Pengamatan Matahari di MTs Matholiul Huda Bugel Jepara

JEPARA, Rabu (29/01), Panas menyengat tak menghentikan semangat keingintahuan para siswi MTs Matholi’ul Huda Bugel untuk melihat matahari menggunakan teleskop.

Para siswi kelas 7 ini rapi mengantri giliran pengamatannya, matahari menampakkan sunspot, meski sesekali matahari tertutup awan kecil yang membuat matahari tidak bisa diamati.

Sebelum praktik menggunakan teleskop berlangsung, Ainur Ridho, mahasiswa Fisika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro memberikan materi pengenalan astronomi dan prosedur menggunakan teleskop di kelas.

Ibu Aisy, sapaan akrab guru IPA kelas 7 MTs Matholi’ul Huda Bugel sangat mendukung kegiatan ini. Pasalnya, selama ini tidak pernah ada praktikum materi astronomi IPA pada kelas 7. Mahalnya biaya dan perawatan instrumen laboratorium IPA membuat praktikum dilaksanakan dengan kondisi terbatas.

Ainur Ridho membawa teleskop berjenis refraktor Alta-zimuth dengan panjang tabung 700 mm yang dilengkapi filter Baader, karena teleskop ini sangat mudah digunakan untuk pemula namun kemampuan optisnya cukup mumpuni.

Ilmu Astronomi dalam agama Islam disebut Ilmu Falak memegang peranan penting bagi kehidupan umat muslim, segala hal tentang penentuan waktu sholat dan bulan hijriyah berdasar pada ilmu ini. Karenanya menumbuhkan minat pelajar muslim terhadap ilmu ini perlu dilakukan.

Ainur Ridho, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tahun 2020 Tim 1 Undip di Desa Bugel, Kec. Kedung, Kab. Jepara, berharap kegiatan ini dapat dikembangkan, dengan membentuk klub astronomi dan rukyat hilal di MTs Matholi’ul Huda Bugel kedepannya.