Presentasi adalah – Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya [LENGKAP]

ilustrasi oleh dribbble.com

Presentasi adalah proses penyampaian ide, produk baru atau hasil pekerjaan yang ditampilkan dan dijelaskan kepada audiens.

Tentunya, kita telah sering menjelaskan atau memaparkan sebuah materi kepada orang lain. Hal tersebut dinamakan dengan presentasi. Presentasi sudah sering dilakukan sejak masa sekolah tempat kita belajar.

Entah itu mempresentasikan tugas atau sekedar meberikan informasi atau materi kepada teman-teman. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu yang dimaksud dengan presentasi dan kegunaannya, kalian dapat membaca penjelasannya dibawah ini:

Pengertian

Berdasarkan definisi dari kamus oxford, presentasi adalah proses penyampaian ide, produk baru atau hasil pekerjaan yang ditampilkan dan dijelaskan kepada audiens.

Sementara itu, berdasarkan definisi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), presentasi adalah proses memperkenalkan, menyajikan, dan atau mengemukakan sesuatu dalam suatu diskusi atau forum. 

Dari defenisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa presentasi merupakan kegiatan berbicara di depan hadirin yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi.

Orang yang menyampaikan presentasi disebut pembicara atau presenter. Sedangkan oang yang mendengarkan presentasi disebut audiens.

Tujuan dari Presentasi

presentasi adalah

Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk mempromosikan suatu produk/jasa (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi misalnya yag bersifat edukasi, atau untuk meyakinkan orang banyak (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu). Berikut beberapa tujuan presentasi :

1. Menyampaikan informasi

Informasi yang disampaikan dapat berupa materi edukasi, keuangan, atau informasi sekedar pemberitahuan. Pesan yang disampaikan dapat bersifat biasa, penting maupun rahasia.

2. Meyakinkan pendengar

Untuk meyakinkan pendengar, maka presentasi harus berisikan informasi,data, dan bukti yang disusun secara logis.

3. Memotivasi pendengar untuk melakukan suatu tindakan

Biasanya dilakukan pada presentasi di perusahaan. Seorang pemimpin melakukan presentasi untuk mengarahkan dan memimbing para karyawannya untuk bekerja secara maksimal.

Pemimpin atau presenter juga bisa memotivasi karyawannya lewat forum tersebut demi tercapainya tujuan perusahaan.

4. Mempromosikan suatu produk/jasa

Presentasi dapat dilakukan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa kepada calon pembeli. Orang yang menjadi presenter tersebut dibekali pengetahuan mengenai produk dan dibantu dengan alat bantu peraga untuk memudahkan penyampaian pesan

5. Menyampaikan suatu ide/gagasan

Ide/ gagasan bisa disampaikan melalui presentasi. Ketika perusahaan mengalami masalah yang sulit dipecahkan, maka dibutuhkan orang lain yang dapat memberikan argumen atau ide solusi dari masalah tersebut yang dikemas dalam bentuk presentasi.

6. Memperkenalkan diri

Memperkenalkan diri juga bisa disampaikan melalui presentasi. Seperti menyebutkan nama, riwayat hidup, dan data-data lain agar dikenal oleh khalayak.

Manfaat Presentasi adalah…

presentasi adalah

Tentunya ketika kita mempresentasikan sebuah hal atau materi, maka kita akan mendapatkan keuntungan atau manfaat. Manfaat-manfaat yang dapat didapatkan adalah:

Sebagai Bahan Pemaparan

Presentasi tidak hanya dilakukan secara verbal saja, namun bisa ditambahkan dengan pemaparan non verbal baik dalam bentuk gambar ataupun video. Sehingga presentasi yang disajikan tidak monoton.

Mudah Dipahami

Baiknya presentasi dilakukan dengan cara menampilkan poin-poin penting kepada audiens. Sehingga audiens tidak hanya mendengarkn saja, namun juga membaca apa yang sedang disampaikan.

Memiliki Kesan Ekslusif

Materi presentasi tidak hanya dapat ditampilkan didepan audiens saja. Namun pembiaca juga bisa membagikan materi dalam secarik kertas untuk dibagikan kepada audiens.  

Dapat Menjadi Inspirasi

Apabila materi yang disampaikan belum pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya. Cara berbicara, dan gesture saat menyampaikan materi juga dapat menjadi inspirasi bagi audiens.

Dapat Dibaca Kembali.

Presentasi dapat mudah dishare dan dibaca kembali kapan saja. Sehingga dapat memudahkan orang lain untuk mempelajari kembali isi materi yang telah disampaikan.

Jenis-Jenis Presentasi

Berikut ada bebrapa jenis presentasi yang perlu kamu ketahui

Presentasi dadakan (impromtutu)

Presentasi ini dilakukan secara tiba-tiba tanpa persiapan baik itu tema yang dibawakan maupun alat bantu yang digunakan. Presentasi ini biasanya terjadi ketika dosen menunjuk secara tiba-tiba atau karena memang ada informasi penting yang harus segera disampaikan.

Presentasi Naskah (Manuscript)

Dilakukan ketika pembicara membawakan presentasi dengan cara membaca naskah berupa teks. Presentasi jenis ini dapat membuat bosan audiens karena pembicara tidak ada melakukan kontak mata. Sehingga pendengar kurang merasa termotivasi.

Presentasi Hafalan (Memoriter)

Dilakukan dengan cara menghafal teks yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Namun ketika melakukan presentasi, pembicara tidak sambil membaca naskah.  

Presentasi Ekstempore

Disini pembicara mempersiapkan materi dengan cara membuat poin-poin penting yang harus disampak kepada audiens. Kemudian dijelaskan secara mendetail pada saat melakukan presentasi.

Demikianlah pembahasan mengenai presentasi, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Artikel Terkait