Novel: Pengertian, Unsur, Struktur, dan Jenis-Jenisnya [LENGKAP]

pengertian novel
ilustrasi oleh dribbble.com

Pengertian novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku

Karya sastra yang sangat terkenal di dunia yaitu novel, tak jarang juga karya sastra tersebut menciptakan karya lainya seperti film yang terinsipirasi dari novel. Tapi sebenarnya apa itu novel?

Dalam penulisanya novel biasanya dipisah menjadi beberapa bab dan sub bab. Orang yang menulis novel disebut dengan novelis.

Novel pada umumnya terinspirasi dari kisah nyata atau ide yang imajinatif dan ditulis melalui urutan peristiwa yang terhubung yang melibatkan sekelompok orang dalam pengaturan sebuah cerita yang menarik. Untuk mengenal novel lebih jauh berikut pengertian novel menurut ahli.

Pengertian Novel menurut ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian novel menurut KBBI adalah sebuah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Aristoteles

Pengertian novel menurut Aristoteles, sastra bukanlah jiplakan dari kenyataan, melainkan sebuah ungkapan atau perwujudan mengenai universalia atau konsep-konsep umum.

Sayuti

Menurut Sayuti, pengertian novel seringkali dibandingkan dengan cerpen, perbedaannya adalah cerpen menitikberatkan pada intensitas, sedangkan novel cenderung bersifat meluas atau expands.

Novel yang baik cenderung menitikberatkan pada kemunculan complexity, yaitu kemampuan menyampaikan permasalahan yang kompleks secara penuh, mengkreasikan sebuah dunia yang “jadi”, berbeda dengan cerpen yang bersifat implisit yaitu menceritakan masalah secara singkat.

Struktur Novel

Dari definisi yang dijabarkan oleh Sayuti, kita bisa tahu dengan jelas jika novel dan cerpen berbeda.

Perbedaan utamanya yaitu kompleksifitas cerita, jika cerpen lebih menuju kisah dengan jangka waktu yang pendek dan singkat.

Novel bisa mencangkup suatu kisah dengan waktu yang sangat Panjang dan detail. Kedua karya tulis tersebut memiliki struktur yang hampir sama yaitu:

Struktur novel terdiri dari:

  • Abstrak, adalah ringkasan inti dari sebuah novel sebagai gambaran awal. Unsur ini bersifat opsional, bisa digunakan dan bisa juga tidak.
  • Orientasi, adalah segala hal yang berkaitan dengan suasana, waktu, dan tempat yang terdapat di dalam cerita novel.
  • Komplikasi, adalah urutan beberapa kejadian yang dihubungkan berdasarkan sebab-akibat.
  • Evaluasi, adalah struktur konflik yang terdapat pada novel dimana konflik yang terjadi mengarah ke suatu titik tertentu.
  • Resolusi, adalah bagian dimana terdapat solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh tokoh utama dalam novel.
  • Koda, adalah bagian akhir suatu novel dimana di dalamnya biasanya terdapat pesan atau nilai moril yang ingin disampaikan kepada pembaca
Baca juga:  Diskriminasi Adalah Pengertian, Jenis, Dampak + Cara Menghindarinya

Unsur-unsur novel

Dengan struktur diatas, dalam penciptaan novel diperlukan beberapa unsur agar sebuah cerita dapat disebut sebagai novel.

Umumnya sebuah karya tulis memiliki dua unsur yaitu unsur intrinsic dan ekstrinsik, begitupula dengan novel yang memiliki kedua unsur tersebut.

Unsur Intrisik

Unsur Intrinsik merupakan unsur yang digunakan untuk membangun karya sastra dari dalam, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Alur, adalah rangkaian peristiwa yang membentuk jalannya suatu cerita novel. Alur dibedakan menjadi 2 bagian yaitu Alur maju (Progesif) dan alur mundur (Flash Back Progesif).
  • Tokoh, adalah para pelaku yang ada dalam novel.
  • Penokohan ,adalah pemberian watak atau karakter pada setiap pelaku dalam sebuh cerita. Misalnya melalui ciri fisik, tempat tinggal, dan cara bertindak.
  • Tema, adalah pokok permasalahan yang terdapat dalam sebuah cerita novel.
  • Gaya bahasa, adalah cara pengarang dalam menyampaikan cerita di dalam novel, misalnya menggunakan majas atau diksi tertentu. Berikut beberapa jenis majas yang biasa digunakan dalam novel, diantaranya:
  1. Personifikasi (gaya Bahasa yang mendekripsikan barang mati dengan cara memberi sifat-sifat seperti manusia),
  2. Simile (mendeskripsikan sesuatu dengan cara pengibaratan) ,
  3. Hiperbola ( mendeskripsikan sesuatu dengan memberi efek berlebihan).
  • Latar atau setting, adalah gambaran terjadinya peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita meliputi waktu, tempat, sosial budaya dan keadaan lingkungan.
  • Sudut pandang, adalah penempatan diri pengarang dan juga cara pengarang dalam melihat macam kejadian-kejadian dalam cerita yang di paparkan.
  • Amanat, adalah pesan yang disampaikan yang terdapat dalam sebuah cerita dalam novel.

Unsur Ekstrinsik Novel

Unsur ekstirinsik adalah unsur dari luar yang ikut mempengaruhi suatu karya. Biasanya unsur ini berkaitan dengan penulis dan lingkungan disekitar. Beberapa ini merupakan unsur intrisik:

  • Latar Belakang Pengarang, yaitu semua hal yang terkait dengan pemahaman dan motivasi pengarang novel dalam membuat karyanya. Misalnya; biografi, kondisi psikologis, aliran sastra.
  • Latar Belakang Masyarakat, yaitu segala hal di masyarakat yang mempengaruhi alur cerita pada novel. Misalnya; kondisi sosial, politik, ekonomi, dan ideologi.
  • Nilai yang Terdapat Pada Novel, yaitu nilai-nilai yang terkandung pada sebuah novel (nilai budaya, moral, sosial, agama).
Baca juga:  Air Permukaan : Pengertian, Pembentukan, Karakteristik + Manfaatnya

Jenis-jenis novel

Karya tulis novel memiliki banyak sekali jenis, jenis tersebut dibedakan dari beberapa aspek antara lain nyata atau tidaknya cerita dari novel itu hingga genre dari novel itu sendiri. berikut ini merupakan jenis-jenis novel:

Berdasarkan kebenaran cerita:

  • Novel Fiksi,
    novel fiksi adalah novel yang tidak nyata atau tidak terjadi pada kehidupan nyata.
  • Novel Non-Fiksi
    novel non fiksi adalah novel yang pernah ada atau nyata adanya

Berdasarkan Genre Ceritanya

  • Novel Romantis,adalah novel yang isinya berupa kisah kasih sayang dan percintaan.
  • Novel Horor, adalah novel yang berisi tentang hal yang menyeramkan.
  • Novel Komedi, adalah novel yang berisi cerita lucu.
  • Novel Inspiratif,adalah novel yang berisi kisah inspiratif.

Berdasarkan Isi dan Tokoh

  • Novel Teenlit, adalah novel yang berisi cerita tentang remaja.
  • Novel Chicklit, adalah novel yang berisi tentang perempuan muda.
  • Novel Songlit, adalah novel yang diambil dari sebuah lagu.
  • Novel Dewasa, adalah novel yang berisi cerita orang dewasa.

Contoh novel:

Gambar 1. Novel Horor
Gambar 2. Novel Teenlit
pengertian novel
Gambar 3. Novel Biografi
pengertian novel
Gambar 4. Novel Fantasi

Nah sekian penjelasan tentang novel, semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply