A password will be e-mailed to you.

    Kenalin nama saya Gilang Kresna Malik, bisa dipanggil Gilang. Nah, kali ini saya akan membahas tentang perbandingan dua planet dengan menggunakan Hukum Kepler III, yang akan kita gunakan untuk mencari periode (rotasi/revolusi) sebuah planet ataupun jarak rata-rata planet terhadap matahari.

    Sebelumnya, isi Hukum Kepler III adalah, “Kuadrat periode planet mengelilingi Matahari  berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak rata-rata planet tersebut ke Matahari”.

    Untuk pengaplikasian Hukum Kepler III ini, syarat pertama adalah diketahui perbandingan dua planet berupa perbandingan periode maupun perbandingan jarak rata-rata planet terhadap matahari. Syarat kedua adalah diketahui salah satu aspek dari planet (berupa periode/jarak rata-rata). Kemudian kita akan mencari aspek kedua berupa periode/jarak rata-rata), sehingga kita bisa mengetahui periode atau jarak rata-rata dari masing-masing planet.

    Rumus dari Hukum Kepler III adalah :

    Ket : T1 : Periode planet pertama (s)

            T2 : Periode planet kedua (s)

            R1 : Jarak rata-rata planet pertama ke matahari (m)

            R2 : Jarak rata-rata planet kedua ke matahari (m)

     

    Contoh Persoalan 

    Jarak rata-rata planet A dan B terhadap matahari memiliki perbandingan 1:4. Jika periode revolusi planet A adalah 88 hari, maka periode revolusi planet adalah …

     

    Penyelesaian

    Sekian dari saya dan terima kasih.

     


     

    Tulisan ini adalah karya kiriman dari penulis. Kamu juga bisa membuat tulisanmu sendiri di Saintif dengan bergabung di Saintif Community

    Baca juga:  4 Hal yang kamu salah pahami tentang Pluto
    No more articles