Macam-Macam Peraturan Pemain dalam Permainan Sepak Bola

Peraturan pemain sepak bola
ilustrasi oleh dribbble.com

Peraturan pemain sepak bola antara lain peraturan ukuran tinggi gawang, lapangan, dan bola, peraturan wasit yang bertugas dan selengakapnya dalam artikel ini.

Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer dari dulu sampai sekarang tak lain banyak pula dinikmati oleh semua kalangan baik dewasa maupun anak-anak.

Siapa yang tak kenal Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi? Pasti semua tau. Nah, kedua orang ini adalah pemain bola professional yang sangat terkenal saat ini karena prestasi dalam dunia sepak bola yang luarbiasa.

Kepopuleran sepakbola tidak hanya menyangkut pemainnya saja, didalamnya ada sebuah peraturan permainan yang membuat sepak bola menjadi lebih indah.

Beberapa peraturan sepakbola mungkin sudah kita kenal seperti ukuran lapangan, gawang, jumlah pemain, istilah offside dan masih banyak lagi. Peraturan pemain sepak bola dibuat oleh FIFA sehingga diharapkan bisa diketahui baik itu dari pemain maupun penonton sepak bola.

Nah, apa saja peraturan pemain dalam sepak bola yang dibuat oleh FIFA? Mari simak penjelasan berikut.

1. Gawang

peraturan pemain sepak bola
Gawang (sumber: perpustakaan.id)

Gawang dalam permainan sepakbola memiliki ukuran tinggi gawang 2,44 meter dan lebarnya 7,32 meter.

2. Lapangan Sepak Bola

peraturan pemain sepak bola

Menurut FIFA, ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan Internasional yaitu

  • Panjang : 100 -110 m
  • Lebar : 64-75 m
  • Jari-jari lingkaran tengah : 9,15 m
  • Luas daerah gawang : 18,35 m x 5,5 m
  • Daerah hukuman pinalti : 40,39 m x 16,5 m
  • Jarak titik hukuman dengan garis gawang : 11 m

3. Bola

Bola memiliki bentuk bulat dengan berat sekitar 396-453 gram dan memiliki keliling lingkaran sekitar 68-71 cm.

4. Peraturan dalam pertandingan

peraturan pemain sepak bola

Sebelum memulai pertandingan, para pemain harus berjabat tangan satu sama lain dengan pemain lawan.

Kemudian, wasit akan melempar koin logam dimana masing-masing kapten tim memilih salah satu sisi uang logam. Pemilihan sisi uang logam dimana kapten bisa memilih bola awal atau gawang.

5. Jumlah Pemain

Jumlah pemain masing-masing tim dalam pertandingan sepak bola yaiitu 11 pemain.

Apabila jumlah pemainnya kurang dari 7 pemain atau 4 pemain terkena kartu merah maka sebuah tim dinyatakan kalah dalam pertandingan

Baca juga:  Kapasitor : Konsep, Rumus, Contoh Soal + Pembahasan

6. Kapten Tim

Setiap tim memiliki kapten yang bertugas berdiskusi dengan wasit apabila ada masalah dalam pertandingan.

7. Peraturan dalam memakai aksesoris

peraturan pemain sepak bola

Dalam pertandingan, pemain diperbolehkan memakai aksesoris seperti

  • Jersey

Jersey yang digunakan tidak boleh sama antara kedua tim baik warna maupun motifnya. Setiap tim paling tidak memiliki dua jersey yaitu jersey home (pertandingan rumah) dan jersey away (pertandingan tandang).

  • Kaos Kaki dan Deker sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola pemain wajib menggunakan kaos kaki dan deker. Penggunaan aksesoris ini bertujuan untuk melindungi tulang keringn dan mengurangi resiko cidera.

  • Sarung tangan

Sarung tangan khusus digunakan bagi penjaga gawang berguna untuk melindungan tangan dari tendangan keras dan mempermudah dalam menangkap bola. Selain itu, pemain lain juga bisa memakainya saat ditempat pertandingan yang dingin atau bersalju.

  • Penutup kepala

Penutup kepala digunakan khusus untuk pemain yang mengalami cidera pada kepalanya.

8. Wasit

Wasit bertugas memimpin jalannya pertandingan dan memberi keputusaan disaat pemain melakukan pelanggaran.  Nah, dalam menjalankan tugasnya wasit  dibantu 2 asisten wasit didalam lapangan.

9. Asisten Wasit

Asisten wasit sering disebut juga sebagai linesman. Linesman bertugas membantu wasit utama dalma mengambil keputusan offside dengan mengangkat bendera dan juga mengawasi dalam pengambilan lemparan kedalam dan tendangan sudut.

10. Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

peraturan pemain sepak bola

Waktu penuh permainan sepak bola yaitu selama 90 menit dan dibagi menjadi dua babak. Setiap babak memiliki waktu 45 menit. Setelah selesali babak pertama, pemain diberi waktu istirahat selama 15 menit.

Apabila dibutuhkan pemenang dan waktu pertandingan sudah 90 menit maka akan dilakukan babak tambahan waktu (extra time) dengan durasi 2 x 15 menit. Setelah skor masih sama  dan belum ada pemenangnya maka akan dilakukan adu penalty.

11. Peraturan Kick Off

Kick off dilakukan saat memulai pertandingan. Nah beberapa aturan saat memulai kick off seperti saat memulai pertandingan, setelah terjadinya gol, memulai babak kedua dan memulai babak extra time.

12. Peraturan Gol

peraturan pemain sepak bola

Gol terjadi saat bola masuk secara keseluruhan melewati garis gawang dan tidak ada pemain dalam posisi pelanggaran ataupun offside.

13. Peraturan Offside dan Onside

peraturan pemain sepak bola

Offside terjadi saat pemain mengoper bola ke pemain lainnnya di daerah pertahanan lawan, akan tetapi pemain berada didepan bek pertahanan lawan. Assiten wasit akan mengangkat bendera apabila terjadi offside, nah kebalikan dari offside ini disebut onside.

Baca juga:  Frekuensi Harapan adalah: Rumus dan Contohnya [LENGKAP]

14. Peraturan Bola Keluar

Saat bola keluar kesamping lapangan maka akan dilakukan lemparan ke dalam (throw in), apabila bola keluar di sebelah gawang akan dilakukan tendangan sudut atau tendagan gawang.

Saat ada pemain yang mengalami cidera, wasit akan menyuruh pemain agar membuang bola keluar lapangan.

15. Lemparan Kedalam (Throw In)

Saat bola keluar lapangan pertandingan dilakukan lemparan kedalam atau throw ini oleh salah satu tim.

Tim yang mengambil lemparan kedalam adalah tim yang tidak membuang bola keluar. Saat melempar bola gunakan kedua tangan dan bola dipegang berada diatas kepala. Selain itu, pemain tidak boleh terlalu lama menggangkat bola.

16. Tendangan Gawang (Goal kick)

peraturan pemain sepak bola

Tendangan gawang dilakukan saat bola keluar melewati garis disebelah gawang yang disebabkan oleh pemain lawan.

Tendangan ini bisa dilakukan oleh salah satu pemain baik itu penjaga gawang maupun rekan setim dengan syarat tidak boleh melebihi area garis kipper.

17. Tendangan Sudut (Corner kick)

peraturan pemain sepak bola
Corner Kick (Photo by Lukas Schulze – UEFA/UEFA via Getty Images)

Tendangan sudut dilakukan saat bola keluar melewati garis disebelah gawang yang disebabkan oleh pemain sendiri. Tendangan sudut dilakukan oleh pemain lawan di area corner.

18. Pergantian Pemain

Dalam pertandingan sepak bola pergantian pemain hanya bisa dilakukan sebanyak 3 pergantian pemain.

19. Peraturan Pelanggaran

Saat terjadinya pelanggaran yang cukup serius seperti tackle keras, handsball, menarik baju lawan, menganggu pergerakan dan sebagainnya. Wasit berhak mengeluarkan dua kartu yaitu kartu merah dan kuning.

Kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran secara serius dan konsekuensi yang diberikan pemain dikeluarkan dari lapangan. Sedangkan kartu kuning diberikan untuk peringatan keras, apabila mendapat dua kartu kuning otomatis akan mendapat kartu merah.

20. Peraturan Tendangan Bebas (Free Kick)

Free kick dilakukan saat pemain melakukan pelanggaran. Ditempat terjadinya pelanggaran, free kick bola bisa ditendang langsung ke gawang ataupun bisa melakukan oper ke pemain lain.

21. Penalty

peraturan pemain sepak bola

Pemain yang melakukan pelanggaran diarea penjaga gawang sendiri akan diganjar tendangan penalti. Pelanggaran ini meliputi tackle, handsball dan beberapa pelanggaran lainnya yang dilakukan di area penalti. Salah satu pemain akan ditunjuk untuk mengeksekusi penalti ini

Demikian penjelasan mengenai macam-macam peraturan dalam permainan sepak bolaa. Semoga bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply