Interaksi Sosial Adalah – Pengertian dan Penjelasannya Lengkap

pengertian interaksi sosial

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan sosial yang saling memengaruhi. Dengan adanya interaksi sosial, manusia dapat saling berhubungan sehingga memungkinkan untuk hidup bersama-sama.

Terkait hal ini, juga dikenal istilah teori interaksi sosial yang mempelajari reaksi dan pola individu dalam menanggapi orang lain.

Berdasarkan teori ini, perilaku sosial masyarakat dipengaruhi tekanan sosial yang ada. Dengan demikian, perilaku merupakan respons terhadap lingkungan sosial, terutama perihal kelompok sosial.

Kemudian, cara berinteraksi seseorang dalam kelompok masyarakatnya juga akan menentukan perilakunya. Jadi, simak penjelasan berikut baik-baik.

pengertian interaksi sosial

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan interaksi sosial dengan berbagai pengertian.

Georg Simmel (2002)

Seorang filsuf dan sosiolog asal Jerman, Georg Simmel (2002), mengungkapkan bahwa interaksi sosial merupakan sejumlah masyarakat yang berinteraksi dan membentuk kesatuan yang permanen atau sementara.

John Phillip Gillin dan John Lewis Gillin

John Phillip Gillin dan John Lewis Gillin juga mendefinisikan interaksi sosial melalui Cultural Sociology, a Revision of An Introduction to Sociology (1945).

Menurut keduanya, interaksi sosial adalah hubungan sosial yang bersifat dinamis dan menyangkut  orang perseorangan, kelompok dengan kelompok, hingga perseorangan dengan kelompok.

Raymond W. Mack dan Kimball Young

Dalam Sociology and Social Life (1945), Raymond W. Mack dan Kimball Young menyatakan interaksi sosial sebagai kunci kehidupan sosial.

Pasalnya, tanpa ada interaksi sosial, maka kehidupan bersama tidak akan terjadi.

Dari ketiganya dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial merupakan proses sosial yang terjadi dengan berbagai cara untuk saling berhubungan.

Syarat-Syarat Interaksi Sosial

Agar interaksi terjadi, setidaknya dibutuhkan syarat-syarat tertentu. Dalam interaksi sosial terdapat dua syarat utama, yakni komunikasi dan kontak sosial.

Baca juga:  Struktur Cerpen: Pengertian, Ciri, dan Contoh (LENGKAP)

Komunikasi

Komunikasi menyebabkan adanya pertukaran dan penyampaian pesan yang diinginkan.

Dalam hal ini terdapat lima unsur penting komunikasi, seperti komunikan, komunikator, media, pesan, dan pengaruh.

Kontak sosial

Pengertian kontak sosial menurut ilmu interaksi sosial adalah aksi dan reaksi dari pihak-pihak yang melakukan interaksi.

Menurut tingkatan dan caranya, kontak sosial dibedakan menjadi dua, yaitu kontak sosial sekunder dan kontak sosial primer.


Nah, bisakah kamu menyebutkan perbedaan keduanya? Secara sederhana, kontak sosial sekunder mengacu pada interaksi yang memakai media.

Misalnya mengirim surat layaknya di masa lalu. Sedangkan kontak sosial primer adalah kontak sosial yang terjadi secara langsung, seperti bicara sambil bertatap muka. Kira-kira, jenis kontak sosial mana yang paling kamu sukai?

Karakteristik Interaksi Sosial

Setelah memahami perihal pengertian interaksi sosial, sebaiknya kamu juga tahu tentang karakteristik interaksi sosial.

Setidaknya, terdapat empat karakteristik, yaitu pelaku yang lebih dari satu orang, adanya komunikasi yang memakai simbol-simbol (paling utama adalah bahasa), adanya tujuan yang hendak dicapai, dan adanya batasan waktu tertentu.

Beberapa Faktor Penyebabnya

Interaksi sosial ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor interaksi sosial adalah

  • Simpati atau keadaan tertarik pada orang lain
  • Empati adalah bentuk simpati yang dalam
  • Identifikasi merupakan kecenderungan untuk menyerupai orang lain.
  • Sugesti merupakan pendapat, sikap, dan pandangan dari orang lain.
  • Imitasi imitasi merupakan tindakan untuk meniru pihak-pihak tertentu.

Demikian penjelasan interaksi sosial, mulai dari pengertian, syarat-syarat, karakteristik, hingga beberapa faktor yang diketahui memengaruhi interaksi sosial.

Dengan demikian, interaksi sosial adalah hal penting yang dibutuhkan setiap orang. Pasalnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*