Pengertian Pendidikan (LENGKAP) – Definisi, Arti, Konteks

Pengertian pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.

Ketika berbicara tentang pendidikan orang akan cenderung memikirkan tentang sekolah ataupun perguruan tinggi.

Padahal, pengertian pendidikan tidak hanya berkaitan dengan sekolah saja lho. Tutor bimbingan belajar yang kalian panggil ke rumah untuk membantu belajar juga bagian dari pendidikan.

Lalu, sebenarnya apa sih pengertian pendidikan itu? Apakah sekolah, keluarga, dan lingkungan itu juga bagian dari pendidikan juga?

Pengertian pendidikan menurut KBBI

Pengertian dan Definisi Pendidikan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik .

Mengenai definisi pendidikan, banyak sekali ahli yang berusaha menjelaskannya, beberapa dari mereka seperti:

  • Ki Hajar Dewantara
    Pendidikan adalah proses menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak peserta didik, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
  • Carter V Good
    Pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan individu dalam sikap dan perilaku bermasyarakat. 
  • Martinus Jan Langeveld
    Pendidikan adalah upaya menolong anak untuk dapat melakukan tugas hidupnya secara mandiri supaya dapat bertanggung jawab secara susila.

Tujuan Pendidikan

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia, secara umum tujuan dari pendidikan indonesia adalah untuk mencerdaskan manusia Indonesia.

Melalui pendidikan manusia diharapkan agar menjadi berilmu pengetahuan, kreativitas, sehat jasmani dan rohani, kepribadian yang baik, mandiri, dan bertanggungjawab.

Pengertian pendidikan bagi siswa

Sehingga secara tidak langusung produk dari pengertian akan pendidikan ini akan memiliki fungsi seperti yang diungkapkan oleh David Popenoe, yakni:

  • Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
  • Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
  • Menjamin integrasi sosial.
  • Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
  • Sumber inovasi sosial.
Baca juga:  Begini Cara Belajar Cepat untuk Menguasai Topik Apapun Menggunakan Teknik Feynman

Jenis pendidikan di Indonesia

Pengertian pendidikan di Indonesia
Elementary school children build 3d models using recycled materials with their teacher during class. This is a school in Hexham, Northumberland in north eastern England.

Jenis pendidikan dapat dikelompokan menjadi tiga jenis, 1) Pendidikan formal, 2) Pendidikan non formal, dan 3) Pendidikan informal

Pendidikan formal adalah yang secara rutin kita jalani. Pendidikan melalui tahapan berjenjang seperti sekolah SD, SMP, SMA, Univeristas, dan seterusnya.

Pendidikan non formal adalah diluar pendidikan formal yang dapat dilakukan secara berjenjang. Contohnya seperti Lembaga Bimbingan belajar, Sanggar, Kelompok bermain, dan sebagainya.

Pendidikan informal adalah pendidikan yang dapat dilakukan secara mandiri, bisa dari keluarga, lingkungan, sekolah, dan lain-lain. Contoh dari pendidikan ini adalah nilai adat-istiadat, sopan-santun, agama, etika, dan moral.


Kira-kira begitu tentang apa sih pendidikan itu.

Saintif, juga sering membuat postingan terkait pengertian pendidikan di Instagram lho. Mulai dari kiat untuk belajar, tips memahami materi sekolah, quotes motivasi dan masih banyak lagi.

Jangan lupa untuk follow 😀

Klik untuk membaca artikel lainnya:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

About Diah Ayu 53 Articles
Tertarik dengan apapun yang berkaitan dengan sains dan pendidikan. Menyelesaikan studi di bidang fisika material Universitas Diponegoro

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*