakan dari seseorang untuk melupakan kesalah orang lain.

Dengan memaafkan, kita telah meringankan pikiran, tenaga, dan waktu kita. Dendam atau kebencian merupakan hal yang dapat menghambat kemajuan kita dalam hidup.

Jangan diam dan berpikir bahwa waktu akan menyembuhkan hati yang terluka, karena Andalah satu-satunya yang berhak melupakan dan mengampuni siapapun yang bersalah pada Anda. Banggalah  pada diri Anda bila mampu memaafkan orang lain karena memaafkan adalah tindakan orang kuat.

45. Keraguan adalah Musuh Terbesar dalam Meraih Mimpi

“The only limit to our realization of tomorrow will be our doubts of today. Let us move forward with strong and active faith” – Franklin Roosevelt

“Satu-satunya batasan untuk meraih mimpi kita adalah keragu-raguan kita akan hari ini. Marilah kita maju dengan keyakinan yang aktif dan kuat”

Quote motivasi ini mengajarkan: Keragu-raguan adalah musuh utama dari kesuksesan. Seringkali sebagai manusia kita merasa biasa-biasa saja karena tidak berhasil menjelaskan keragu-raguan di dalam pikiran kita.

Untuk menjadi seorang juara, kita perlu membiasakan pikiran kita sebagai kekuatan yang tak terkalahkan. Selalu berpikir positif dan laksanakan tindakan yang ada dalam pikiran Anda apapun hasilnya.

Jangan jadikan keraguan berpikir sebagai batasan Anda untuk mengembangkan diri dan mengukir prestasi dalam kehidupan.

46. Nikmati dan Hargai Perubahan dalam Kehidupan

“Change hurts. It makes people insecure, confused, and angry. People want things to be the same as they’ve always been, because that makes life easier” – Richard Marcinko

“Perubahan itu menyakitkan, Ia menyebabkan orang merasa tidak aman, bingung, dan marah. Orang menginginkan hal seperti sediakala, karena mereka ingin hidup yang mudah”

Quote motivasi ini mengajarkan: Perubahan adalah sesuatu yang memang terkadang menakutkan, membuat kita tidak nyaman, bingung, dan sulit untuk beradaptasi.

Akan tetapi perubahan perlu dilakukan bila Anda ingin berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan tahan banting.

Seringkali perubahan lingkungan menjadi salah satu faktor utama mengapa perubahan terkadang datang tanpa kita sadari dan kita dituntut untuk menjadi seseorang yang mampu beradaptasi.

Berubahlah sekarang selagi masih sempat, fokuskan perhatian Anda pada hukuman yang akan Anda terima pada masa mendatang jika tidak mengambil tindakan sekarang.

47. Syukuri dan Hargai Hal-Hal yang Anda Miliki

“Do not take for granted the things closest to your heart. Cling to them as you would with your life, for without them, life is meaningless” – Chinese Proverbs

“Janganlah menganggap remeh hal-hal yang terdekat dengan hati Anda. Rangkullah mereka seperti sama berharganya dengan hidup Anda, karena tanpa mereka hidup adalah sia-sia” – Peribahasa Cina

Selalu hargai dan jangan anggap remeh hal-hal terdekat yang Anda miliki seperti orang tua, saudara dekat, maupun sahabat-sahabat terdekat Anda. Tanpa dukungan dan kehadiran mereka hidup Anda mungkin akan menjadi hampa.

Jangan lupa kesuksesan dan kenikmatan hidup hanya bisa tercapai karena dukungan dari orang-orang di sekitar Anda. Selalu hargai keberadaan mereka dan berilah perhatian selagi masih bisa.

48. Kerjakan dengan Lebih dan Sepenuh Hati

“The man who does more than he is paid for will soon be paid more than he does” –  Napoleon Hill

“Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan”

Selalu ikhlas bekerja daripada apa yang dibayarkan kepada Anda saat ini, maka Anda akan meraih sebuah hasil yang berlipat ganda pada masa mendatang.

Buat komitmen mulai hari ini untuk selalu memberikan yang terbaik, apa pun yang Anda kerjakan setiap hari.

49. Ambil Risiko, Bermimpi Lebih Besar, dan Berharap Besar

“Risk more than other think is safe. Care more than other think is wise. Dream more than other think is practical. Expect more than other think is possible” – Claude T. Bissell

“Ambillah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal”

Claude T. Bissell mengajarkan kita agar selalu ingat untuk memulai hari Anda dengan sikap semangat, penuh antusias, serta dengan pikiran yang positif dalam menyambut tantangan hidup.

Ambillah risiko yang lebih besar dengan berfokus pada berbagai peluang yang ada di depan mata. Berikanlah perhatian dan pelayanan terbaik dari Anda untuk yang memerlukan.

Jangan pernah lupa untuk bermimpi dengan besar agar Anda selalu memiliki tujuan yang kuat atas keinginan Anda serta berharap agar terus sukses dalam setiap tindakan.

50. Berhenti Menyalahkan Segalanya

“All blame is a waste of time. No matter how much fault you find with another, and regardless of how much you blame him,  it will not change you” – Wayne Dyer

“Tindakan menyalahkan hanya akan membuang waktu. Sebesar apapun kesalahan yang Anda timpakan ke orang lain, dan sebesar apapun Anda menyalahkannya, hal tersebut tidak akan mengubah Anda”

Sikap menyalahkan orang lain atau sesuatu yang berada di luar kontrol kita adalah sikap yang dapat menghentikan laju kesuksesan kita.

Fokus menerima masalah yang Ada, berhenti menyalahkan orang lain karena itu tidak akan mengubah diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Menurut Wayne Dyer, usaha mencari pembenaran dalam kehidupan ini adalah sia-sia belaka.

Coba berkomitmen untuk mengambil tanggung jawab penuh pada hidup Anda dan hadapi setiap masalah yang ada dengan percaya diri.


Demikian ulasan kata atau quote motivasi yang mungkin bisa memberimu sedikit manfaat hari ini. Jangan lupa untuk bersyyukur ya hari ini.

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply