Macam Pola Aliran Sungai (Lengkap) Beserta Gambar dan Penjelasan

Pola aliran sungai adalah bentuk aliran sungai yang dipengaruhi pola aturan tertentu baik dari struktur bebatuan maupun struktur morfologi alami sungai.

Sungai merupakan aliran air besar yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Sepanjang aliran sungai membentuk aliran-aliran tertentu yang menyesuaikan dengan alam.

Macam-macam pola aliran sungai ini nantinya akan mengalir dan akhirnya bermuara ke laut.

Berikut beberapa macam pola aliran tersebut:

1. Pola Paralel

Pola aliran sungai paralel
Pola aliran sungai paralel gambar

Paralel merupakan pola alirann sungai yang terdapat pada suatu daerah yang luas dan sangat miring. Akibat kemiringan ini, gradien sungai menjadi besar sehingga dapat mengalirkan air ke tempat terendah dengan arah yang hampir lurus. Pola ini biasanya terbentuk di daratan pantai yang masih muda dengan lereng asli yang sangat miring ke arah laut.

2. Pola Dendritik

gambar pola aliran sungai dendritik
Gambar terkait

Pola aliran sungai paling sederhana yaitu pola dendritik. Pola dendritik mempunyai banyak anak cabang yang menjuru ke segala arah lalu berkontribusi membentuk menyerupai ranting pohon yang akhirnya bermuara ke sungai induk. Aliran sungai pola ini mengikuti kemiringan lereng dengan tipe bebatuan homogen dan berada pada lembah berbentuk V. Pola sungai jenis ini menyesuaikan dengan jenis-jenis susunan bebatuan yang ada.

Bentuk pola aliran sungai dendritik memiliki artikulasi sebagai panjang sungai per satuan wilayah. Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya aliran sungai yang mengalir diatas bebatuan yang kurang resisten terhadap erosi lambat laun akan membentuk sungai yang rapat. Sementara ketika aliran sungai terjadi pada bebatuan yang resisten terhadap erosi maka akan membentuk pola aliran sungai yang cenderung lebih renggang. Proses pembentukan aliran sungai ini dipengaruhi oleh pengaruh resistensi bebatuan. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan bebatuan yang resisten lebih mudah mengalami erosi sehingga membentuk aliran-aliran sungai.

Baca juga:  Formula rahasia untuk mencampurkan air dan minyak [Cara simpel]

3. Pola Radial

Pola sungai dengan aliran radial
Gambar terkait

Radial mempunyai arti kata yaitu menyebar ke segala arah.  Sesuai dengan arti namanya, pola ini merupakan pola aliran sungai dengan satu pusat sungai memiliki sebaran aliran sungai yang menyebar ke segala arah.

Pola aliran sungai semacam ini dapat ditemui di beberapa sumber mata air di gunung maupun pegunungan yang menyebarkan sumber mata air nya ke segala arah aliran sungai.

Selain mata air gunung, contoh  lain dari pola aliran ssungai ini adalah pola aliran kawah atau magma yang berada pada puncak gunung berapi. Pola yang dibentuk dari adanya kawah atau magma ini cenderung mengikuti bentuk alaminya yang cembung sehingga terbentuk pola aliran kawah ini dalam bentuk bentangan-bentangan kubah.

4. Pola Sentripetal

Hasil gambar untuk drainage sentripetal
Pola sentripetal pada sungai

Aliran radial sentripetal mempunyai pola aliran percabangan anak sungai ke segala arah yang berpusat pada satu mata air. Bentuk dari pola radial sentripetal hampir menyerupai pola aliran radial. Jika pola radial merupakan percabangan anak sungai yang berasal dari satu mata air atau induk sungai, pola radial sentripetal sebaliknya, yaitu sebaran anak sungai yang berkumpul pada satu induk sungai. Aliran sungai dari berbagai macam mata air berpusat menuju satu mata air.

Pola aliran radial sentripetal menyerupai sebaran anak sunngai yang mengalir menuju satu titik seperti sebuah cekungan besar.

Daerah yang mempunyai pola ini di antaranya yaitu yang terdapat pada wilayah Amerika Serikat bagian barat laut. Secara berproses pola ini seperti berkembang membentuk pola annular.

Pola annular yaitu pola yang awalnya adalah dalam bentuk radial namun setelahnya muncul sunngai obsekuen menyebabkan sungaii tersebut sejajar dengan sungaii resekuen sehingga aliran tersebut akhirnya akan mengarah ke pusat berkumpulnya aliran.

Baca juga:  3 Contoh Saran dalam Makalah yang Baik dan Benar (Lengkap)

5. Pola Rektangular

Hasil gambar untuk drainage rectangular
Hasil gambar untuk rectangular drainage

Aliran rectangular memiliki pola aliran yang dipengaruhi dan dikontrol oleh struktur geologi seperti struktur rekahan dan patahan.

Biasanya bentuk pola sungai ini terjadi pada daerah bebatuan dengan struktur batuan beku. Pola ini mempunyai ciri bentuk yang lurus mengikuti daerah patahan dan mempunyai bentuk sungai yang tegak lurus dan merupakan kumpulan dari saluran sungai yang mengkuti pola struktur geologi bebatuan tersebut.

Berkembangnya pola aliran rectangular terjadi pada bebatuan dengan resistensi terhadap erosi yang mendekati tipe seragam namun dikontrol oleh rekahan dua arah yang saling tegak lurus. Percabangan dari aliran sungai ini umumnya berbentuk tumpul dengan sungai utama atau sungai induknya.

6. Pola Trellis

Gambar pola trellis

Kata trellis biasa diartikan sebagai pagar. Pola aliran trellis mempunyai bentuk aliran yang menyerupai pagar yang dikontorl oleh struktur geologi yait lipatan sinklin dan antiklin. Pola ini mempunyai ciri-ciri yaitu kumpulan saluran air membentuk pola sejajar yang mengalir mengikuti arah kemiringan lereng dan tegak lurus dengan sungai utama atau saluran utamanya. Saluran utama pada sungai ini biasanya searah dengan sumbu lipatan.

Pola dari aliran trellis merupakan perpaduan antara sungaii konsekuen dan subsekuen. Biasanya bentuk dari pola aliran trellis banyak ditemukan di sepanjang lembah yang paralel dengan sabuk gunung lipatan. Pola dari aliran ini  banyak melewati lembah hingga kemudian bergabung dengan saluran utamanya dan akhirnya bersama menuju muara sungai.

7. Pola Annular

Hasil gambar untuk annular drainage
Pola anular pada sungai

Pola aliran annular merupakan variasi dari pola aliran radial. Pola ini biasanya terdapat pada dome atau kaldera stadium dewasa serta terdapat sungai konsekuen, subsekuen, resekuen, dan obesekuen.

About Rizka Zakiya 58 Articles
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*