Teknik Dasar Sepak Bola (+ Gambar) : Peraturan, Teknik, dan Ukuran Lapangan

teknik dasaar sepak bola

Teknik dasar sepak bola dapat meliputi teknik-teknik dalam menendang, menggiring, mengontrol, menyundul, merebut, melempar ke dalam, menjaga gawang dan secara lengkap simak artikel ini.


Pengertian sepak bola

Semua orang tentunya tahu bahwa sepak bola merupakan permainan olahraga yang cukup digemari berbagai kalangan umur. Permainan sepak bola memiliki berbagai macam aturan mulai dari batas lapangan permainan, jumlah pemain, lama permainan dan masih banyak lagi.

Selain itu, untuk bermain sepak bola dibutuhkan teknik-teknik dasar untk bermain seperti menggiring, menendang, menyundul dan lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang teknik dasar pada permainan sepak bola.

Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola sepak terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang beranggotakan sebelas orang serta beberapa pemain cadangan”.

Untuk memenangkan permainan ini kedua tim harus memasukkan bola ke gawang lawan tanpa menggunakan tangan. Tim yang berhasil membobol bola ke gawang lawan paling banyak akan menjadi pemenangnya.

Aturan Umum Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola terdapat beberapa aturan umum yang diberlakukan.

Pemain

Formasi sepak bola

Pemain beranggotakan 11 orang pada tiap tim yang terdiri dari satu penjaga gawang (goal keeper) serta pemain bertahan (back), pemain tengah (midfielder), dan penyerang (striker/forward). Seorang pemain ditunjuk sebagai kapten dan memakai ban kapten untuk memimpin dan mengkoordinasi pemain agar bermain baik dan benar. Pemain wajib mengenakan jersey, celana pendek, kaos kaki, pelindung tulang kering dan sepasang sepatu ketika bermain.

Lapangan pertandingan

perbandingan lapangan sepak bola

Lapangan pertandingan sepakbola memiliki ukuran dengan panjang antara 100 sampai 120 meter dan lebar 65 hingga 75 meter. Di ujung lapangan terdapat area gawang dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Selain itu, terdapat area penalty di depan gawang yang berjarak 16,5 meter. Pada area ini penjaga gawang boleh menangkap bola menggunakan tangannya.

Baca juga:  Fisika di Balik Tendangan Pisang

Bola

ukuran bola sepak

Bola yang dipakai harus memiliki standarisasi dan terbuat dari kulit ketika pertandingan resmi.

Lama pertandingan

Sepak bola resmi memiliki dua babak dengan durasi 45 menit ditambah dengan tambahan waktu yang diberikan oleh wasit. Pada pergantian babak terdapat waktu istirahat selama 15 menit. Ketika babak pertama berakhir disebut dengan half-time. Sedangkan, akhir dari pertandingan dikenal sebagai full-time.

Wasit

wasit sepak bola

Pada permainan sepak bola terdapat satu orang wasit yang mengatur jalannya pertandingan sepak bola. Wasit umumnya dibantu oleh dua orang hakim garis untuk membantu melihat posisi bola saat keluar atau off-side. Wasit berhak mengeluarkan pemain, menghentikan pertandingan dan memberi hadiah kepada salah satu tim.

Aturan Dasar permainan Sepak Bola

Gol

Ukuran sepak bola

Gol merupakan keadaan saat bola melewati garis gawang. Apabila sebuah gol tercetak maka permainan akan dimulai dari tengah lapangan dengan bola berada di pihak yang kebobolan.

Bola masuk dan keluar

Peraturan dalam sepak bola

Ketika bola keluar lapangan pertandingan (out), maka tim yang tidak melakukan out harus melakukan lemparan bola ke dalam lapangan menggunakan kedua tangan dari luar lapangan tepat di titik bola keluar.

Tendangan sudut dan tendangan gawang

tendangan gawangsepak bola

Tendangan sudut dilakukan ketika pemain lawan mengeluarkan bola keluar dari gawang sendiri.

tendangan sudut sepak bola

Namun apabila pemain lawan menendang ke gawang dan bola keluar lapangan tanpa memasuki gawang maka tendangan gawang dilakukan.

Pelanggaran

Pemain yang melakukan tindakan melanggar aturan, tidak etis atau membahayakan orang lain dapat dikenakan sanksi oleh wasit berupa peringatan atau bahkan dikeluarkan dari pertandingan. Tim yang dilanggar mendapat hadiah tendangan bebas atau bahkan sebuah tendangan penalty apabila pelanggaran dilakukan di area penalty.

Tendangan bebas

Tendangan bebas adalah tendangan yang didapatkan ketika salah satu tim melakukan pelanggaran. Tendangan bebas terjadi ketika pelanggaran terjadi di luar kotak penalty. Apabila pelanggaran terjadi di daerah sendiri maka tendangan bebas tidak boleh dihalangi oleh pemain lawan.

Baca juga:  Siklus Krebs - Penjelasan Lengkap + Gambar nya

Tendangan penalty

Hadiah tendangan penalty didapatkan apabila tim musuh melakukan pelanggaran di kotak penalty. Tendangan ini dilakukan penendang di titik penalty tanpa gangguan dari pemain lain. Hanya penjaga gawang yang boleh menghentiken tendangan penalty dari garis gawang.

Off-side

Keadaan off-side terjadi ketika seorang pemain menerima bola oleh teman satu tim pada posisi yang melebihi garis pemain bertahan lawan paling belakang. Off-side bisa terjadi melalui umpan, tendangan pojok, tendangan bebas atau bahkan muntahan bola (rebound) dari tiang gawang.

Teknik Dasar Sepak Bola

Aturan-aturan di atas menjadi landasan ketika memulai pertandingan sepak bola. Selain itu, terdapat teknik dasar dalam bermain sepak bola. Teknik dasar tersebut dibagi menjadi tujuh yaitu :

  1. Menendang (kicking), untuk mengumpan dan menembak ke arah gawang.
  2. Menggiring (dribbling), untuk mendekati target atau melewati lawan.
  3. Mengontrol bola (control), menerima bola.
  4. Merebut (tackling), merebut bola dari lawan.
  5. Menyundul (heading), untuk menerima umpan atau menghalau bola dari atas.
  6. Lemparan ke dalam (throw in), untuk melempar bola yang keluar lapangan.
  7. Menjaga gawang (keeping), menjaga agar bola tidak masuk ke gawang.

Sepak bola bukanlah olahraga yang hanya membutuhkan teori saja melainkan membutuhkan praktek agar bisa bermain dengan bagus.

Namun, semoga materi ini dapat membantu kalian ketika berpartisipasi dalam olahraga sepak bola.

About Sukma Aditya 36 Articles
Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*