Paypal Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Akun Paypal

paypal adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online.

Ketika berbicara mengenai kegiatan belanja online, maka kamu tidak akan bisa melupakan tentang kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan di dalamnya.

Beragam fasilitas keuangan akan sangat membantu terjadinya berbagai macam transaksi online, salah satu yang kerap digunakan adalah PayPal dan kartu kredit, sebab kedua fasilitas ini memungkinkan untuk digunakan dalam berbagai transaksi online di seluruh dunia.

Apa itu PayPal?

PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online.

PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar Negara, di mana semua hal tersebut telah dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

Metode yang digunakan PayPal sangat berbeda dengan metode sebelumnya, di mana pengiriman uang masih dilakukan dengan menggunakan kertas berupa cek dan wesel pos, yang pada umumnya akan membutuhkan sejumlah waktu yang terbilang cukup lama dalam pelaksanaannya.

Fungsi PayPal

Di dalam penggunaanya, PayPal menjadi salah satu alat transaksi online yang paling banyak dipilih dan digunakan secara global. Beberapa fungsi PayPal yaitu,

  1. Melalui PayPal dengan mudah bisa mengirimkan sejumah dana kepada orang lain yang juga memiliki rekening PayPal.
  2. Kamu bisa menerima sejumlah transfer dari seseorang yang memiliki rekening paypal

Semua kemudahan ini tentu akan sangat berdampak positif bagi bisnis dan juga beragam urursan keuangan yang dijalankan, di mana PayPal memang memiliki jangkauan yang luas dan bisa diakses di berbagai Negara di dunia.

Cara Membuat Akun PayPal

paypal adalah

Membuat akun PayPal tidak akan membutuhkan waktu yang lama, terutama jika kamu memang telah memiliki kartu kredit sebelumnya. Pastikan kamu memiliki email yang validdan usia wajib di atas 18 tahun.

Baca juga:  Daftar Harga dan Merek Batu Alam Terbaru 2021 [TERLENGKAP]

Setelah memenuhi persyaratan di atas, maka dapat dilakukan beberapa langkah berikut ini untuk membuat akun PayPal dengan mudah.

  1. Cari dan buka website resmi paypal.com
  2. Perhatian bagian atas website tersebut dan pilih apakah kamu meginginkan sebuah akun PayPal prinadi atau akun PayPal untuk bisnis. Setelah menentukan pilihan, klik tombol ‘Daftar’ yang terdapat pada bagian atas kanan halaman tersebut.
  3. Kamu akan diarahkan ke halaman baru. Pilih jenis akun yang diinginan, misalnya akun ‘primer’ yang biasa digunakan untuk berbagai transaksi belanja online dan juga menerima pengiriman uang secara online.
  4. Isikan data pribadi pada kolom-kolom yang telah tersedia di sana, pastikan mengisi semua data dengan benar. Lalu klik tombol ‘Setuju dan Buat Rekening’ yang terdapat di bagian bawah.
  5. Setelah langkah tersebut, maka akan muncul halaman verifikasi yang akan meminta kamu untuk memasukkan kode ke dalam kolom yang tersedia di sana. Klik tombol ‘Lanjutkan’ yang terdapat di sana, lalu klik tombol ‘Masuk ke Rekening Saya’.
  6. Kamu menemukan halaman akun PayPal kamu setelah langkah di atas. Jangan lu[a untuk melakukan konfirmasi melalui email.
  7. Cek email dan temukan email yang dikirim oleh PayPal. Klik link yang terdapat dalam email PayPal tersebut, sehingga kamu bisa melakukan konfirmasi ke website PayPal secara otomatis.
  8. Kamu akan dihadapkan langsung pada halaman baru pada website PayPal, di mana kamu akan diminta untuk login dan memasukkan email serta password yang telah kamu daftarkan sebelumnya.
  9. Setelah login, maka kamu akan diarahkan ke halaman mengenai pertanyaan keamanan isi kolom tersebut dengan pertanyaan yang mudah kamu ingat, lalu klik tombol ‘Kirimkan’ yang terdapat pada bagian bawah.
  10. Akun PayPal sudah selesai dibuat. Namun untuk bisa menggunakan akun ini dalam berbagai transsaksi online, termasuk pembelian dan penarikan dana, maka kamu harus melakukan verifikasi kartu kredit terlebih dahulu. Jadi disinilah kartu kredit akan sangat dibutuhkan untuk membuat akun PayPal.
Baca juga:  7 Pupuk Organik Berbahan Alami [LENGKAP]

Sekarang, membuat akun PayPal juga bisa melalui smartphone. Dengan mendownload aplikasinya di Paly Store untuk Android dan App Store untuk iOS. Langkah-langkahnya sama dengan mendaftar melalui website resmi PayPal.

Selain itu, sekarang untuk mendaftar PayPal tidak harus melakukan verifikasi kartu kredit yang artinya siapapun yang ingin mendaftar akun PayPal tidak diwajibkan memiliki kartu kredit. PayPal saat ini sudah bisa terhubung untuk rekening tabungan biasa dan digital juga kartu debit.

Terimakasih sudah membaca ulasan ini, meskipun sangat mudah dan dijamin aman, tetap waspada dan berhati-hati dalam penggunaan PayPal. Karena kejahatan bisa saja dilakukan pada zaman yang semakin modern ini.

Referensi:

  • cermati.com