PC adalah, Sejarah Personal Computer, Fungsi dan Manfaatnya

pc adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

PC adalah seperangkat komputer yang digunakan untuk keperluan pribadi seperti di rumah, kantor dan lain-lain.

PC berasal dari bahasa inggris yang artinya komputer pribadi. Sebuah PC memiliki fungsi utama yaitu mengolah, menginput dan menghasilkan output data atau informasi sesuai dengan keinginan pengguna (user).

Zaman sekarang hampir semua orang menggunakan komputer sesuai kebutuhan meraka dan telah muncul juga jenis-jenis komputer seperti laptop, notebook, PC table dan lain-lain.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian PC, sejarah , fungsi dan manfaat dari PC. Untuk penjelasan lengkapnya sebagi berikut.

Sejarah Personal Computer (PC)

sejarah komputer

Istilah kata “PC” pertama kali digunakan dalam majalah New Scientist pada tahun 1964, termuat dalam artikel yang berjudul “The World in 1984”. Selain itu, juga bermunculan artikel-artikel lain mengenai PC yang berjudul “the Banishment of Paper Work”.

Peneliti IBM dari Watson Research Center yaitu Arthur L. Samuel menulis bahwa “Meskipun kita bisa memperoleh pendidikan dari rumah melalui PC, sifat asli kita tetap tidak akan berubah”

Generasi pertama dari mikrokomputer muncul pada tahun 1970-an tapi tidak berkemampuan tinggi dan kurang cakap bila dibandingkan dengan komputer bisnis saat itu, oleh karena itu hanya digunakan para peminat komputer saja atau untuk mengotak-atik mikrokomputer.

Contohnya seperti komputer modern di era chip silicon PC menggunakan mikrokomputer sebagai CPUnya (Central Proccesing Unit). Mikroprosesor pertama kali digunakan pada PC IBM yaitu intel4004 yang dikeluarkan perdana tahun 1971.

Kemudian, mikrokomputer generasi kedua diproduksi atau yang biasa dikenal sebagai komputer rumah (home computer) dan PC bisa digunakan untuk perorangan.

Baca juga:  20+ Contoh Kata Kerja Mental dan Pengertiannya LENGKAP

Setelah itu, mikrokomputer menjadi alat perniagaan yang sangat  populer pada tahun 1980-an. Kepopuleran ini diakui karena harganya yang murah untuk komputer pribadi dan untuk saran bisnis.

Mikrokomputer juga menggunakan program spreadsheet VisiCalc yang diluncurkan untuk mesin Apple II, dan kemudian untuk kelompok 8-bit Atari, Commodore PET, dan PC IBM dimana menjadi program aplikasi terpopuler.

Pada tahun 1982, majalah Time memberikan penghargaan terhadap PC atau Komputer Pribadi dengan predikat “Man of the Year”.

Fungsi Personal Computer

fungsi.co.id

PC memiliki fungsi utama yaitu untuk mengolah data input dan juga menghasilkan output data atau informasi yang sesuai dengan keinginan pengguna.

Proses pengolahan data didalam PC dimulai dari input data kemudian menghasilkan output berupa informasi. Dalam mengolah data inilah pc terdiri dari seperangkat elemen yang tidak bisa dipisahkan yatiu hardware, software dan brainware atau pengguna.

Selain itu, beberapa fungsi personal computer lainnya yaitu sebagai data input, data output, data processing, data storage dan data movement.

1. Data Input

Pc berfungsi untuk menginput data atau informasi yang diterima oleh personal computer melalui suatu sumber seperti misalnya aktivitas perangkat mouse, keyboard dan lain-lain.

2. Data Output

Pc menghasilkan output yang diperoleh dari pengolahan data seperti informasi yang dikeluarkan monitor, printer dan speaker.

3. Data Processing

Berfungsi melakukan pengolahan data untuk menghasilkan data output, biasanya data yang diolah berupa video, teks, gambar dan lain-lain.

4. Data Storage

Pc erfungsi sebagai tempat penyimpanan data sehingga data dapat ditemukan dengan mudah dan digunakan lagi.

5. Data Movement

Pc berfungsi untuk memindahkan data dari satu pc ke pc lainnya.

Manfaat Personal Computer

navalcf.org

PC memiliki manfaat yaitu sebagai perangkat yang digunakan untuk mengolah informasi sehingga mudah untuk melakukan perhitungan mekanis. Adapun manfaat lain PC diantaranya:

Baca juga:  Teknik Hidroponik : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Langkah nya untuk Pemula

1. Alat untuk menghasilkan karya dengan praktis

Selain digunakan sebagai alat transfer data, PC juga memiliki peran penting dalam menghasilkan karya praktis dalam bentuk tulisan ataupun gambar bisa berupa digital atau grafis.

2. Dalam bidang administrasi dan bisnis

PC menjadi alat bantu untuk mempermudah pekerjaan manusia terutama dalam bidang bisnis dan administrasi. PC menunjang dalam pengolahan dokumen administrasi, perhitungan modal, untung, rugi dan masih banyak lagi.

3. Media transfer data dan informasi

PC menjadi alat untuk memindahkan data dan informasi dengan cepat dan mudah menggunakan jaringan internet.

Demikian penjelasan mengenai pengertian PC, sejarah, fungsi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply