Siapa yang sudah makan hari ini?

Mengapa sih kita perlu makan?

Manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Bersama dengan udara dan air, itu adalah salah satu kunci dasar dalam kehidupan.

Pada intinya, makanan adalah bahan bakar dan kalori (energi) yang membuat kita tetap hidup. Untungnya, tubuh kita dirancang untuk mencari makanan untuk bertahan hidup.

Otak dan tubuh akan memberikan tanda merasa lapar ketika kita kehabisan energi, dan hal itu pastinya membuat kita sulit berkonsentrasi atau melakukan aktivitas.

Kita pastinya tahu bahwa sesuatu alat seperti motor, pembangkit listrik membutuhkan bahan bakar untuk terus bertahan dan bergerak. Sama dengan makanan makanan merupakan bahan bakar kita untuk mempertahankan kelangsungan hidup kita,

Makanan yang kita makan memberi kita berbagai nutrisi: vitamin, mineral, air, lemak, serat, karbohidrat, dan protein. Nutrisi ini dimanfaatkan dengan cara yang berbeda-beda oleh tubuh. Ada yang berfungsi sebagai bahan bangunan untuk membangun jaringan dan organ, ada juga yang berfungsi sebagai mesin molekuler yang membuat sel-sel kita berjalan sebagaimana mestinya.

Salah satu komponen penting dalam makanan karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu senyawa kimia yang peroleh dari makanan. Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh makhluk hidup. Monosakarida, khususnya glukosa, merupakan nutrien utama sel.

Misalnya, pada vertebrata, glukosa mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengambil energi yang tersimpan di dalam molekul tersebut pada proses respirasi seluler untuk menjalankan sel-sel tubuh.

Selain itu, kerangka karbon monosakarida juga berfungsi sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organik kecil lainnya, termasuk asam amino dan asam lemak. Beberapa jenis karbohidrat juga berfungsi sebagai materi simpanan atau cadangan, yang nantinya akan dihidrolisis untuk menyediakan gula bagi sel ketika diperlukan.

Dengan makan teratur setiap hari kamu bakal tetap sehat dan berenergi serta siap menjalani aktivitasmu.